Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Hasil Uji Tabrak Hyundai Staria 2021, Raih Bintang 5

Tahun ini, MPV premium Hyundai Staria 2021 menjadi salah satu mobil yang paling pusat perhatian penggemar otomotif.

Autos.id  –  Desain yang out of the box dengan limpahan fitur jadi kunci utama Hyundai Staria 2021. Tapi ternyata, Hyundai Staria 2021 tidak sekadar MPV yang mengutamakan tampang lewat penampilan futuristiknya. Lebih dari itu, Hyundai Staria 2021 juga memiliki standar keamanan tertinggi. Salah satu pembuktiannya adalah rating keselamatan ketika mobil tersebut diuji dengan simulasi kecelakaan, atau crash test. Hasilnya pun memuaskan.

Seperti diumumkan oleh Australian New Car Assessment Program (ANCAP). Lembaga tersebut telah mengumumkan hasil dari uji tabrak Hyundai Staria dan Staria Load (versi komersial). Mobil asal Negeri Ginseng itu pun mencapai peringkat memuaskan hingga bintang lima.

Hasil Tes Hyundai Staria 2021

Dari hasil pengujian tersebut, Hyundai Staria 2021 mendapat skor 85 persen untuk penumpang dewasa dan 86 persen untuk penumpang anak. Lalu 65 persen untuk pengguna jalan dan 74 persen untuk keselamatan. Selain Hyundai Staria, MPV dengan rating tertinggi yang diuji adalah Kia Carnival dan Volkswagen Caddy.

Hasil tes tersebut mencakup Hyundai Staria versi bensin dan diesel. Menariknya, Hyundai Staria Load menjadi MPV pertama yang mendapat bintang lima penuh pada ujian yang direvisi 2020-2022. Sebelumnya, Toyota HiAce mendapat bintang lima dari pengujian Toyota HiAce pada 2019.

Secara detail, hasil pengujian Hyundai Staria 2021 sukses mendapat nilai penuh dalam uji tabrak samping. Ini artinya, mobil keluarga beratap tinggi ini dapat sepenuhnya melindungi penumpang dewasa dan anak-anak. Hasil tes tabrakan front-end ini juga memberikan perlindungan yang hampir sempurna untuk penumpang dewasa.

Spesifikasi Hyundai Staria 2021 yang diuji di Australia hadir dengan perlengkapan standar. Seperti airbag yang melindungi kepala dan dada, lalu airbag di tengah kompartemen penumpang. Serta bantuan rem otomatis, Autonomous Emergency Braking (AEB) dan lane-keep assist yang jadi sistem kontrol kendaraan untuk tetap berada di jalur. Sayangnya, kedua hal tersebut tidak mendapat hasil mumpuni.

Mengaspal di Indonesia, Hyundai STARIA Tawarkan Kemewahan Futuristik

Karena ada satu catatan kecil bahwa sistem tidak merespon mobil atau pejalan kaki saat berbelok di persimpangan atau saat mundur. Di mana sistem AEB dari Hyundai Staria 2022 tidak memiliki junction assist yang mendeteksi kendaraan dan pejalan kaki yang berbelok di jalur kendaraan. Sehingga pada kategori ini, Hyundai Staria 2022 mencetak 11,9 poin dari 16 poin.

“Ini adalah MPV ketiga yang lolos uji ketat 2020-2022 dengan rating tertinggi,” kata Chief Executive ANCAP Carla Huerweg seperti yang dilansir oleh Rushlane.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Mobil

Toyota Land Cruiser 300 yang baru saja diluncurkan di Indonesia sudah melakukan uji tabrak, dan hasilnya mengagumkan meraih rating bintang 5. Autos.id – Baru-baru...