Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Honda Kembangkan Teknologi yang Membuat Proses Pengisian Daya Mobil Listrik menjadi Lebih Stabil

Honda e.
Honda e. (Sumber: RCTI plus)

Last updated on 12 Desember, 2022

Honda sedang mengembangkan teknologi mutakhir yang dapat membuat proses pengisian daya mobil listrik lebih stabil.

Autos.id – Melihat peningkatan permintaan mobil listrik dari berbagai penjuru dunia, pihak Honda melalui Honda R&D Europe GmbH menjalin kerjasama dengan Kraftwerke GmbH untuk menghadirkan teknologi kendaraan melalui jaringan (Vehicle to Grid/V2G).

Pihak Honda mengklaim teknologi tersebut nantinya bisa mampu memberi kestabilan jaringan listrik saat mobil listrik mengisi daya.

Honda R&D Europe GmbH.

Honda R&D Europe GmbH. (Sumber: Honda Global)

Tom Gardner selaku Senior Vice President Honda Motor Europe mengungkapkan bahwa hubungan kerjasama dengan Next Kraftwerke bisa memenuhi kebutuhan pasar Eropa sekaligus dalam hal pengembangan teknologi unutk masa depan.

Ia pun menegaskan bahwa peran kendaraan listrik akan sangat penting, terutama untuk teknologi pengisian daya dua arah dalam sistem energi berkelanjutan di masa depan.

Sementara itu, pihak Kraftwerke GmbH juga telah mengumumkan secararesmi bahwa Honda adalah produsen mobil pertama di Eropa yang mendapatkan sertifikasi prequalification of frequency containment reserve (FCR) oleh Ampiron GmbH, yaitu sertifikasi untuk armada kendaraan listrik yang diproduksi secara massal.

Diambil dari berbagai sumber, teknologi FCR berfungsi sebagai stabilisasi jaringan dan menjadi cadangan pengaturan primer seandainya ada gangguan pada frekuensi. Teknologi itu mampu mendeteksi arus jangka pendek pada jaringan listrik sehingga otomatis dapat menyeimbangkan arus listrik agar stabil.

Dalam pengujiannya, daya mobil Honda e menggunakan CCS dua arah Honda Power Manager. Alasan mengapa Honda e adalah karena telah memenuhi syarat terkait stabilitas jaringan melalui penyediaan FCR instan ke TSO (Operator Sistem Transmisi),

Potret Honda e sedang mengisi daya.

Potret Honda e sedang mengisi daya. (Sumber: Honda)

Dengan demikian, Honda dapat memenuhi standar tinggi terkait proses pengisian daya mobil listrik sekaligus memastikan frekuensi grid 50Hz yang stabil.

Sebagai informasi tambahan, European Honda R&D Center didirikan pada tahun 1985 berlokasi di kota Offenbach, Jerman. Sementara untuk sekarang ini, fokus utama dari pusat penelitian itu adalah terkait teknologi energi terbarukan hingga pengembangan sistem solusi pada kendaraan baik roda empat maupun roda dua.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Otomotif

Beberapa waktu tersiar kabar bahwa pemerintah Indonesia akan memberikan subsidi untuk mobil listrik sebesar 11%. Autos.id – Berita terkait subsidi untuk mobil listrik oleh...

Berita Otomotif

Honda menerapkan penggunakaan teknologi Virtual Reality (VR) untuk mengembangkan setiap mobil di pasar AS. Autos.id – Honda memanfaatkan teknologi Virtual Reality (VR) canggih dalam...

Berita Otomotif

All New BR-V Pop Park kini hadir di Pulau Sumatera, dimana Kota Medan jadi yang pertama. Autos.id – Setelah diselenggarakan di beberapa kota di...

Berita Otomotif

Honda PCX Hybrid kabarnya tidak lagi diproduksi, dimana hal itu sudah dikonfirmasi pihak AHM. Autos.id – PT Astra Honda Motor (AHM) telah menghentikan produksi...