Reviews

Bus Listrik Transjakarta Mampir Di JIExpo Kemayoran

Beberapa bus TransJakarta bertenaga listrik mampir di JIExpo Kemayoran, akankah dipercepat kehadirannya untuk menggantikan bus TransJakarta berbahan bakar konvesional?

Jakarta, Autos.id  –  Dalam Pameran Busworld South East Asia 2019 di JIExpo Kemayoran Jakarta, Rabu (20/3), menampilkan Bus Transjakarta bertenaga listrik untuk pertama kalinya yang cukup menarik minat para pengunjung.

Bukan hanya satu, tetapi ada tiga varian bus listrik Transjakarta yang dipamerkan. Bus-bus listrik tersebutlah yang nantinya akan mengisi transportasi massal bagi warga ibukota di samping unit berbahan bakar konvensional yang sudah ada lebih dulu.

“Karena dunia sekarang ini menuju kendaraan listrik, jadi visi pak gubernur membawa kita ke arah sana,” jelas Direktur Utama Transjakarta, Agung Wicaksono, ketika ditemui di JIEXpo Kemayoran di sela-sela pameran.

Pemakaian bus listrik tersebut tidak terlepas dari keseriusan Indonesia sejak 2018 dalam menyambut pergeseran teknologi dari mobil bermesin konvensional ke daya listrik yang sangat ramah lingkungan.

Pameran Industri Otomotif dan Perkereta Apian Digelar di JIEXpo Kemayoran

Hal ini ditunjukkan dengan mulai disusunnya draf Peraturan Presiden (Perpres) Parcepatan Kendaraan Bermotor Listrik yang dkabarkan sudah dalam tahap penyelesaian di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman.

Sejalan dengan itu, salah satu Badan Usaha Mlik Daerah (BUMD) yang sedang fokus mengembangkan bis listrik adalah PT Transportasi Jakarta. Transjakarta mengkaji pengoperasian bus listrik dengan bertemu dengan United Nation Environmental Program (UNEP) Januari lalu. Pemerintah Indonesia sendiri berencana untuk menambah 3.000 armada bus untuk sistem BRT di 34 provinsi.

Sementara itu Presiden Busworld Internasional, Didier Ramoudt, mengatakan bahwa Indonesia merupakan salah satu pasar terbesar unluk industri bus dan coach. Hal ini didukung dengan populasi Indonesia yang mencapai 40 persen dari populasi negara ASEAN. “Indonesia dengan populasi terbesar di Asia Tenggara memilki potensi pengembangan transpotasi yang menjanjikan di masa mendatang,” papar Ramoudt.

Selain Busworld South East Asia 2019, pameran yang digelar oleh PT Global Expo Management (GEM) ini dari 20 – 22 Maret juga menampilkan pameran lainnya secara berbarengan. Seperti INAPA, Tyre & Rubber Indonesia, Lube Indonesia, INABIKE,Truck & Trailer Indonesia, Con-Mine, dan juga Forklift Indonesia.

UD Trucks Kuzer RKE 150: Truk yang Mudah Dikendarai

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top