Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Dianggap Melakukan Plagiat, Audi Gugat Nio, Brand Otomotif Tiongkok

Dianggap Melakukan Plagiat, Brand Otomotif Tiongkok Nio Digugat oleh Audi
Nio ES6

Mobil dari Nio yaitu ES6 diduga melakukan plagiat desain dari beberapa mobil Audi seperti S6 dan S8.

Autos.id – Perkembangan industri otomotif di Tiongkok dalam beberapa tahun terakhir sudah jauh lebih berkembang. Meskipun banyak yang menganggap pabrikan asal Tiongkok belum mempunyai desain original dan sering melakukan plagiat, tidak bisa dipungkiri brand-brand otomotif Tiongkok sudah mulai mendapat perhatian. Namun baru-baru ini salah satu pabrikan otomotif Tiongkok, Nio digugat oleh salah satu brand otomotif besar dunia yaitu Audi.

Diduga salah satu produk mobil dari Nio melakukan plagiat desain dan mencuri ide desain dari mobil-mobil Audi.

Dianggap Melakukan Plagiat, Brand Otomotif Tiongkok Nio Digugat oleh Audi

Audi S6

Dianggap Melakukan Plagiat Desain

Seperti yang dilansir Autoblog dan Reuters pada Minggu (19/6/2022), Audi resmi mengajukan gugatan ke pengadilan Munich, Jerman. Dalam gugatan tersebut, Volkswagen-Audi menyebut pabrikan otomotif Tiongkok, Nio telah mencuri ide desain yang sudah dibuat oleh Audi. Mobil dari Nio yang dianggap Audi melakukan plagiat adalah Nio ES6 yang dinilai sangat mirip dengan Audi S6 dan S8.

Nio sendiri merupakan salah satu brand premium asal Tiongkok yang mulai naik daun dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan Nio sendiri sudah mulai masuk ke pasar otomotif Eropa sejak bulan Mei 2022 lalu. Salah satu negara yang menjadi tujuan pasar Nio adalah Norwegia dengan mengeluarkan berbagai produk mobil elektrifikasi.

Dianggap Melakukan Plagiat, Brand Otomotif Tiongkok Nio Digugat oleh Audi

Audi S8

Rencannaya setelah Norwegia, beberapa negara di Eropa akan coba dimasuki oleh Nio seperti Jerman, Swedia, dan Denmark sebelum akhir tahun 2022. Di negara asalmya yaitu Tiongkok, penjualan mobil-mobil mereka juga tergolong sangat baik dengan menyasar target pasar yang lebih premium yang setara dengan brand premium Eropa.

Untuk pasar Eropa sendiri khususnya di Norwegia, Nio sudah meluncurkan ES8 yang menandai masuknya brand Nio kedalam pasar otomotif Benua Eropa. Nantinya Nio juga akan meluncurkan beberapa produk elektrifikasi lainnya seperti Nio ET7.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi lengkap dan pasti mengenai detail kasus ini. Ini mengingat baik pihak Nio dan Audi yang masih menutup rapat kasus ini. Namun kasus ini tentu menyita perhatian dunia karena keberadaan Nio sebagai pabrikan Tiongkok yang berani menyasar pasar premium di Benua Eropa tersebut.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Otomotif

Hampir semua mobil baru di pasar sekarang ini bisa melakukan mirroring dan terhubung ke smartphone para pengendara mereka, baik melalui Apple CarPlay dan Android...

Reviews

BMW sudah bersiap untuk berusha menyemarakkan dunia otomotif dengan penyegaran mendatang dari koleks M3 dan M4 mereka. Autos.id  –  Namun, Audi tidak tinggal diam....

Balap

Kabar baik bagi para fans dari ajang balap F1. Karena kompetisi tersebut akan lebih berwarna. Autos.id  –  Hal ini dimulai dari perkataan CEO Volkswagen...

Berita Otomotif

  Ada rumor yang beredar di internet selama berbulan-bulan bahwa Audi atau BMW berpotensi membeli McLaren. Autos.id  –  Ketiga pihak telah berulang kali membantah...