Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Fakta Menarik Ketok Magic, Cara Kerja dan Harganya

Ilustrasi Ketok Magic.
Ilustrasi Ketok Magic. (Sumber: Polomap)

Last updated on 28 Mei, 2024

Apakah Anda menyangka kalau ketok magic itu adalah sulap? Ternyata tidak, cek faktanya di artikel ini.

Autos.id – Ketok magic adalah solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi kerusakan bodi mobil akibat kecelakaan atau benturan. Di kalangan pemilik mobil, ketok magic telah menjadi populer, terutama pada era tahun 2000-an.

Bagi generasi milenial, mungkin istilah ketok magic terdengar asing. Namun perlu diketahui bahwa ketok magic merupakan proses yang cepat, memberikan hasil yang memuaskan, dan memiliki harga yang terjangkau.

Dengan demikian, ketok magic merupakan salah satu alternatif yang dapat Anda pertimbangkan untuk memperbaiki mobil yang mengalami penyok dengan biaya yang terjangkau.

Ilustrasi sedang ketok magic.

Ilustrasi sedang ketok magic. (Sumber: Otosia)

Apa Itu Ketok Magic?

Banyak orang menganggap bahwa ketok magic terkait dengan hal gaib. Padahal, ketok magic sebenarnya adalah metode umum untuk memperbaiki mobil yang penyok atau rusak. Ketok magic hanya menggunakan tenaga manusia.

Ketok magic menggunakan teknik yang tergolong tradisional dan alat-alat yang sederhana. Alat-alat yang digunakan terdiri dari lempengan besi khusus yang telah dirancang.

baca artikel menarik lain tentang biaya perbaikan mobil penyok

Dalam ketok magic, terdapat dua jenis lempengan besi, yaitu teter dan lamak. Teter digunakan untuk menahan palu di bagian depan, sedangkan lamak berfungsi untuk menahan palu di bagian dalam.

Biasanya, proses ketok magic dilakukan secara tertutup. Oleh karena itu, beberapa bengkel ketok magic tidak mengizinkan pemilik mobil untuk melihat proses perbaikan.

Hal tersebut dilakukan karena proses ketok magic menggunakan alat-alat tradisional yang mungkin menghasilkan suara ketukan yang keras dan mengganggu. Dengan demikian, ketok magic adalah metode perbaikan mobil yang menggunakan tenaga manusia dan alat-alat sederhana untuk mengembalikan kondisi mobil yang penyok atau rusak menjadi normal.

Baca juga: Berapa Biaya Modif Mobil Pasang Sunroof?

Contoh mobil penyok yang akan ketok magic.

Contoh mobil penyok yang akan ketok magic. (Sumber: Disemua)

Kelebihan Ketok Magic

Proses perbaikan menggunakan teknik ketok magic sangat cepat dan tidak memakan waktu berhari-hari. Dengan demikian, biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan tersebut juga relatif terjangkau.

Selain itu, pelanggan juga memiliki opsi untuk mengganti bagian bodi yang rusak. Mereka bahkan dapat meminta penggunaan suku cadang baru atau bekas sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

Ilustrasi proses ketok magic.

Ilustrasi proses ketok magic. (Sumber: Moladin)

Berapa Estimasi Biaya Ketok Magic?

Biaya jasa ketok magic cukup terjangkau. Faktor ini disebabkan oleh penggunaan alat-alat yang sederhana. Selain itu, mayoritas pelanggan yang menggunakan jasa ini berasal dari kalangan menengah ke bawah.

Para ahli ketok magic umumnya menetapkan harga sekitar Rp100.000-Rp200.000 untuk perbaikan goresan. Hasil dari perbaikan ini pun memuaskan para pelanggan.

Baca juga: Mengenal Jenis Jasa Derek Mobil dan Estimasi Biayanya

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

ALVA

Alva jadi motor listrik besutan IMG yang memiliki spesifikasi mentereng dan harga bersaing. Autos.id – Alva merupakan solusi dalam bidang mobilitas dan usaha yang...

BYD

BYD Seal hadir di Indonesia untuk menambah lini mobil listrik dengan berbagai keunggulan. Autos.id – BYD Motor Indonesia (BMI) memperkenalkan BYD Seal sebagai salah...

Berita Otomotif

Last updated on 15 Maret, 2024 Inilah detail spesifikasi, fitur, dan harga Peugeot 2008 tahun 2024. Autos.id – Peugeot 2008 hadir dengan desain yang...

Daftar Harga Mobil

Perkembangan industri otomotif, khususnya mobil, di Tiongkok turut berimbas ke Indonesia, bagaimana dengan harganya saat ini? Autos.id – Industri otomotif di Indonesia semakin ramai...

error: Content is protected !!