Balap

Suzuki Masih Targetkan Tim Satelit di MotoGP

Bos Suzuki MotoGP, Davide Brivio, menegaskan bahwa timnya masih ingin memiliki tim satelit di masa depan, meskipun tidak mau menandatangani satupun rekanan untuk 2019.

Jepang, autos.id Selama keterlibatannya di MotoGP antara tahun 2002 dan 2011, dan sejak 2015, Suzuki telah beroperasi tanpa tim satelit, hanya mencetak dua kemenangan dengan Chris Vermeulen di Le Mans pada 2007 dan Maverick Vinales dua tahun lalu di Silverstone.

Suzuki mengalami musim panas yang penuh tantangan di tahun 2017 tetapi jauh lebih baik tahun ini dan tim itu bahkan ingin menandatangani tim satelit dengan Marc VDS sebagai salah satu pesaing utama.

Tetapi pada akhirnya pabrikan memilih tidak memiliki tim satelit, dan Suzuki akan melanjutkan pada tahun 2019 dengan duo pembalap Alex Rins dan Joan Mir.

Brivio mengakui bahwa kendala keuangan Suzuki membuatnya sulit untuk memiliki tim satelit, tetapi hal semacam itu tetap menjadi “target”.

“Ini adalah diskusi berkelanjutan untuk kita di dalam perusahaan,” kata Brivio.

“Sebagai sebuah tim, kami benar-benar ingin memiliki tim satelit di sini untuk mendapatkan lebih banyak informasi dan mengembangkan motor dan segalanya lebih jauh.

“Tetapi bagi perusahaan itu adalah upaya besar karena bagaimanapun kami tidak memiliki begitu banyak sumber daya dan tidak begitu banyak orang seperti apa yang dimiliki para pesaing kami.

“Pokoknya kami terus berdiskusi dan saya berharap kami dapat melakukan sesuatu untuk 2020, bahkan jika terlihat seperti situasi dengan tim, mereka semua berkomitmen untuk 2020, jadi itu mungkin sulit.

“Tapi ini (tim satelit) adalah sesuatu yang ada dalam pikiran kita, diskusi kita dan merupakan target bagi Suzuki tetapi keputusan masih harus diambil.”

Baca Juga: Alex Rins Siap Hadapi Masalah Berulang di Suzuki

Dengan Tech 3 bergabung dengan KTM dan skuad SIC Petronas yang baru dibentuk untuk menjalankan motor Yamaha, Suzuki dan Aprilia adalah satu-satunya pabrikan yang hanya memiliki tim pabrikan.

Pimpinan Aprilia, Romano Albesiano, mengatakan bahwa memiliki tim satelit tidak ada dalam agenda saat ini, dan fokus tim adalah memanfaatkan tim uji coba yang baru dibentuk yang dipimpin oleh Bradley Smith.

“Untuk Aprilia bukan target utama, kami memutuskan untuk berinvestasi dalam tim pengujian, melakukan partisipasi wildcard di tingkat yang tepat.

“Hal ini, yang difokuskan pada dua pembalap pabrik ditambah satu pengendara uji coba tingkat tinggi, itu adalah cara terbaik untuk mengembangkan struktur yang tidak cukup besar seperti kita.”

Baca Juga: Aprilia Tak Butuh Tim Satelit ?

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top