Honda meminta konsumen untuk segera melakukan penggantian inflator airbag di dealer resmi.
Jakarta, Autos.id – PT Honda Prospect Motor (HPM) mengumumkan sampai dengan September 2019 telah dilakukan penggantian komponen inflator airbag sebanyak 362.854 unit komponen. Atau sekitar 60% dari jumlah keseluruhan komponen inflator airbag yang harus dilakukan penggantian, yaitu 606.726 unit komponen.
HPM juga meminta agar konsumen yang mobilnya teridentifikasi dan belum melakukan kegiatan penarikan kembali (recall) untuk segera melakukan penggantian komponen di dealer resmi Honda.
Kampanye penarikan kembali (recall) untuk inflator airbag ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya keadaan di mana airbag mungkin mengembang secara berlebih (over deployment) akibat tekanan gas yang berlebihan dalam komponen inflator airbag. Hal ini berpotensi mengakibatkan cedera serius dan/atau kematian pengemudi dan/atau penumpang depan pada saat terjadi kecelakaan.

Honda Brio 2013
Kampanye penarikan kembali (recall) inflator airbag merupakan bagian dari program yang telah berjalan sejak Mei 2013 yang terdiri dari:
Model |
Tahun |
Honda Civic |
2001 – 2011 |
Honda Stream |
2002 – 2006 |
Honda CR-V |
2002 – 2012 |
Honda Accord |
2003 – 2013 |
Honda City |
2004 – 2013 |
Honda Jazz |
2004 – 2014 |
Honda Odyssey |
2004 – 2008 |
Honda Freed |
2009 – 2015 |
Honda Brio |
2013 – 2014 |
PT Honda Prospect Motor (HPM) juga telah mengirimkan pemberitahuan langsung kepada para pemilik kendaraan yang teridentifikasi ke alamat atau nomor telpon terakhir yang terdaftar melalui surat dan Whatsapp.
Untuk teknis pelaksanaan dan kelancaran proses perbaikan, konsumen dapat menghubungi atau datang langsung ke dealer resmi Honda terdekat untuk mendaftarkan kendaraannya, atau menghubungi Honda customer care di 0-800-1446-632 (bebas pulsa) dari hari Senin-Jumat, pukul 08.00-17.30 WIB.
Denny MT, Service & Parts Asst. General Manager HPM mengatakan, kampanye ini merupakan bagian dari upaya HPM untuk selalu memastikan kendaraannya berada pada standar keselamatan dan kualitas yang tertinggi. “Mengingat pentingnya program ini, kami meminta konsumen yang kendaraannya teridentifikasi untuk segera membawa mobilnya ke bengkel resmi Honda untuk proses pemeriksaan dan penggantian komponen. Penggantiannya tidak lama, hanya 1–2 jam dan dilakukan tanpa memungut biaya apapun dari konsumen,” pungkas Denny.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.