Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Toprak Razgatlioglu Kunci Gelar Juara Dunia World Superbike di Mandalika

Toprak Razgatlioglu Kunci Gelar Juara Dunia World Superbike di Mandalika

Balapan perdana World Superbike di Mandalika langsung menjadi saksi lahirnya juara dunia baru. Toprak Razgatlioglu menjadi juara dunia musim 2021.

Mandalika, Autos.id  – Pembalap tim Pata Yamaha asal Turki Toprak Razgatlioglu sukses mengunci gelar juara dunia World Superbike di Mandalika. Toprak Razgatlioglu sukses mengakhir dominasi pembalap Kawasaki asal Inggris, Jonathan Rea yang mendominasi ajang balap ini selama 6 tahun terakhir. Rea sendiri menyapu bersih 2 balapan yang berlansgung di Pertamina Mandalika International Street Circuit tersebut.

Raihan gelar juara dunia yang diraih oleh Razgatlioglu merupakan yang pertama didapatkan oleh pembalap asal Turki dikejuaran dunia motorsport.

Jalannya Balapan

Race pertama seri Mandalika sedianya dilaksanakan pada Sabtu (20/11/2021). Tetapi sesaat sebelum start hujan deras mengguyur sirkuit Mandalika dan membuat race pertama diundur ke hari Minggu paginya (22/11/2021). Pada hari Minggu pagi, cuaca dalam keadaan cerah dan membuat balapan bisa dilaksanakan.

Razgatlioglu yang start dari pole position mendapat perlawanan sengit dari pesaing terdekatnya, Jonathan Rea dan pembalap tim Aruba Ducati, Scott Reading. Ketiga pembalap ini saling berganti bertukar posisi dibarisan 3 besar lomba. Axel Bassani dari Motocorsa Ducati juga ikut meramaikan persaingan didepan sebelum akhirnya semakin tertinggal dari 3 pembalap didepan.

Pada 5 lap menjalang finish, Reading masih memipin jalannya balapan diikuti Razgatlioglu dan Rea. Dimana ketiga pembalap ini memiliki jarak yang cukup tipis. Rea sendiri harus memenangkan race pertama ini untuk tetap mempertahankan asanya meraih gelar juara dunia berhasil menyalip Razgatlioglu. Lalu didua lap tersisa ia berhasil mengambil alih pimpinan balapan.

Toprak-Razgatlıoğlu-Juara-Dunia-World-Superbike-2021

Rea sendiri berhasil memenangkan race pertama di Mandalika. Namun hasil tersebut tidak bisa membawanya mempertahankan gelar juara dunia. Razgatlioglu sukses menyalip Reading dilap terakhir dan memastikan pembalap Turki ini meraih gelar juara dunia pertamanya. Hasil ini membuat Razgatlioglu menjadi pembalap Turki pertama yang meraih gelar juara dunia World Superbike.

Beralih ke race dua, balapan yang sedianya digelar pada pukul 14.00 WITA juga sempat ditunda karena hujan deras yang tiba-tiba turun. Dan selang 2 jam kemudian, dimana hujan sudah berhentu balapan bisa dilaksanakan. Rea sendiri mendominasi jalannya balapan yang berlansgung dalam kondisi lintasan yang masih basah setelah hujan deras.

Toprak-Razgatlıoğlu-Juara-Dunia-World-Superbike-2021,-Raih-Gelar-di-Indonesia

Rea sukses mengalahkan Scott Reading yang harus puas menempati urutan kedua. Urutan ketiga sendiri direbut oleh pembalap BMW Motorrad asal Belanda yang memiliki keturunan Indonesia, Michael Van Der Mark. Juara dunia musim ini Toprak Razgatlioglu finish diurutan keempat. Hasil ini selain membawa juara dunia pembalap, Yamaha juga sukses meraih gelar juara konstruktor dan mengalahkan Kawasaki.

Hasil 10 Besar Race Pertama

  1. Jonathan Rea – Kawasaki (Inggris)
  2. Toprak Razgatlioglu – Yamaha (Turki)
  3. Scott Reading – Ducati (Inggris)
  4. Andrea Locatelli – Yamaha (Italia)
  5. Axel Bassani – Ducati (Italia)
  6. Michael Van Der Mark – BMW Motorrad (Belanda)
  7. Alvaro Bautista – Honda (Spanyol)
  8. Chaz Davies – Ducati (Inggris)
  9. Leandro Mercado – Honda (Argentina)
  10. Tom Sykes – BMW Motorrad (Inggris)

Hasil 10 Besar Race Kedua

  1. Jonathan Rea – Kawasaki (Inggris)
  2. Scott Reading – Ducati (Inggris)
  3. Michael Van Der Mark – BMW Motorrad (Belanda)
  4. Toprak Razgatlioglu – Yamaha (Turki)
  5. Tom Sykes – BMW Motorrad (Inggris)
  6. Faret Gerloff – Yamaha (Amerika Serikat)
  7. Kohta Nozane – Yamaha (Jepang)
  8. Andrea Locatelli – Yamaha 9Italia)
  9. Issac Vinales – Kawasaki (Spanyol)
  10. Alvaro Bautista – Honda (Spanyol)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Balap

Sirkuit Mandalika akan menjadi saksi siapa yang akan menjadi juara dunia World Superbike musim 2021 antara Toprak Razgatioglu dan juara bertahan 6 kali, Jonathan...

Balap

Autos.id  –   Indonesia dijadwalkan masuk kalender sebagai tuan rumah MotoGP 2021 di Sirkuit Mandalika Lombok. Diambil dalam tampilan render 3D Instagram MotoGP, lintasan terbaru...