Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

FIFF Group Berikan sekitar 149 Ribu Keringanan Kredit

FIFGROUP Setujui lebih dari 149.000 aplikasi relaksasi sampai dengan 18 April 2020.

Jakarta, Autos.id  –  Sejak 29 Maret 2020 sampai dengan 18 April 2020, FIFGROUP telah mencatatkan 149.793 aplikasi relaksasi untuk seluruh konsumen yang diselesaikan dan setara dengan nilai kredit sebesar Rp 1,5 triliun. Angka yang paling besar berasal dari sektor UMKM, karyawan dan pedagang informal dengan jumlah mencapai 81.291 persetujuan aplikasi. Sedangkan yang berasal dari sektor transportasi, termasuk ojek online dan yang bekerja sebagai sopir mencapai 14.150. Sedangkan dari sisi wilayah, yang paling banyak berasal dari Jawa Barat, Jakarta dan Jawa Timur serta Jawa Tengah dan Yogjakarta.

CEO FIFGROUP, Margono Tanuwijaya, menyebutkan perkembangan angka yang telah melakukan program tersebut menaik tajam. “Kami selalu memonitor tiap hari agar semua proses berjalan lancar sesuai dengan program, meski ada kadangkala di beberapa tempat di Indonesia masih perlu sosialisasi untuk beberapa konsumen,” ujar Margono.

Program yang dilakukan FIFGROUP ini adalah dalam upaya membantu konsumen seperti yang dianjurkan pemerintah, setelah Presiden Jokowi 24 Maret 2020 menyatakan akan memberikan kemudahan bagi sektor: transportasi, pariwisata, perhotel, perdagangan, pengolahan, pertanian dan pertambangan, termasuk pengusaha UMKM dan pekerja informal.

Kemudian Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menindaklanjuti dengan kebijakan Countercylical Dampak Penyebaran Covid-19 bagi Perusahaan Pembiayaan pada 30 Maret. Intinya, pemerintah meminta perusahaan pembiayaan memberikan kelonggaran atau relaksasi (bukan penundaan-Red) kepada konsumen terdampak Covid-19 tadi.

Berdasarkan POJK N0. 11/POJK.03/2020 tentang Stimulus Perekonomian Nasional, yang mendapat perlakukan khusus adalah debitur, termasuk UMKM, yang mengalami kesulitan untuk memenuhi kewajiban karena usaha debitur tersebut terdampak penyebaran Covid-19. Atas dasar tersebut, FIFGROUP, sebagai anak perusahaan dari PT Astra International Tbk, menyambut positif program dan kebijakan pemerintah tersebut, mengingat sebagian masyarakat ada yang terkena dampak langsung dan tidak langsung.

Relaksasi pembayaran kredit FIFGROUP adalah program yang diberikan kepada konsumen FIFGROUP yang terdampak covid-19 dalam rangka memberikan kelonggaran pembayaran angsurannya dengan cara memperpanjang TOP maksimum 1 tahun sehingga nilai angsuran lebih kecil dari sebelumnya.

Tidak semua konsumen FIFGROUP dapat dikatakan layak menerima program relaksasi pembayaran kredit ini, ada kriteria dan ketentuan khusus yang telah ditetapkan. Tentu saja hal ini sudah melalui tahap perhitungan dan mitigasi yang selektif. Kriteria untuk mendapatkan fasilitas relaksasi ini juga memperhitungkan lokasi konsumen serta sumber pendapatan konsumen, dan secara umum kriteria-kriteria yang dimaksud mencakup:

  1. Konsumen yang mengalami kesulitan untuk memenuhi kewajiban karena usahanya terdampak penyebaran Covid-19 secara langsung, terutama di 7 sektor (meliputi transportasi, pariwisata, perhotelan, perdagangan, pengolahan, pertanian dan pertambangan termasuk UMKM),
  2. Tidak memiliki tunggakan sebelum tgl 2 Maret 2020 saat Pemerintah RI mengumumkan virus Corona
  3. Unit berada dalam penguasaan konsumen
  4. Kriteria lain yang ditentukan oleh perusahaan

Untuk bentuk relaksasi kredit yang diberikan FIFGROUP berupa:

  1. Keringanan angsuran melalui perpanjangan masa angsuran
  2. Penurunan suku bunga

FIF Group Berikan 75.510 Paket Sembako dari Sabang sampai Merauke

Di samping program relaksasi kredit bagi konsumen FIFGROUP, Manajemen juga menyalurkan dana sosial Syariah FIFGROUP ke kalangan yang kurang mampu dan terdampak bencana nonalam Covid-19 di 620 titik kota, kabupaten dan kecamatan di seluruh Indonesia dengan jumlah 45.300 paket sembako. Paket tersebut berupa beras (5 kg), minyak goreng (2 ltr), gula (1 kg), mie instan, roti kaleng, teh, kopi dan susu kental manis dengan total nilai Rp 200.000 per paket dengan nilai total Rp 9,06 miliar.

Penyaluran dana sosial Syariah tersebut dilakukan setelah Manajemen membagikan sembako menggunakan dana Koperasi FIFGROUP, dengan nilai yang sama kepada 30.210 karyawan dengan total nilai Rp 5,893 miliar, sehingga nilai semuanya mencapai Rp 14,953 miliar untuk 75.510 paket sembako.

“Semoga dalam kondisi seperti ini, dimana kita belum mengetahui kapan bencana nonalam ini berakhir, kita tetap bersama-sama bisa bermanfaat bagi orang-orang sekitar kita. Bagi FIFGROUP, ya konsumen serta masyarakat sekitarnya,” tutup Margono yang benar-benar concern dengan kondisi masyarakat sekarang ini.

Mengenai pengajuan relaksasi pembayaran kredit FIFGROUP, Margono menghimbau untuk tetap memperhatikan dan menerapkan social/physical distancing, sehingga diharapkan konsumen dapat menghubungi: HALO FIF (1500-343), WA Chatbot (0895-21500-343), E-mail (halofif@fifgroup.astra.co.id).

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Aksesoris

Menginjak usia ke-30 FIFGroup terus mengepakkan sayapnya dari Sabang sampai Merauke. Jakarta, Autos.id  –   PT Federal International Finance atau FIFGROUP, yang merupakan anak perusahaan...

Aksesoris

Di samping Reading Corner, FIFGROUP juga bekerja sama untuk memperoleh akses data lulusan dari SMK, yang nantinya akan menjadi sumber atau wadah pemenuhan karyawan...

Berita Otomotif

FIFGROUP berpesan bagi Anda yang ingin mengajukan kredit kendaraan bermotor menjelang Lebaran, sebaiknya lakukan dua pekan sebelum Lebaran. Jakarta, Autos.id – Anda saat ini...

Berita Otomotif

FIFASTRA melakukan pengundian nonton gratis MotoGP 2016 di Sirkuit Sepang, Malaysia untuk 270 orang konsumennya yang melakukan kredit motor Honda. Jakarta, Autos.id – FIFASTRA...