Berita Otomotif

Calya-Sigra Bisa Lebih Sukses dari Avanza-Xenia ?

Calya-Sigra

Kapasitas produksi Calya-Sigra jauh lebih tinggi dibanding produksi Avanza-Xenia saat awal diperkenalkan di Indonesia. Apakah ini pertanda Calya-Sigra bisa lebih sukses dari Avanza-Xenia?

Karawang, Autos.id – Produk terbaru kolaborasi Toyota Astra Motor (TAM) dan Astra Daihatsu Motor (ADM), yakni Toyota Calya dan Daihatsu Sigra sudah resmi meluncur di Indonesia. Ini merupakan kolaborasi TAM dan ADM kedua untuk kategori kendaraan tujuh penumpang setelah Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Airlangga Hartanto, Menteri Perindustrian Republik Indonesia (RI) menyebutkan, dengan harga dibawa Rp 150 juta maka Calya-Sigra masuk dalam kategori mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) seperti halnya Toyota Agya dan Daihatsu Ayla.

“Produksi pertama mencapai 8.000 unit dan kemungkinan akan diproduksi 9.000 unit di bulan berikutnya sembari melihat perkembangannya di pasar”

“Saya sudah bicara dengan tim dari TAM dan ADM harga mobil ini mengacu pada harga mobil murah sehingga terjangkau. Kurang lebih harganya 10.000 USD sesuai kurs dollar,” kata Airlangga di Daihatsu Assembly Plant, Karawang, Jawa Barat, Selasa (2/8/2016).

Calya-Sigra

Daihatsu Sigra

Sementara itu, Antonius Jimmi Suwandy, Executive General Maneger Area Management TAM mengungkapkan sebulan lalu telah dikirim ke jaringan dealer Toyota dan Daihatsu di Indonesia dan mulai saat ini sudah bisa dilihat dan dipesan oleh konsumen.

Calya, kata Jimmi untuk produksi pertama mencapai 8.000 unit dan kemungkinan akan diproduksi 9.000 unit di bulan berikutnya sembari melihat perkembangannya di pasar. “Untuk produksi pertama ada 8 ribu unit. Melihat potensi yang ada di pasar bulan berikutnya kita akan memproduksi 9 ribu unit,” kata Jimmi.

Calya-Sigra

Toyota Calya

Angka ini tentu jauh lebih optimis dibanding saat kehadiran Avanza-Xenia pada 2008 lalu. Di tahun-tahun awal kemunculan duet 7-seater TAM dan ADM itu, Daihatsu sudah sanggup memproduksi 4.000 unit per bulan. Kini berselang delapan tahun eksistensi Avanza-Xenia, kapasitas produksi Daihatsu untuk dua produk itu telah mencapai 360.000 unit dengan konsumsi untuk pasar lokal dan ekspor.

Apakah ini akan terjadi juga dengan Calya-Sigra?

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top