Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Ford Patenkan Sistem Untuk Hidupkan Mesin Tanpa Pengemudi

Mendengarkan suara knalpot kendaraan kadang bisa jadi hiburan bagi para pemilik kendaraan tersebut. Namun, untuk mendengar suara tersebut, tentunya harus masuk ke dalam mobil dulu untuk menyalakan mesin.

Autos.id  –  Untuk mengatasi hal tersebut, Ford mengajukan paten untuk sistem kendali jarak jauh agar dapat menghidupkan mesin dari luar mobil ke Kantor Paten dan Merek Dagang AS.  Sertifikat paten diterbitkan pada 5 Mei dan awalnya diajukan pada Novermber lalu. Pengajuan tersebut sangat rinci dibandingkan dengan paten otomotif lainnya dimana teks dalam paten menjelaskan fungsi yang dimaksudkan sistem.

Menurut dokumen tersebut, pemilik akan dapat mengirim perintah ke kendaraan mereka melalui semacam pengontrol, baik itu ponsel Anda, panel kunci Anda, atau bahkan perintah suara.

Ford Mustang 2022

Perintah ini kemudian diproses oleh modul kontrol pada bodi kendaraan, sebelum permintaan diteruskan ke modul kontrol powertrain. Modul kontrol powertrain kemudian memanipulasi mesin untuk menghasilkan suara yang diinginkan. Pemilik dilaporkan dapat meminta mobil untuk memutar mesin sesuai dengan sejumlah parameter yang berbeda, termasuk sampai kecepatan mesin tertentu, dalam pola tertentu, atau dengan nada yang berbeda dari biasanya.

Tidak Hanya untuk Kendaraan Konvensional

 

Dokumen pada paten menampilkan gambar Ford Mustang, yang tidak terlalu mengejutkan mengingat Mustang adalah salah satu produk Ford yang paling laris. Sepertinya juga, Ford tidak ingin membatasi sistem ini untuk mesin bensin. Arsip tersebut juga mencatat bahwa sistem tersebut memang dapat digunakan oleh kendaraan listrik, khususnya dengan tujuan untuk meningkatkan minat pelanggan yang lebih gemar dengan kendarran konvensional. Para pengendara kendaraan listrik dapat memanfaatkan sistem speaker untuk mensimulasikan suara putaran dari sejumlah mesin powertrain yang beranekaragamm, bahkan suara kapasitor flux.

“Penggunaan sistem tersebut dapat mengaktifkan emisi suara yang dapat dipilih pengguna, seperti yang disediakan oleh file audio yang disimpan di memori pengontrol kendaraan dan dikeluarkan lewat sound system kendaraan. Suara yang dapat dipilih pengguna dapat mencakup, misalnya, suara putaran mesin, suara turbin, atau suara kapasitor fluks. Perangkat output audio yang sudah ada, seperti speaker dan subwoofer yang terletak di berbagai jenis kendaraan dapat dimanfaatkan untuk memutar suara putaran mesin.”

Meskipun dapat mengeluarkan suara putaran mesin dari mobil dari jarak jauh, namun tetap saja itu cuma gimmick. Sehingga, tidak dapat disangkal bahwa aplikasi sistem ini ke kendaraan listrik merupakan hal yang kontroversial. Memang, suara mobil listrik memanga agak membosankan, sehingga para produsen mobil benar-benar harus memutar otak untuk menarik para penikmat suara knalpot gahar untuk berpindah ke kendaraan listrik.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Berita Otomotif

Teknologi airbag eksternal yang sedang dikembangkan oleh Ford ini diklaim akan lebih meminimalisir resiko cedera dan kematian saat terjadi kecelakaan tidak hanya bagi penumpang...

Berita Otomotif

Ini bukan GT asli, tetapi setidaknya bisa merasakan seperti apa mengemudikan mobil handal di dunia game. Autos.id – Siapa pun di dunia nyata tidak...

Berita Otomotif

  Pandemi telah mengubah rantai pasokan dalam dunia otomotif. Peruabahan ini juga mengubah bagaimana produsen mobil dalam meningkatkan keuntungganya, salah satunya dengan mendorong pembeli...

Berita Otomotif

Produsen truk listrik yang satu ini sedang mengerjakan SUV yang terinspirasi dari reli. Autos.id – Beberapa produsen EV (kendaraan listrik) memilih Tesla sebagai inspirasi,...