Last updated on 29 Januari, 2024
BMW Menjadi Produsen Otomotif Premium Pertama di Indonesia dengan Penjualan Lebih Dari 5,000 Unit
Jakarta, Autos.id – BMW Group Indonesia umumkan hasil penjualan yang luar biasa untuk BMW dan MINI pada tahun 2023 dan berhasil raih rekor penjualan tertinggi dengan 5,063 unit. Angka ini meningkat sebesar 35.3% dibandingkan hasil penjualan tahun 2022 yaitu 3,742 unit. Rekor penjualan tersebut terdiri dari 4,172 unit kendaraan BMW dan 891 unit MINI. Pertumbuhan penjualan sebesar 38% (year-on-year) bagi BMW dan 24% (year-on-year) bagi MINI.
Minat terhadap rangkaian kendaraan listrik BMW sangat meningkat, dengan 745 unit dikirimkan ke pelanggan di Indonesia pada tahun 2023.
Sementara itu, MINI Electric juga sangat diminati, terjual sebanyak 172 unit atau 19% dari total penjualan MINI di Indonesia. Pencapaian tersebut menunjukkan bahwa BMW tetap menjadi brand otomotif premium terdepan di Indonesia dan menjadi nomor satu di segmen kendaraan listrik premium.
“Dengan rangkaian kendaraan listrik terbaru BMW dan MINI yang sangat menarik, dan berteknologi luar biasa, kami mampu meningkatkan mobilitas listrik secara lebih dinamis pada tahun 2023 dan menjadi pemimpin di segmen kendaraan listrik premium Indonesia dengan mendominasi 60.5% dari total pasar,” ujar Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia di Jakarta belum lama ini.
BMW tetap menjadi brand premium terdepan baik secara global maupun di Indonesia. Dengan total 2,253,835 kendaraan yang dikirimkan ke pelanggan di seluruh dunia pada tahun 2023, brand BMW membukukan pertumbuhan sebesar +7,3% dari tahun sebelumnya, dengan penjualan mencapai rekor tertinggi baru sepanjang masa.
Hal yang sama untuk pasar Indonesia dengan total penjualan 4,172 unit dan peningkatan +38% dimana hasil ini merupakan salah satu pertumbuhan tertinggi di market BMW di seluruh dunia. Yang lebih mengesankan lagi, rekor pertumbuhan BMW di Indonesia pada tahun lalu menyusul peningkatan sebesar 24% pada tahun 2021 hingga 2022.
Model kendaraan di segmen Luxury, seperti BMW Seri 7 dan BMW X7, mendapatkan permintaan yang cukup tinggi pada tahun 2023. Hal ini dibuktikan dengan penjualan BMW Seri 7 yang kini hadir dengan varian mesin konvensional dan listrik, meningkat hampir 3 kali lipat menjadi total 219 unit dibandingkan penjualan pada tahun sebelumnya. BMW i7 (full-elektrik) juga menjadi model terlaris di segmennya.
Untuk BMW, penjualan tertinggi adalah model full-listrik, BMW iX dengan 587 unit – tekankan posisinya sebagai kendaraan listrik premium no 1 di Indonesia dan menjadi favorit pelanggan. Tegaskan komitmen di elektrifikasi, 17.9% dari total penjualan kendaraan BMW di Indonesia adalah kendaraan full listrik.
BMW Group Indonesia terus perluas jaringannya di Indonesia
BMW Group Indonesia juga hadir semakin dekat dengan pelanggan melalui peresmian ragam diler yang kini menggunakan konsep Retail.Next, inisiatif strategis, lintas fungsi, dan berskala global yang bertujuan untuk berikan pengalaman pelanggan premium terbaik di kelasnya. BMW Tunas Tomang, BMW Performance Motors Thamrin, dan Plaza MINI Surabaya diresmikan pada tahun 2023. Pada tahun 2024, BMW dan MINI akan hadirkan lebih banyak showroom diler dengan konsep Retail.Next dan targetnya seluruh lokasi telah menjadi diler Retail.Next pada 2026.
Di tahun ini secara total BMW Group Indonesia berhasil luncurkan total 17 model kendaraan. Tekankan tema ‘The Next Level of Luxury’, pada tahun 2023 beberapa model yang diluncurkan adalah New BMW X7, All-New BMW Seri 7 dengan BMW i7 dan BMW 735i M Sport, kendaraan sedan termewah yang tekankan inovasi pada kelas otomotif mewah.
Berikut list kendaraan yang diluncurkan BMW dan MINI pada 2023:
- BMW X7 xDrive40i M Sport
- MINI Cabrio Seaside Edition
- BMW 530i Touring M Sport Pro
- BMW Z4 sDrive30i M Sport
- BMW Z4 M40i
- BMW 735i M Sport
- BMW i7 xDrive60 Gran Lusso (BEV)
- BMW M4 Competition Convertible
- BMW M3 Competition Touring M xDrive
- BMW M3 CS
- BMW X1 sDrive18i xLine
- All-New BMW M2
- All-New BMW M2 Purist
- BMW XM (PHEV)
- MINI Cooper S 5-Door Sport
- BMW X6 xDrive40i M Sport
- BMW X5 xDrive40i M Sport
Total penjualan BMW Group Indonesia tahun 2023
2023
(unit) |
2022
(unit) |
Peningkatan pada tahun 2023. | |
BMW Group Indonesia | 5,063 | 3,742 | 35,3% |
BMW | 4,172 | 3,023 | 38% |
BMW i | 745 | – | 100% |
BMW M | 400 | 159 | 152% |
MINI | 891 | 719 | 23.9% |
MINI Electric | 172 | 32 | 437.5% |
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.