Berita Otomotif

Inilah Alasan Utama Harga Avanza dan Xenia Tidak Naik

Selain kompak dalam waktu peluncuran, Daihatsu dan Toyota juga kompak untuk tidak menaikkan harga Avanza dan Xenia. Ini adalah sebuah berita bagus karena dengan harga yang sama seperti sebelumnya, tapi Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza facelift sama-sama mendapatkan beberapa fitur baru. Usut punya usut, ada alasan utama kenapa harga Avanza dan Xenia tidak naik.

Jakarta, Autos.id – Jika dijabarkan, beberapa fitur baru yang terdapat di Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza Facelift adalah AC digital, headlamp LED, head unit layar sentuh untuk Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza G, serta keyless entry dan start/stop button engine untuk Toyota Veloz.

Melihat ada cukup banyak fitur baru yang terdapat di MPV kembar ini, maka sah-sah saja rasanya jika Daihatsu dan Toyota ingin menaikkan harga Avanza dan Xenia. Namun yang cukup mengejutkan, meski ada beberapa fitur baru, tapi harga Avanza dan Xenia sama sekali tidak mengalami kenaikan.

Keputusan Daihatsu dan Toyota untuk tidak menaikkan harga Avanza dan Xenia jelas membuat kami jadi penasaran. Setelah ditelusuri lebih jauh, akhirnya kami mendapatkan jawaban kenapa harga duo MPV terlaris di Indonesia ini bisa tetap dijual dengan harga yang sama seperti sebelumnya.

Daihatsu tak menaikkan harga Xenia facelift karena mobil ini menggunakan 95% komponen lokal

“Daihatsu Xenia facelift sudah mengandung komponen lokal sebanyak 95%. Dari jumlah tersebut, tidak semua komponennya merupakan buatan Daihatsu. Soalnya, kami juga bekerja sama dengan beberapa vendor lokal dalam hal penyediaan komponen untuk Xenia. Mayoritas penggunaan komponen lokal inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa harga Xenia facelift bisa tetap sama seperti sebelumnya,” ujar Hendrayadi Lastiyoso,¬†Marketing & CR Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Hal senada juga disebutkan oleh pihak PT Toyota Astra Motor (TAM). Mereka menyebutkan kalau mayoritas komponen yang terdapat di Avanza dan Veloz facelift adalah buatan lokal, yang mana hal tersebut dapat membuat mereka bisa tetap menahan harga jual MPV andalannya itu.

“Sama seperti Daihatsu Xenia, Toyota Avanza dan Veloz facelift juga sudah menggunakan komponen lokal sebanyak 95%. Bahkan komponen lokal yang dipakai oleh Avanza dan Veloz facelift juga berasal dari vendor yang sama dengan yang ditunjuk oleh Daihatsu,” kata Rouli Sijabat, PR Manager PT Toyota Astra Motor, yang diwawancarai secara terpisah.

Dari keseluruhan komponen yang ada di Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza facelift, yang bahannya masih didatangkan dari luar negeri adalah mesin, drivetrain, girboks, gardan, dan perangkat lainnya yang termasuk ke dalam sektor teknis.

Baca juga: Berbarengan dengan Avanza, Daihatsu Juga Luncurkan Xenia di Hari Ini

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top