Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Fakta Subsidi Motor Listrik dan Mobil Listrik di Indonesia

Ilustrasi motor listrik dan mobil listrik.

Motor listrik sudah disubsidi sejak 20 Maret lalu, dan mobil listrik akan segera menyusul.

Autos.id – Pemerintah secara resmi telah mengumumkan bahwa mereka akan memberikan subsidi untuk pembelian motor listrik. Subsidi ini diberikan kepada kendaraan bermotor listrik berbasis baterai, khususnya sepeda motor listrik dengan besaran Rp7 juta per unit.

Dalam rencana alokasi subsidi ini, pemerintah akan memberikan bantuan untuk 250.000 unit motor di tahun 2023.

Lalu apa saja fakta yang tidak boleh dilewatkan?

Ilustrasi mengisi daya motor listrik.

Ilustrasi mengisi daya motor listrik. (Sumber: TMCBLOG)

1. Mekanisme Subsidi

Pemberian subsidi untuk motor listrik resmi berlaku pada hari Senin (20/3/2023). Namun, beberapa dealer mengakui bahwa mekanisme pemberiannya masih belum jelas.

2. Persyaratan dan Caranya

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang telah menjelaskan skema penyaluran bantuan pemerintah sebesar Rp7 juta untuk pembelian motor listrik oleh masyarakat.

Menurutnya, masyarakat yang ingin mendapatkan bantuan tersebut dapat langsung datang ke dealer motor listrik dengan membawa KTP. Dealer kemudian akan memeriksa keabsahan data masyarakat yang membeli mobil dan motor listrik dan mengecek apakah calon pembeli memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan.

Setelah data pembeli terverifikasi, dealer akan menginput data pemesanan sesuai prosedur dan kemudian dapat mengajukan klaim untuk menerima subsidi tersebut.

3. Insentif Motor Listrik dan Mobil Listrik

Menperin telah menegaskan bahwa insentif kendaraan listrik hanya bisa nikmati oleh satu orang saja dengan bukti KTP sebagai pembuktiannya.

Sementara itu, Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, Febrio Nathan Kacaribu, mengungkapkan bahwa insentif tersebut akan diberikan kepada 200.000 unit pembelian kendaraan motor listrik dan 50.000 unit motor konversi ke listrik.

Febrio menambahkan bahwa insentif senilai Rp7 juta juga akan diberikan untuk kendaraan yang sebelumnya menggunakan bahan bakar minyak (BBM) namun telah dikonversi menjadi kendaraan listrik.

Target penerima insentif kendaraan yang konversi ke listrik tujukan untuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), khususnya penerima KUR, penerima BPUM, serta pelanggan listrik dengan daya 450-900 VA.

Ilustrasi mobil listrik Honda.

Ilustrasi mobil listrik Honda. (Sumber; Google)

Subsidi Mobil Listrik

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengumumkan bahwa subsidi untuk mobil listrik akan mulai 1 April 2023.

Dalam pelaksanaannya, program subsidi mobil listrik ini akan hadir secara bertahap dan terukur.

Lalu ada fakta apa saja dari subsidi mobil listrik?

Pemerintah akan memberikan subsidi untuk kendaraan berbasis baterai, dengan hanya memilih dua merek mobil listrik yang telah memenuhi standar TKDN 40% sesuai dengan ketentuan pemerintah. Subsidi tersebut sekitar Rp70 juta.

Saat ini, pemerintah sedang menyiapkan subsidi atau insentif bagi konsumen yang akan membeli mobil listrik berbasis baterai dan hybrid. Namun, tidak semua mobil listrik akan mendapatkan subsidi.

Menurut Menteri Perindustrian, subsidi hanya tersedia bagi konsumen yang membeli produk kendaraan listrik buatan pabrik di Indonesia. Oleh karena itu, konsumen yang membeli kendaraan listrik impor tidak akan mendapatkan insentif ini.

Dua merek mobil listrik yang telah memenuhi standar TKDN tersebut adalah Ioniq 5 dan Wuling Air EV. Hyundai Ioniq 5 akan mendapat subsidi sekitar Rp70-80 juta dan Wuling akan mendapat subsidi sekitar Rp25-35 juta.

Tentu saja, dengan subsidi motor listrik dan mobil listrik, hasilnya bisa kita lihat sendiri seberapa besar animo masyarakat akan kendaraan dengan motor listrik tersebut.

 

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Motor

Autos.id – Penawaran motor listrik selama ini cukup banyak di Indonesia. Mulai dari sekelas motor listrik minimalis sampai bentukannya kaya Yamaha N-Max juga ada....

Berita Otomotif

Autos.id – Mungkin ini terdengar asing namun apakah sebuah startup bengkel mobil memulai dengan mobil listrik? Sebuah jawaban menarik dengan contoh kasus antara Otoklix...

Motor

Last updated on 8 Juli, 2024 Autos.id – Rentokil Initial, perusahaan panggilan pengendali hama asal Inggris, telah memulai langkah besar menuju elektrifikasi armada kendaraan...

ALVA

Autos.id – Melihat sepak terjang dari sepeda motor listrik seperti ALVA. Rasanya banyak sekali inovasi terbaru yang mereka mau bawa kali ini. Termasuk inovasi...

error: Content is protected !!