Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Ford Pamerkan SuperVan 4, Van Listrik Dengan 2000 Tenaga Kuda

Kemarin, (Kamis, 23/6), Ford turut memeriahkan Goodwood Festival of Speed 2022 yang merupakan pameran rutin bersejarah mobil balap dengam membawa hasil perkawinan antara van dan mobil balap bernama Ford SuperVan 4.

Autos.id  –  Secara kasat mata, memang van ini mirip dengan van buatan ford, E-Transit yang dimodifikasi dengan memasang banyak perangkat aerodinamis, tapi apa yang ada di kap mesin benar-benar membuat van ini tampak seperti mobil balap. Van ini secara resmi dikenal sebagai Ford Pro Electric SuperVan. SuperVan 4 ini bukan yang pertama, namun van  Ford keempat yang dilengkapi dengan powertrain kaliber mobil balap. SuperVan pertama dibuat pada tahun 1971 dengan menempelkan bodi Ford Transit pada sasis mobil balap GT40.

Dalam pembuatan van balap ini, divisi Ford Performance berkolaborasi spesialis balap dan reli listrik yang berbasis di Austria, STARD, untuk menghadirkan desain all-electric pada van bertenaga super ini .

Mobil Van Rasa Mobil Balap

SuperVan 4 memanfaatkan kemampuan baterai berpendingin cairan 50,0 kWh yang dipasang di tengah, posisi yang sama dengan mesin pembakaran internal di SuperVans seri sebelumnya. Baterai ini memberi daya pada empat motor listrik yang mengklaim dapat menghasilkan 1973 tenaga kuda dan waktu nol hingga 62 mph di bawah dua detik melalui sistem all-wheel-drive. Layaknya mobil balap pada umumnya, SuperVan 4 dilengkapi dengan roll cage penuh, kursi balap yang dibuat dengan standar FIA, dan rem kelas balap.

SuperVan 4 juga menggunakan layar sinkronisasi “Sync”, yang tidak hanya untuk memantau hal-hal biasa tetapi juga untuk mengontrol mode mengemudi SuperVan 4 dan mengirimkan data real-time untuk kinerja yang optimal, seperti yang dilakukan tim balap profesional. Mode mengemudi yang disebutkan di atas termasuk mode jalan, trek, drag, drift, dan reli, ditambah “mode Tyre Cleaning” yang mengerem satu gandar dan memutar yang lain, seolah-olah untuk membersihkan dan menghangatkan ban sebelum memulai perjalanan.

Jika dilihat dari ekterior yang menampuk teknologi tinggi di atas, Ford sama sekali tidak terikat dengan  desain khas dari van Ford Transit, meski masih terlihat banyak kemiripan dengan dengan Van Transit Konvensional. Hal ini juga mungkin dikarenakan insinyur dari SuperVan 4 ini  sudah banyak menempatkan rangka baja dan panel bodi komposit yang membuat mobil ini tampak seperti pesawat luar angkasa. Meski berbentuk van, SuperVan 4 memiliki gaya futuristik yang luar biasa berkat tim desain Ford dari Jerman, Cologne. Terdapat fitur splitter depan, sayap belakang, sirip punggung, dan cutaways besar untuk menghasilkan lebih banyak downforce, serta ada aksen neon-hijau dan bar lampu depan untuk menghasilkan tampilan eksotis.

Ford tentunya berusaha agar komponen “van” tetap sama pentingnya dengan komponen “rally” dari mobil ini. Tetap seperti mobil van biasa, SuperVan 4 memiliki ruang kargo di belakang pengemudi dan pintu geser untuk masuk. Ford bahkan berniat untuk menambahkan sistem pengamanan kargo elektromagnetik agar kargo tidak bergeser bahkan pada kecepatan supersonik.

Untuk menguji van yang fantastik ini di Goodwood Festival of Speed 2022, pembalap pemenang Le Mans, Romain Dumas akan jadi yang berada di belakang kokpit SuperVan 4 untuk menguji mobil ini. Diharapkan pekan ini, mobil SuperVan yang fantastis ini dapat mencetak rekor-rekor baru di ajang tersebut.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga