Last updated on 27 Januari, 2023
Penjualan Hino meningkat cukup signifikan, pasca berakhirnya pandemi Covid-19
Jakarta, Autos.id – Menutup tahun 2022, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) mencatat hasil gemilang, terbukti hasil penjualan Hino ke pasaran mencapai 29.880 unit. Jumlah penjualan tahun 2022 ini meningkat 51% jika dibanding hasil penjualan tahun sebelumnya yang tercatat sebanyak 19.793 unit.
Santiko Wardoyo, COO-Director HMSI menjelaskan, hasil penjualan positif di tahun 2022 ini tak lepas dari berakhirnya masa pandemi Covid-19 di tanah air.
“Pasar kendaraan komersial recovery dan tumbuh seperti ketika tahun 2019 sebelum Pandemi. Untuk itu kami pun cukup puas dengan raihan penjualan di 2022 yang naik tinggi. Hasil ini juga memantapkan posisi Hino sebagai market leader atau penguasa medium duty truck selama 23 tahun terakhir dengan raihan 59% market share,” imbuhnya.
Dapat dikatakan sebagai penguasa medium duty truck selama 23 tahu, karena penjualan Hino terus meningkat setiap tahunnya. Terlebih lagi untuk kategori medium duty truck melalui Hino500 Series yang sudah menjadi market leader selama 23 tahun ini memberikan sumbangsih penjualan sebanyak 16.411 unit.

Hino500 Series Ultimate Safety yang baru diluncurkan oleh PT HMSI
Penjualan medium duty truck ini naik 78% jika dibanding tahun sebelumnya yang membukukan 9.242 unit. Sedangkan untuk kategori truk ringan atau light duty truck, Hino Dutro berhasil mencapai penjualan sebanyak 13.122 unit atau meningkat 26% jika dibandingkan dengan penjualan tahun sebelumnya. Hal ini juga berdampak pada market share Hino Dutro yang meningkat dari 18.9% menjadi 20.3%.
Perolehan penjualan sebagai jawara medium duty truck ini bukan hanya dari unitnya saja, tetapi HMSI juga sudah mempersiapkan layanan after salesnya. Saat ini HMSI sudah memiliki 15 dealer yang buka setiap hari. Dan di tahun 2023 ini, HMSI juga menargetkan akan menambah 3 dealer baru yaitu di Bandung, Tasik dan Padang.
Dengan peningkatan penjualan di tahun 2022 ini, pada tahun 2023 ini, HMSI juga menargetkan penjualannya lebih banyak, yaitu sebanyak 38.500 unit yang terdiri dari Light Duty Hino300 Series yang ditargetkan penjualannya sebanyak 17.100 unit dan merebut market share sebesar 23%. Serta kategori medium truck Hino500 Series yang ditargetkan penjualannya sebesar 21.400 unit atau menguasai market share sebesar 65%.
“Target ini kami rasa realistis, karena kami juga baru meluncurkan truk terbarunya yang dipergunakan untuk pengangkutan Bahan Berbahaya Beracun (B3). Total ada 6 model Hino500 Series Ultimate Safety Model yaitu FG 260 JK ABS, SG 280 TH ABS, FL 260 JN ABS, FL 260 JW ABS, FM 280 JD ABS, dan FM 340TH ABS,” pungkas Santiko.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.