Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Bersama Hyundai, INEOS Kembangkan Teknologi Hidrogen Pada Mobil Grenadier 4×4

Bersama Hyundai, INEOS akan kembangkan Teknologi Hidrogen Pada Mobil Grenadier 4x4

INEOS Grenadier 4×4 merupakan mobil dengan teknologi hidrogen yang bekerjasama dengan Hyundai. Rencananya pengembengan mobil offroad bermesin hidrogen ini akan mulai dilakukan pada akhir tahun 2022 mendatang.

Autos.id – Belum lama ini, INEOS baru saja mengumumkan rencama mereka untuk menjual mobil ke beberapa market baru seperti ASEAN dan Indonesia. Dan setelah gebrakan itu, belum berhenti sampai disitu, karena INEOS sendiri akan ikut serta juga dalam pengembangan mobil elektrifikasi yang sekarng sedang naik-naiknya. Nah yang menarik, bahwa meskipun namanya mobil listrik, teknologi yang akan digunakan oleh INEOS ini akan menggunakan hidrogen sebagai sumber tenaganya.

Sir Jim Ratcliffe, pendiri sekaligus pimpinan dari INEOS beberapa waktu lalu mendeklarasikan sebuah kampanye ramah lingkunagn dengan penggunaan hidrogen sebagai sumber tenaganya. Kampanye ini sudah dimulai dari penerbitan editorial di Sundah Telegraph yang ditulis sendiri oleh beliau.

Setelah itu Sir James bersama INEOS jha menggelar sebuah kampanye multimedia nasional yaitu berupa iklan yang dimuat baik di billboard maupun iklan digital serta dalam tur dan pameran bus Hidrogen di Glasgow, Skotlandia. Beliau menyatakan bahwa hidrogen merupakan bahan bakar masa depan dimana INEOS akan berperan besar dalam pengembangan bahan bakar berjenis Hidrogen ini. “Ketika nanti digunakan sebagai bahan bakar sel, hidrogen hanya akan menghasilkan air dan ini merupakan salah satu peluang terbaik bagi Inggris untuk bisa mencapai target penuruan karbon”, ujar Sir Jimmy.

Bersama Hyundai, INEOS akan kembangkan Teknologi Hidrogen Pada Mobil Grenadier 4x4

 

Ia juga menyebutkan bahwa mobil listrik yang ideal adalah digunakan untuk penggunaan didalam kota serta perjalanan dekat. Tetapi Sir Jimmy juga menjelaskan abhwa teknologi hidrogen jauh lebih baik untuk perjalanan jarak jauh serta membawa beban yang lebih berat. “Dengan fakta demikian, dibutuhkan juga sebuah investasi segera disektor distribusi hidrogen dan stasiun pengisian bahan bakar hidrogen yang lebih memadahi lagi”, tambah Sir Jimmy.

INEOS Grenadier 4×4 Hidrogen

Dengan ide yang muncul dari Sir Jimmy ini, INEOS pun mendukung hal tersebut dengan melakukan pengembangan pada teknologi hidrogen tersebut. Salah satu mobil yang akan dijadikan bahan pengembangan teknologi hidrogen ini adalah INEOS Grenadier 4×4. Dan kabar dalam pengembangan bahan bakar hidrogen pada INEON Grenadier 4×4 ini, INEOS akan menggandeng Hyundai sebagai pemasok sel bahan bakar hidrogen.

 

Rencananya pengujian INEOS Grenadier hidrogen ini akan mulai dilakukan pada akhir 2022 mendatang. Sedangkaj versi bensin serta diesel dari mobil ini akan segera diluncurkan pada pertengahan tahun depan. Dalam pengembangannya teknologi hidrogen pada Grenadier ini, INEOS akan melakukan pengujian dimedan offroad serta onroad. Serta selain bersama Hyundai, pihak INEOS akan bekerja sama dengan AVL dalam mendukung pengembangan Grenadier hidrogen tersebut.

 

 

Peran Serta Pemerintah Inggris

Saat ini, INEOS berada dalam posisi yang cukup unik dalam pengembangan mobil hidrogen. INEOS sendiri sudah mengumumkan bahwa mereka telag menginvestasikan hingga 2 miliyar Euro untuk produksi mobil ramah lingkungan untuk pasar Eropa. INEOS sendiri sudah memproduksi dan menggunakan 400.000 ton hidrogen rendah karbo setiap tahunnya atau setara penggunaan 2 miliyar liter BBM diesel.

Namun Sir Jimmy juga mengingatkan untuk peran serta pemerintah Inggris dalam mendukung investasi teknologi hidrogen tersebut. “Masalahnya adalah industru hanya bisa bertidak akan sejauh mana kemampuan teknologi ini. Untuk itulah pentingnya peran pemerintah Inggris dalam memabntu berinvestasi dalam pengembangan infrastruktur teknologi hidrogen ini. Saat ini kita sudah tertinggal jauh dibelakang negara-negara Eropa lainnya soal teknologi yang diperbarukan dan kesenjangan mulai tumbuh”, ujar Sir Jimmy.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Otomotif

Hyundai dikabarkan ingin membangkitkan Pony Coupe Concept yang pernah dibuat tahun 1974 silam. Autos.id – Pernah dibuat tahun 1974, Hyundai ingin membangkitkan Pony Coupe...

Komparasi

Hyundai Ioniq 5 kini memiliki pesaing baru di pasar mobil listrik Tanah Air, yaitu Toyota bZ4X. Autos.id – Toyota bZ4X baru-baru ini diluncurkan oleh...

Berita Otomotif

Hyundai Kona generasi terbaru kabarnya akan diluncurkan dalam waktu dekat. Autos.id – Generasi terbaru dari Hyundai Kona dirumorkan akan segera debut setelah berbagai gambar...

Mobil

Beberapa kendaraan, seperti bus listrik hingga mobil listrik dan Hybrid dari Hyundai akan menjadi kendaraan resmi Piala Dunia Qatar 2022 Autos.id – Ajang kejuaraan...