Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Baru Dua Tahun, Toyota Urban Cruiser Bakal Disetop Penjualannya

Toyota Urban Cruiser.
Toyota Urban Cruiser. (Sumber: Carvaganza)

Masih ‘seumur jagung’, pihak TKM India akan menghentikan penjualan unit Urban Cruiser.

Autos.id – Kabar mengejutkan datang dari salah satu mobil besutan Toyota, yaitu Urban Cruiser, karena penjualannya akan dihentikan oleh Toyota Kirloskar Motor (TKM) India. Padahal mobil tersebut baru diluncurkan dua tahun lalu.

Dilansir dari Autohindustantimes, pihak Toyota telah menghapus portofolio produksi Urban Cruiser di India. Dan Toyota Kirloskar Motor (TKM) membuat pernyataan bahwa strategi produk yang dihadirkan ke publik adalah berdasarkan umpan balik.

Toyota Urban Cruiser.

Toyota Urban Cruiser. (Sumber: Cintamobil)

Mereka juga masih mempelajari preferensi pelanggan untuk mengetahui pasar apa yang bisa dijual dan menghadirkan mobil yang sesuai secara teknologi dan berkelanjutan.

Melihat situasi yang ada, Toyota Kirloskar Motor (TKM) pun akhirnya memutuskan produksi serta penjualan Urban Cruiser.

Sebagai informasi tambahan, Toyota Kirloskar Motor (TKM) merupakan perusahaan yang dihasilkan dari kerjasama antara pihak Toyota dan Grup Kirloskar India yang berkonsentrasi pada produksi dan penjualan berbagai merek Toyota di India.

Diketahui sebelumnya bahwa Toyota Motor Corporation dan Suzuki Motor Corporation mengadakan kerjasama terkait proyek di bidang pengembangan teknologi, produksi kendaraan, dan pengembangan pasar pada 28 Mei 2018.

Interior Toyota Urban Cruiser.

Interior Toyota Urban Cruiser. (Sumber: Cintamobil)

Dengan demikian, pihak Toyota Kirloskar Motor dan Maruti Suzuki bersama-sama mengembangkan model mobil di India, dimana produknya pertamanya adalah Glanza (rebadge dari Suzuki Baleno) dan diluncurkan pada 6 Juni 2019. Kemudian Urban Cruiser menjadi produk yang kedua dan diluncurkan pada September 2020.

Diambil dari sumber yang sama, Urban Cruiser sendiri adalah rebadge dari Maruti Vitara Brezza dan dijual seharga Rp161 juta. Akan tetapi melihat bahan baku dan lainnya, harganya melonjak menjadi sekitar Rp173 juta.

Sejak diluncurkan pertama kali, Urban Cruiser telah terjual sebanyak 65.000 unit, dimana spesifikasi mesinnya adalah mesin bensin 1,5 liter, 4 silinder, yang mampu menyemburkan hingga 103 tenaga kuda dan torsi 138 Nm.

 

Sumber: Autohindustantimes

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Berita Otomotif

Address 125 versi terbaru akhirnya diluncurkan oleh Suzuki dengan klaim lebih hemat bensin. Autos.id – Suzuki baru saja meluncurkan skuter matic Address 125 versi...

Komparasi

Hyundai Ioniq 5 kini memiliki pesaing baru di pasar mobil listrik Tanah Air, yaitu Toyota bZ4X. Autos.id – Toyota bZ4X baru-baru ini diluncurkan oleh...

Berita Otomotif

Suzuki membuat gebrakan dengan meluncurkan mobil MPV baru dengan harga sangat murah. Autos.id – Suzuki Eeco yang merupakan mobil MPV terbaru besutan Maruti Suzuki...

Daftar Harga Mobil

Di pasar Indonesia, ada banyak merek mobil bekas dengan banderol terjangkau di bawah Rp100 juta. Autos.id – Bagi yang ingin membeli mobil murah namun...