Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Tertular Membuat Motor Listrik, Ducati Langsung Menggarap Motor Untuk Balapan MotoE

Ikut Membuat Motor Listrik, Ducati Langsung Menggarap Motor Untuk Balapan MotoE

Last updated on 24 Oktober, 2021

Ducati akan menggantikan posisi Energica Eco sebagai pemasok tunggal untuk balap motor listrik MotoE mulai 2023 mendatang.

Autos.id – Kendaraan elektrifikasi nampakanya sedang mengalami masa-masa yang cukup menjanjikan. Terbukti dengan banyaknya pabrikan, dari roda empat hingga roda yang memproduksi kendaraan listrik. Dan baru-baru ini, Ducati menyatakan bahwa mereka akan ikut dalam memproduksi motor listrik. Selain beremcana membuat motor listrik, rencananya Ducati akan menjadi pemasok tunggal untuk balapan motor MotoE mulai 2023 hingga 2026 mendatang.

Seperti yang diumumkan oleh Claudio Domenicali, CEO Ducati Motor Holding pada Kamis (21/10/2021) menyebutkan bahwa Ducati juga sudah mempelajari powertrain untuk motor elektrifikasi selama bertahun-tahun dimana sekarang waktu yang tepat untuk digunakan sebagai motor balap.

 

Ikut Membuat Motor Listrik, Ducati Langsung Menggarap Motor Untuk Balapan MotoE

“Kami sangat bangga dengan perjanjian ini, karena ini merupakan moemn bersejarah bagi kami dimana Ducati selalu akan fokus pada berbagai teknologi masa depan. Untuk itulah kami hadir untuk selalu menciptakan berbagai produk yang memiliki kinerja yang baik”, ujar Domenicali. Domenicali mengungkapkan bahwa kesempatan ini datang diwaktu yang tepat karena sebelumnya sudah mempelajari penggunaan powertrain listrik selama bertahun-tahun.

“Nantinya kami akan bekerja untuk memberikan kesempatan bagi setiap tim yang ikut berlomba diajang di FIM MotoE World Cup dan kami akan memperlihatkan kepada para tim bagaimana wujud serta motor powertrain listrik yang akan digunakan untuk balapan. Selain itu kami juga akan memperlihatkan sepeda motor listrik dengan bobot yang ringan dan bisa dimaksimalkan saat digunakan untuk ajang balap MotoE nanti”, tambah Domenicali.

 

Ikut Membuat Motor Listrik, Ducati Langsung Menggarap Motor Untuk Balapan MotoE

Spesifikasi Belum Diketahui

Meskipun Ducati sudah memastikan akan menjadi pemasok tunggal untuk ajang balap MotoE, mereka belum menyebutkan secara resmi bagaimana spesifikasi motor yang akan digunakan. Mulai dari powertrain, baterai, serta spesifikasi teknis dari motor yang akan digunakan. Tapi mereka juga menyebutkan yang pasti motor yang akan digunakan adalah motor dengan bobot ringan yang sudah menjadi ciri khas Ducati.

 

Menurut Domenicali, penggunaan bobot motor yang ringan merupakan salah satu elemen fundamental dari sebuah motor sport. Ia juga menyebutkan bahwa selain bobot yang ringan yang jadi ciri khas Ducati, dengan penambahan teknologi dan kimia baterai listrik yang sedang naik daun, membuat ia optimis bahwa motor Ducati yang akan digunakan untuk balapan MotoE akan bisa mencapai hasil yang baik serta memuaskan banyak pihak, termasuk dari para tim serta pembalap.

Ikut Membuat Motor Listrik, Ducati Langsung Menggarap Motor Untuk Balapan MotoE

Sejak kejuaran MotoE ini pertama kali digelar pada tahun 2019, Energica Eco menjadi pemasok tunggal untuk motor-motor yang berkompetisi diajang balap motor listrik ini. Hingga akhirnya Ducati akan mengambil alih sebagai pemasok tunggal untuk ajang balap ini pada tahun 2023 mendatang. Tapi untuk pengembangan motor listrik ini, Ducati belum berencana untuk membuat motor listrik untuk dijual ke public dan masih sebatas untuk kebutuhan MotoE. Meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa Ducati juga akan terjun untuk produksi masal motor listrik kedepannya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Balap

Last updated on 23 Januari, 2019Danilo Petrucci percaya tidak perlu “terburu-buru” untuk membuktikan bahwa dirinya layak untuk tetap di tim pabrik Ducati di luar...

Balap

Last updated on 21 Januari, 2019Ducati telah meluncurkan livery yang akan digunakan untuk MotoGP musim 2019, menampilkan branding ‘Mission Winnow’. Swiss, autos.id – Pabrikan...

Balap

Ducati memiliki “tiga kandidat yang baik” untuk bermitra dengan Andrea Dovizioso di tim kerja MotoGP pada tahun 2020, kata direktur olahraga Paolo Ciabatti. Italia,...

Balap

Valentino Rossi mengatakan Yamaha harus menyamai tingkat upaya yang dibuat Ducati dan Honda jika ingin menang lagi di MotoGP, dengan level staf “lebih dekat...