Berita Otomotif

6 SMK Berhasil Ubah Limbah Oli Bekas Jadi Barang Bermanfaat

Wahana Waste Competition

Keenam SMK tersebut mempresentasikan karya-karya terbaiknya dalam Wahana Waste Competition dengan tujuan mengubah limbah otomotif menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Jakarta, Autos.id – SMK binaan Honda di wilayah Jakarta dan Tangerang, ada yang berhasil mengubah limbah jadi hal yang bermanfaat. Sekolah tersebut adalah SMK Excellent 1 Tangerang yang berhasil menjadikan limbah oli bekas jadi bahan bakar kompor.

SMK Excellent 1 Tangerang berhasil membuktikan jika oli bekas mampu diubah jadi bahan bakar Kompor Bahan Bakar Oli Bekas (BBOB). Hal ini mereka buktikan dalam kompetisi bertajuk ‘Wahana Waste Competition’. Kompetisi tersebut merupakan prakarsa dari PT Wahana Makmur Sejati (WMS) sebagai Main Dealer sepeda motor Honda wilayah Jakarta dan Tangerang.

“Tidak hanya membuat karya dari limbah, peserta wajib mempresentasikan analisa target pasar, hingga rencana promosi”

Ada enam SMK yang ikut bersaing dalam Wahana Waste Competition. Berlangsung di training center Wahana Jatake Tangerang, peserta yang ikut adalah SMK binaan Honda. Enam SMK yang ikut merupakan hasil penyaringan dari 35 proposal yang mengikuti kompetisi unik ini.

Wahana Waste Competition

“Tidak hanya membuat karya dari limbah, peserta wajib mempresentasikan analisa target pasar, hingga rencana promosi,” papar Ronnal Prawira selaku Head of Corporate Social Responsibility Wahana sekaligus Ketua Yayasan Wahana Artha, melalui keterangan tertulisnya, Kamis (22/03/2018).

Penjurian keenam peserta Wahana Waste Competition ini dilakukan oleh praktisi dan pelaku industri kreatif. Satu diantaranya Arto Subiantoro CEO Gambaran Indonesia. Tidak hanya mencermati ide dan hasil karya, para juri juga berikan saran membangun kepada setiap tim yang tampil dalam kompetisi ini.

Peserta pertama adalah SMK Excellent 1 Tangerang dengan karya kompor bahan bakar oli bekas. Lalu ada SMK 53 Jakarta dengan karya botol oli bekas jadi produk tempat sabun, pot dan lampu. Kemudian SMK Jaya Buana dengan karya Buana Smart light. Selanjutnya SMK 93 Jakarta dengan karya kipas angin portabel. Ada juga SMK Mutiara Bangsa dengan karya pemotong singkong, dan terakhir ada SMK Yuppentek dengan karya listrik tenaga hidro.

Wahana Waste Competition

Berikut pemenang Wahana Waste Competition :

  1. SMK Jaya Buana Tangerang – Buana Smart Light
  2. SMK Excellent 1 Tangerang – Kompor Berbahan Bakar Oli Bekas
  3. SMK 53 Jakarta – Botol Oli Bekas Pelumas Menjadi Produk Wadah Sabun

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top