Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Emblem RS Pada Honda Memiliki Arti ‘Racing Sport’? Ternyata Anggapan Ini Salah Besar!

Last updated on 22 Februari, 2020

Sebagian orang berpikir bahwa emblem RS di mobil Honda merupakan kependekan dari kata ‘Racing Sport’. Ternyata HPM selaku distributor Honda di Indonesia membantah hal ini.

Jakarta, Autos.id  –  Dalam acara media test drive New Honda Civic Hatchback RS Jakarta – BSD – Jakarta beberapa waktu lalu, bukan hanya mencoba mobil terbaru PT Honda Prospect Motor (HPM) ini saja, tetapi juga disampaikan informasi yang cukup penting yang selama ini masyarakat salah kaprah

Yulian Karfili, Public Relations and Digital Manager PT. Honda Prospect Motor (HPM), menjelaskan, RS hanyalah satu dari empat emblem yang menandakan adanya nuansa lebih sporty dari mobil-mobil mereka.

Acura berdiri sebagai sebuah merek tersendiri. Arah pengembangan desainnya ialah Luxury Sport. “Tiga lainnya adalah Acura, SI, plus Type R. “Acura berdiri sebagai sebuah merek tersendiri. Arah pengembangan desainnya ialah Luxury Sport,” imbuhnya.

“RS sendiri secara global sudah hadir sangat lama. Model pertama yang punya varian RS adalah Civic generasi pertama (era 1970-an). Ini kendaraan pertama Honda dengan emblem RS. Awalnya, Civic RS dibuat sebagai edisi spesial dengan volume produksi hanya 20 ribu unit,” paparnya.

RS sendiri ternyata mengandung arti ‘Road Sailing’ yang diartikan ke dalam bahasa Indnesia berarti  ‘Jalan Berlayar’ atau bisa diartikan menjadi ‘berlayar di jalan raya.

RS lalu berkembang sebagai varian dari model Honda yang memadukan antara fungsionalitas sebuah mobil dengan nuansa lebih sporty ketimbang versi standar. Hal ini diwujudkan dengan body kit maupun aksesoris lebih pada eksterior, juga tampilan lebih macho pada kabin. Di samping itu, kelengkapan fitur sengaja dilebihkan dari varian standar. “Di Indonesia, RS pertama adalah Jazz yang hadir pada 2008,” lanjut Arfi, sapaan akrab Yulian Karfili.

Honda Mobilio menjadi model kedua di Tanah Air yang mendapatkan varian RS, tepatnya pada 2014. Selanjut ada Honda Brio RS (2016), kemudian yang terkini ialah Honda Civic hatchback RS (2020).

SI, varian di atas RS, merupakan kependekan dari ‘Sport Injected’. Di sini, kadar sporty dari mobil Honda dibuat lebih tinggi lagi. Belum ada model Honda di Indonesia yang menawarkan varian ini. “Lalu yang paling atas diberi label Type R. Di Indonesia, modelnya ada Civic Type R. Arahannya Pure Sport dan meliputi penyetelan ulang khusus atau spesifikasi khusus sampe ke mesinnya,” pungkas Arvi.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Mobil

Dealer Honda Union Lahat ini merupakan dealer pertama di kabupaten Lahat serta dealer keempat yang di miliki Honda di provinsi Sumatera Selatan. Autos.id –...

Berita Otomotif

HPM meresmikan Honda Nengga Mobilindo di Gorontalo untuk Perluas Jaringan Purna Jual. Autos.id – Pada tanggal 27 Januari 2023, PT Honda Prospect Motor (HPM)...

Berita Otomotif

Honda mengumumkan kerjasama dengan GS Yuasa untuk kembangkan baterai lithium-ion mobil listrik. Autos.id – Honda Motor Co., Ltd dan GS Yuasa International Ltd (GS...

Mobil

Unit Honda Civic generasi pertama ini bisa Anda lihat di Dreams Cafe Powered by Honda, Mall Senayan Park, Jakarta Selatan. Autos.id – Baru-baru ini,...