Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Hyundai Santa Cruz 2022: Truck Anti Mainstream dengan Banyak Kemudahan

Santa Cruz bukanlah truk tradisional, karena pada dasarnya mobil ini adalah SUV yang memanjang dengan ruang barang.

Autos.id – Banyak orang awam memandang sebelah mata truk keluaran baru dari Hyundai ini. Namun, jika Anda mendapat kesempatan untuk mencobanya, maka dipastikan Anda tidak bisa berpaling dari truk ini. Hyundai menawarkan Santa Cruz dengan penggerak roda depan dan mesin yang disedot secara alami. Namun, model Limited memiliki penggerak semua roda dan 2,5 liter turbo I4 yang bertenaga.

Santa Cruz memiliki banyak kesamaan dengan Hyundai Tucson. Tidak mengherankan bagian depan memiliki pencahayaan ultracool yang khas. Selain itu, ruang barang berukuran 4,5 kaki di belakang pun cukup fungsional.

Kuat

Meskipun banyak yang berkata bahwa mobil ini bukan benar-benar sebuah truk, tetapi Hyundai Santa Cruz punya banyak fitur yang dapat menjawab kritikan tersebut. Sistem all-wheel-drive saya dapat menarik hingga 5.000 pound/2500 kg dengan trailer yang direm. Pengendali keseimbangan trailer pada mobil ini sudah berstandar, meskipun perlu dicatat bahwa, jika trailer Anda tidak direm, Hyundai merekomendasikan kapasitas penarik maksimal hanya sebesar 1.650 pon/825 kg.

Ruang Barang yang Mudah Diakses

Ruang barang pada Hyundai Santa Cruz berukuran panjang 52,1 inci dan lebar 53,9 inci, dengan jarak 42,7 inci di antara lubang roda. Sehingga, sulit jika Anda menggunakannya untuk membawa barang seperti gelondong kayu lapis. Namun, dengan menggunakan pengikat dan jangkar, Anda dapat membawa berbagai barang. Ada penyimpanan di bawah lantai yang dapat dikunci, tahan air, dan dapat dikeringkan, dan penutup ruang barang dapat dengan mudah meluncur maju mundur, sehingga menambahkan lapisan keamanan pada mobil ini.

Memang ruang barangnya lebih kecil dari truk berukuran sedang seperti Chevrolet Colorado dan Toyota Tacoma, tetapi bagian belakang Hyundai lebih mudah diakses. Lantai ruang barang hanya 30,6 inci dari tanah, membuatnya lebih mudah untuk memuat barang-barang berat. Selain itu, sisinya juga cukup dangkal, jadi Anda bisa masuk tanpa masalah. Pada dasarnya Santa Cruz dapat mengangkut 1.753 pon/877kg muatan. Berat ini lebih dari yang bisa ditangani oleh Chevy Colorado, Nissan Frontier, dan Toyota Tacoma.

Mobil Sport Adventure

Hyundai menyebut Santa Cruz sebagai kendaraan Sport Adventure, meskipun pasti ada batasan pada saat penggunaan. Jarak ground clearance truk 8,6 inci mirip dengan crossover compact lainnya, dan geometri off-road pada sudut pendekatan 17,5 derajat, sudut keberangkatan 23,2 derajat, dan sudut breakover 18,6 derajat. Selain itu, ban dasar pada Santa Cruz juga tidak dapat terlalu mendukung dalam perjalanan yang ekstrim, terutama karet Michelin Primacy seri 245/50 yang melilit roda standar 20 inci  dari Limited.

Sehingga jika Anda dalam perjalanan, Anda memerlukan kit pengangkat dan ban yang lebih besar. Namun, mobil ini tetap tidak terlalu buruk di area tanah atau lumpur. Suspensi depan dan belakang independen dapat menangani jalan berdebu pada 15 hingga 20 mph, dan diferensial penguncian tengah dapat memberikan pembagian torsi depan/belakang 50/50. Santa Cruz bahkan memiliki kontrol khusus menuruni bukit, meskipun agak terlalu cepat dan Anda perlu piawai dalam penggunaan rem rem.

Cocok juga untuk Jalanan

Jika Anda ingin menggunakan Hyundai di jalanan pun tidak masalah. Karena mobil ini datang dengan mesin 2.5T opsional, yang menghasilkan 282 tenaga kuda dan torsi 311 pon-kaki. Dengan transmisi dual-clutch delapan-percepatan yang mengatur tenaga, Santa Cruz sangat dapat diadu untuk berkendara di Jalan

Hal terbaik tentang mengendarai Santa Cruz adalah ukurannya yang kecil dan mudah untuk bermanuver. Karena, banyak truk berukuran sedang yang sangat tidak nyaman untuk dikemudikan, tetapi itu berbeda dengan Santa Cruz. Mobil ini cukup gesit untuk melewati lalu lintas dan mudah untuk parkir, sambil mempertahankan beragam fungsinya.

Selain itum untuk model SEL dan versi lain yang lebih tinggi, Anda akan mendapatkan bantuan kemudi canggih seperti standard forward-collision braking, lane-keeping assist, lane-following assist, blind-spot monitoring, rear cross-traffic alert, dan rear-seat occupancy alert.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Otomotif

Nantinya ada dua jurnalis otomotif wanita yang akan berpartisipasi membawa Hyundai Santa Cruz dalam ajang Rebelle Rally ini. Autos.id – Akhir tahun ini, salah...

Berita Otomotif

Hyundai Motor Co membukukan kenaikan laba kuartalan 19% yang lebih baik dari perkiraan karena nilai tukar yang menguntungkan berhasil menutupi lonjakan biaya bahan baku...

Hyundai

Kepala Operasi Hyundai Jose Muñoz pada Rabu, 13 April 2022 mengemukakan bahwa produsen mobil, Hyundai, berencana untuk membangun pabrik di AS untuk perakitan kendaraan...

Mobil

Hyundai Ioniq 6 rumornyan Akan segera debut dengan menggunakan baterai 77,4 kilowatt-jam. Autos.id  –  Hyundai mempertinjau Ioniq 6 pada 2020 dengan konsep Prophecy. Sejak...