Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Sebanyak 54 Unit Hyundai Nexo Terkena Recall Karena Kebocoran Hidrogen

54 Unit Hyundai Nexo Terkena Recall Karena Kebocoran Hidrogen

Kebocoran serta penggunaan bahan yang tidak sesuai berkaitan dengan filter bahan bakar hidrogen pada Hyundai Nexo ini berpotensi menyebabkan kebakaran.

Autos.id – Baru-baru ini, Hyundai Amerika melakukan recall atau penarikan unit kembali pada salah satu mobil berteknologi hidrogen mereka, Nexo. Mobil yang masuk ke kelas compact crossover ini terpaksa dilakukan recall karena adanya kemungkinan kebocoran hidrogen yang berpotensi membuat mobil menjadi mudah terbakar.

Unit Hyundai Nexo yang terdampak recall ini merupakan mobil produksi 10 Agustus hingga 17 Desember 2018.

54 Unit Hyundai Nexo Terkena Recall Karena Kebocoran Hidrogen

Alasan Dilakukan Recall

Dalam sebuah laporan yang diterbitkan oleh pada Badan Keselamatan Jalan Raya Nasional Amerika Serikat (NHTSA), filter wadah pada Hyundai Nexo ini bisa terlepas secara tiba-tiba setelah terisi dengsn hidrogen. Dengan adanya filter yang bisa tiba-tiba terlepas ini, membuat saluran masuk untuk pengisian bahan bakar hidrogen ini menjadi mudah bocor.

Dengan adanya hal tersebut, membuat mobil menjadi mudah terbakar. Bahkan di negara asalnya, Korea Selatan, terjadi kasus kebakaran yang melibatkan Hyundai Nexo akibat kebocoran saluran bahan bakar hidrogen ini. Hal tersebut membuat pihak Hyundai Motor Company pusat di Korea Selatan, memberi tahukan masalah ini pada divisi Hyundai di Amerika Utara.

Kemudian pihak Hyundai juga menyebut masalah tersebut terjadi karena pemasok menggunakan filter berikat epoksi prototipe yang digunakan sebagai pengganti filter las laser asli yang sudah di tentukan. Alhasil penggunaan filter tersebut justru membuat filter menjadi tidak awet serta rentan bocor yang justru berpotensi menyebabkan mobil terbakar.

Masalah lainnya yang berkaitan dengan filter hidrogen tersebut adalah adanya suara yang tidak normal saat membuka tangka bahan bakar. Hal ini terjadi sebagai konsekuensi penggunaan filter hidrogen yang bukan sesuai standar Hyundai. Selain itu dalam investigasi ini juga ditemukan bahwa filter saluran masuk bahan bakar hidrogen mobil ini tidak di las dengan laser.

54 Unit Hyundai Nexo Terkena Recall Karena Kebocoran Hidrogen

Dengan adanya temuan masalah pada saluran filer bahan bakar hidrogen yang terbakar ini, pihak NHTSA bersama Hyundai memberi himbauan kepada pemilik yang terdampak ini untuk segara membawa mobil mereka ke bengkel untuk di lakukan recall. Dan untuk kasus recall kali ini, Hyundai sendiri menjamin tidak akan membebankan biaya sedikitpun untuk pergantian unit filter hidrogen ini.

Mobil Yang Hanya Dijual Di California

Dipasar Amerika Serikat, Hyundai Nexo hanya di jual untuk pasar negara bagian California. Hal ini terjadi karena hanya di Calfornia-lah satu-satunya negara bagian di AS yang memiliki stasiun pengisian bahan bakar hidrogen yang tersebar dimana-mana. Sepanjang tahun 2021 silam, Hyundai Nexo tercatat laku sekitar 430 unit di negara tersebut. Artinya naik sekitar 107% di bandingkan tahun 2020 silam. Bahkan Hyundai pada tahun 2021 silam memberikan intensif untuk mobil ini dengan memberi diskon hingga 20.000 Dollar Amerika dan bunga 0% selama 72 bulan.

Hal tersebut membuat mobil ini bisa di jual dengan harga yang realtif masih cukup terjangkau untuk sebuah mobil berteknologi hidrogen. Hyundai Nexo versi Amerika Serikat bisa di jual seharga 29.885 Dollar Amerika atau setara Rp 429 jutaan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga