Berita Otomotif

Hino Customer Satisfaction (CS) Contest, Siap Sambut era EURO4

Bersamaan dengan gelaran CS Contest 2019, Hino mengadakan program CSR berupa pendidikan dan pelatihan bagi para manajer operasi dari Pertamina Group.

Jakarta, Autos.id  Hino terus meningkatkan layanan penjualan dan purnajual secara maksimal. Salah satunya dengan mempersiapkan mekanik-mekanik dan sales consultant yang andal demi kepuasaan dan kepercayaan bagi para pelanggan.

Hino Customer Satisfaction (CS) Contest 2019 digelar untuk mewujudkan komitmen Hino dalam menunjang kegiatan bisnis pengguna kendaraan Hino. Mengusung tema “We Represent Hino Total Support By Human Touch”, CS Contest merupakan salah satu cara  mengimplementasikan total support yaitu komitmen dan janji Hino untuk memberikan kendaraan dengan waktu bekerja atau operasional yang maksimal melalui kendaraan yang terbaik dan sesuai dengan bisnis pelanggan. Serta untuk meminimalisir operational cost melalui layanan yang berorientasi  kepada bisnis konsumen dengan dukungan layanan purnajual yang prima dan sumber daya manusia (SDM) mulai dari sales hingga mekanik yang terlatih dan bisa diandalkan.

Karena materi dari masing-masing kategori yang diperlombakan dalam CS Contest oleh seluruh personil dealer Hino adalah bagaimana para peserta dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dengan menyediakan layanan dan program Total Support sesuai dengan kebutuhan bisnis masing-masing pelanggan.

Untuk tahun ini, kategori sales, service dan spare part (3S) consultant yang terdiri dari Salesman Ranger, Field Advisor (FA),Part Fleet Salesman, yang terjun langsung bertemu dengan para pelanggan setia Hino. Mereka dapat mendalami dan memahami regulasi, masalah dan menyediakan solusi total support yang sesuai dengan keinginan pelanggan.

Sedangkan untuk pengembangan sisi teknikal, Hino mempersiapkan tim teknisi yang terdiri dari Service Advisor (SA) dan Mekanik untuk mengatasi permasalahan sehari -sehari (trouble shooting) seperti electrical wearing diagram dan penggunaan Diagnosis Tools Hino (DX tool) yang merupakan alat untuk pemeliharaan dan diagnosis permasalahan pada unit common rail, sekaligus ini menjadi bukti kesiapan Hino dalam menyambut era EURO4 di tahun 2021 mendatang

“Target kami setiap tahunnya adalah melahirkan teknisi-teknisi  yang andal, tepercaya dan bekerja dengan cepat sehingga mengurangi down time kendaraan customer kami, dan bisnis mereka dapat berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan,” ungkap Hiroo Kayanoki, Presiden Direktur HMSI.

CS Contest setiap tahun digelar dan menjadi agenda rutin dari Hino untuk mengembangkan sumber daya manusia yang ahli dan tepercaya, tahun ini merupakan edisi ke 23 atau dimulai sejak tahun 1989. Kegiatan ini digelar dengan diikuti oleh 355 peserta dari 41 dealer Hino diseluruh Indonesia. CS Contest 2019 kali ini dibagi menjadi dua jenis kompetisi yaitu tim dan individu, yang masing-masing akan dibagi lagi menjadi beberapa kategori, seperti untuk tim: 3S consultant team (field advisor/FA, sales dan spare part fleet salesman), Hoyu Team (Hoyu Manager dan CCO), dan technician team (SA dan technician).

Sementara untuk individu yang diperlombakan untuk kategori: after sales service (ASS) manager, inventory, warehouse, sales Dutro, sales Bus, internal dealer training (IDT) sales, IDT technician. Masing-masing kategori memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dan jenis test yang berbeda-beda. Namun rata-rata setiap peserta akan diberikan waktu 30-40 menit dalam melaksanakan tes praktek. Untuk bobot penilaian sendiri pada saat semifinal 30% untuk tes teori via online tes dan 70% di tes praktek, sementara di babak grand final bobot penilaian menjadi 100% di tes praktek.

Bersamaan dengan gelaran CS Contest 2019, Hino juga mengadakan program CSR berupa pendidikan dan pelatihan bagi para manajer operasi dari Pertamina Group melalui salah satu program training yaitu Operation Management. Dalam CSR ini diberikan training kepada 24 peserta yang datang dari tim operasional manager dari PT Pertamina Persero, PT Pertamina Patra Niaga, PT Pertamina Aviasi, PT Pertamina Domestik Gas dan PT Elnusa Petrofin.

Para peserta diberikan pemahaman menyeluruh mengenai manajemen operasional kendaraan, manajemen workshop, dan manajemen logistik. Program pelatihan ini diberikan untuk pengembangan dan kemajuan bisnis dari setiap perusahaan yang memiliki kendaraan Hino sehingga kegiatan operasional mereka menjadi lebih mudah.

Selain itu, Hino turut juga memberikan CSR berupa sarana belajar beberapa peralatan peraga atau simulator transmisi MX06 Hino Ranger kepada 6 SMK yaitu SMK Bhakti Nusantara, SMK Negeri 7 Surabaya, SMK PGRI 3 Malang, SMK Negeri 1 Sidoarjo, SMK Harapan Mulya Brangsong Kendal, SMKN 1 Solong dan BLK (Balai Latihan Kerja) Solo.

Cutting model transmisi ini akan dipakai sebagai sarana penunjang kegiatan belajar dan mengajar bagi siswa, sehingga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan para calon ahli teknik mesin yang nantinya akan memberikan kontribusi pada kemajuan industri otomotif.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top