Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Chery Omoda 5 Bakal Meluncur di Indonesia?

Logo Chery Omoda 5.
Logo Chery Omoda 5. (Sumber: News Hub Asia)

Chery Omoda 5 kabarnya akan masuk ke pasar Indonesia tentu saja berpotensi melawan Hyundai dan Wuling.

Autos.id – Chery Omoda 5 bakalan masuk sebagai jajaran mobil termasuk EV pertama buat Cherry. Dengan menambah jajaran produknya pada tahun 2023, Kehadiran Cherry Omoda 5 bakal menemani  produk Chery seperti SUV Tiggo 7 Pro dan 8 Pro yang meluncur sebelumnya.

Jika rencana tetap berjalan, mobil SUV bergaya futuristik itu bisa diluncurkan pada pertengahan tahun 2023 antara bulan Mei-Juni, atau paling lambat adalah akhir tahun 2023. Kabar terbaru menyebutkan bahwa Chery tidak hanya akan meluncurkan varian mesin bensin dari Omoda 5, tapi juga varian listrik. Meskipun Omoda 5 EV masih dalam tahap konsep, Chery yakin bahwa mobil tersebut akan cocok untuk pasar Indonesia.

Mengutip dari berbagai sumber, Shawn Xu selaku Presiden Direktur PT Chery Motor Indonesia mengatakan bahwa Omoda 5 tidak hanya untuk genre SUV, namun juga mobil listrik (EV) sepenuhnya.

Ia juga menjelaskan bahwa produk berstandar tinggi harus disiapkan jika ingin menghadirkan mobil listrik di Indonesia, dimana yang dimaksud adalah Omoda 5 EV. Hal itu dianggap dapat meningkatkan nilai merek dan juga reputasi sebagai produsen mobil terkemuka.

Chery Omoda 5.

Chery Omoda 5. (Sumber: CSI)

Dimensi Omoda 5

Pihak Chery telah menyatakan bahwa Omoda 5 didesain untuk dapat menggunakan berbagai jenis mesin termasuk versi listrik secara penuh. Oleh karena itu, dimensi dari versi listrik ini kemungkinan tidak jauh berbeda dengan versi bensinnya. Dari informasi yang tersedia, panjang mobil listrik Chery Omoda 5 diperkirakan 4.400 mm, lebar 1.830 mm, dan tinggi 1.588 mm.

Eksterior dan Interior Chery Omoda 5

Mobil istrik Chery Omoda 5 memiliki tampilan yang futuristik dan modern. Hal itu dapat kita lihat  dari perpaduan desain grill bergaya honeycomb 3D yang menyatu dengan headlamp berdesain sipit serta bumper yang dinamis. Pada bagian belakangnya, tampilan tidak futuristik seperti bagian depan, namun lekukan bodi serta lampunya terlihat elegan. Selain itu, untuk mendukung tampilan eksterior, tersematkan velg alloy ukuran 18 inch.

Sementara interiornya, mobil ini akan memiliki teknologi terkini dan tampilan visual yang estetik. Hal itu terlihat dari lampu ambient LED 64 warna yang terhubung dengan mode pengemudi dan irama musik. Selain itu, material jok, dashboard, dan doortrim juga terlihat menggunakan bahan berkualitas. Untuk menambah kesan lapang dan meningkatkan kemewahan, mobil ini ternyata ada  panoramic sunroof.

Kemudian untuk mendukung kenyamanan berkendara, mobil listrik ini akan tersedia headunit touchscreen berukuran 10,25 inci yang terhubung dengan panel cluster digital. HU ini dapat mengakomodir sistem audio seperti radio serta dukungan Android Auto dan Apple CarPlay juga tersedia. Selain itu, headunit-nya juga dapat menampilkan kamera parkir dan fitur pendukung lainnya.

AC digital dan wireless charging juga tersedia untuk mempermudah penumpang dan pengemudi dalam mengisi baterai perangkat mereka.

Bagian belakang Chery Omoda 5.

Bagian belakang Chery Omoda 5. (Sumber: CSI)

Fitur Omoda 5

Fitur start/stop engine dan rem parkir otomatis juga tersematkan untuk mempermudah dan meningkatkan kenyamanan pengemudi. Sementara itu, terdapat fitur ADAS yang sudah terintegrasi dengan beberapa fitur keselamatan, seperti Adaptive Cruise Control (ACC), Forward Collision Warning (FCW), Autonomous Emergency Braking (AEB), Lane Departure Warning (LDW).

Sedangkan  Lane Keeping and Automatic Low/High Beam Switching sudah tersedia untuk modelini. Untuk power sterringnya sudah memakai Electronic Power Steering (EPS). Fitur lainnya seperti Traffic Signal Recognition System dan Fitur modern lainnya.

Baterai-nya terasa besar untuk Omoda

Sejumlah detail yang terungkap tentang mobil listrik Omoda 5 adalah memiliki tenaga maksimum 204 PS dan torsi 400 Nm. Selain itu, mobil listrik ini juga dilengkapi dengan baterai 64 kWh yang memungkinkan jarak tempuh maksimal sejauh 450 km. Baterai tersebut dapat mengisi daya dengan cepat, yaitu dari kondisi 0-80% dalam waktu 40 menit (fast charging), sedangkan dengan pengisian daya biasa membutuhkan waktu selama 5 jam.

Harga

Belum ada informasi atau pun bocoran mengenai mobil listrik Chery Omoda 5. Namun jika bandingkan merek lainnya seharusnya mobil listrik tersebut harganya lebih murah, terlebih lagi jika prediksi di Indonesia harganya bakalan berbeda jauh apabila dapatkan insentif dari Pemerintah.

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Otomotif

Honda mengumumkan kerjasama dengan GS Yuasa untuk kembangkan baterai lithium-ion mobil listrik. Autos.id – Honda Motor Co., Ltd dan GS Yuasa International Ltd (GS...

Berita Otomotif

Setelah meluncurkan Leaf dan Kicks e-Power, Nissan ingin tambah jajaran mobil listrik di Indonesia. Autos.id – Nissan telah meluncurkan dua mobil listriknya di Tanah...

Berita Otomotif

Tesla diskon sudah jadi perbincangan oleh siapapun. Namun, siapa yang tidak tahu merek mobil Tesla? Mobil listrik yang mendunia ini tiba-tiba obral mobil mereka....

Mobil

Membeli mobil listrik tentu membutuhkan perhitungan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar saat membeli mobil listrik, bisa digunakan sesuai kebutuhan Anda. Autos.id...