Untuk saat ini, DFSK adalah satu-satunya brand mobil asal Tiongkok yang bermain di segmen SUV. Namun pada 2019 nanti, ada kemungkinan kalau Wuling bakal meluncurkan SUV pertama mereka untuk pasar Indonesia. Meski begitu, DFSK tetap santai dalam menghadapi rumor kedatangan Wuling Baojun ke Indonesia.
Jakarta, Autos.id – Salah satu indikasi akan datangnya Wuling Baojun ke Indonesia sudah bisa dilihat pada saat pameran Gaikindo Indonesia Internatinal Auto Show (GIIAS) 2018, Agustus lalu. Kala itu, Wuling memajang Baojun yang masih berkonfigurasi setir kiri sebagai bahan tes pasar.
Walau hanya sebatas tes pasar, namun Wuling Baojun berhasil menarik perhatian banyak orang. Buktinya selama GIIAS 2018 berlangsung, Wuling Baojun selalu dihampiri oleh banyak pengunjung yang ingin melihatnya lebih dekat. Itu bisa dijadikan sebagai parameter kalau nantinya, mobil ini bakal dapat diterima dengan baik oleh konsumen di Indonesia.
Melihat baiknya respons pasar terhadap Baojun, membuat Wuling jadi berencana untuk menjual Baojun secara resmi di Indonesia. Bahkan rumornya, Wuling Baojun akan mengaspal di Indonesia pada 2019 mendatang. Jika benar Wuling Baojun akan dijual di Indonesia pada 2019 nanti, maka persaingan Medium SUV di tanah air dapat dipastikan akan jadi semakin seru dan panas.
Karena akan masuk ke dalam segmen Medium SUV, otomatis Wuling Baojun akan langsung berhadapan dengan rival senegaranya, yakni DFSK 580 Glory. Persaingan antara keduanya pasti akan jadi sesuatu yang menarik, karena sudah cukup lama pasar SUV di Indonesia tidak diramaikan oleh brand asal negeri tirai bambu.
Pihak DFSK sendiri tentunya sudah mengetahui rumor kedatangan Wuling Baojun ke Indonesia pada 2019. Meski dipastikan akan menjadi saingan berat Glory 580, namun DFSK tetap santai dengan rumor kehadiran Wuling Baojun ke Indonesia pada tahun depan.
“Tidak masalah jika Wuling Baojun benar akan dijual di Indonesia, dan kami juga tidak takut kalau kehadirannya akan mengganggu penjualan Glory 580. Hadirnya Wuling Baoujun ke Indonesia merupakan suatu hal yang wajar karena itu memang merupakan bagian dari persaingan bisnis, dan kita siap dengan segala hal yang akan terjadi,” kata Franz Wang, Managing Director of Sales Center PT Sokonindo Automobile.
Franz Wang melanjutkan, mereka tidak takut dengan kehadiran Baojun ke Indonesia karena Wuling punya cara pendekatan ke konsumen yang berbeda dengan DFSK. Oleh karena itu, DFSK merasa yakin kalau keberadaan Wuling Baojun tidak akan memberi pengaruh yang besar untuk Glory 580, dan persaingannya pun akan berlangsung secara sehat.
Menarik untuk ditunggu kehadiran Wuling Baojun di Indonesia. Karena nantinya, bisa saja mobil ini akan merubah peta persaingan Medium SUV di negeri ini. Apalagi di Indonesia, Wuling mempunya citra sebagai brand mobil yang berkualitas, kaya fitur, dan mempunyai harga jual yang sangat kompetitif.
Baca juga: Varian Baru DFSK Glory 580 Dijadwalkan Hadir di Awal 2019
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.