Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Ford Hadirkan Teknologi Airbag Eksternal Pada Produk Mobil Terbarunya

Ford Akan Menghadirkan Teknologi Airbag Eksternal Pada Beberapa Produk Mobilnya

Teknologi airbag eksternal yang sedang dikembangkan oleh Ford ini diklaim akan lebih meminimalisir resiko cedera dan kematian saat terjadi kecelakaan tidak hanya bagi penumpang di dalam mobil, tetapi juga untuk orang-orang disekitarnya.

Autos.id – Sebuah inovasi sedang dilakukan oleh salah satu brand otomotif ternama asal Amerika Serikat yaitu Ford. Baru-baru ini Ford sedang mengemabngakn sebuah teknologi yang berkaitan dengan safety yaitu adanya komponen airbag eksternal yang diklaim akan memberikan resiko cedera yang rendah saat terjadi kecelakaan.

Bahkan komponen airbag eksternal yang akan mulai dikembangkan di beberapa produk mobil Ford ini sudah didaftarkan hak patenya di Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat atau USPTO.

Ford Akan Menghadirkan Teknologi Airbag Eksternal Pada Beberapa Produk Mobilnya

Memberi Rasa Aman Saat Terjadi Kecelakaan

Seperti yang dilansir oleh CarBuzz pada Senin (3/10/2022), perangkat airbag eksternal yang sedang dikembangkan oleh Ford tersebut bisa digunakan untuk beberapa jenis mobil. Beberapa diantaranya seperti SUV, Crossover, hingga PickUp akan mengaplikasikan perangkat teknologi yang satu ini.

Salah satu hal menarik dari airbag eksternal ini klaimnya yang memungkinkan kapan perangkat airbag ini akan mengembang saat terjadi kecelakaan. Diharapkan fitur ini bisa mendeteksi serta memberikan peringatan kepada pengemudi apabila pengemudi sulit untuk mengindar dari kecelakaan maka airbag bisa segera membuka dan mengurangi resiko cedera saat terjadi kecalakaan.

Penggunaan airbag eksternal ini akan memanfaatkan sistem aktuator piroteknik yang diletakan di bagian bagian bawah kap mesin di dalamnya. Nantinya fungsi airbag eksternal ini bisa mengembangkan airbagnya pada sehala sisi arah interior mobil yang membuat saat terjadi kecelakaan bisa menimalisir resiko jatuhnya korban jiwa.

Ford Akan Menghadirkan Teknologi Airbag Eksternal Pada Beberapa Produk Mobilnya

Selain megurangi resiko cedera yang patah bagi penumpang didalam mobil, teknologi eksternal ini bisa melindungi pejalan kaki yang ada disekitar mobil hingga 40%. Artinya saat terjadi kecelakaan, para pejalan kaki yang tertabrak mobil tersebut tidak akan sampai terpental yang bisa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Serta dalam pengembangan teknologi airbag eksternal ini, Ford juga memperhatikan sisi desain yang pastinya akan berpengaruh berkat hadirnya komponen ini. Meskipun tidak akan berubah secara signifikan, namun hadirnya komponen teknologi ini akan membuat beberapa bagian dari mobil seperti ruang kabin akan mengalami ubahan yang cukup signifikan.

Mengenai kapan teknologi airbag eksternal ini mulai akan diimplementasikan, Ford masih belum menyebutkan waktu pastinya. Tetapi dari beberapa rumor menyebut nantinya fitur teknologi yang satu ini bisa mulai dihadirkan pada beberapa produk mobilnya antara akhir tahun 2023 atau awal tahun 2024 mendatang.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Berita Otomotif

Ini bukan GT asli, tetapi setidaknya bisa merasakan seperti apa mengemudikan mobil handal di dunia game. Autos.id – Siapa pun di dunia nyata tidak...

Berita Otomotif

  Pandemi telah mengubah rantai pasokan dalam dunia otomotif. Peruabahan ini juga mengubah bagaimana produsen mobil dalam meningkatkan keuntungganya, salah satunya dengan mendorong pembeli...

Berita Otomotif

Produsen truk listrik yang satu ini sedang mengerjakan SUV yang terinspirasi dari reli. Autos.id – Beberapa produsen EV (kendaraan listrik) memilih Tesla sebagai inspirasi,...

Berita Otomotif

Ford kini secara terang-terangan mengkonfirmasi tentang detail dari Maverick Tremor. Autos.id – Karena kesalahan oleh orang dalam Ford, model off-road Maverick Tremor akhirnya terungkap...