Connect with us

Hi, what are you looking for?

Subaru

Subaru Gunakan Motor Listrik Yamaha Pada Mobil Balap Konsep STI E-RA

Subaru Memasang Motor Listrik Yamah Pada Mobil Balap Konsep STI E-RA

Subaru STI E-RA ini selain diklaim memiliki peforma luar biasa tetapi memberikan kesan ramah lingkungan yang baik dengan penggunaan motor listrik dari Yamaha.

Autos.id – Baru-baru ini, Subaru melalui divisi balapnya, Subaru Tecnica International atau STI merilis sebuah mobil balap konsep yang dinamakan STI E-RA Challenge Project. Rencananya mobil konsep yang bakal digunakan untuk balap ini akan memecahkan rekor disirkuit Nurbugring, Jerman. Yang menarik mobil konsep ini akan dipasangkan dengan motor listrik yang digarap langsung dari Yamaha.

Selain direncanakan sebagai mobil berperforma tinggi untuk balap, rencanan STI E-RA Challenge Project ini akan diikutsertakan dalam ajang Time Attack di Nurburgring.

Siap Memecahkan Rekor

Subaru STI E-RA Challenge Project sendiri memiliki tenaga yang bisa mencapai 1.000 HP lebih, lebih tepatnya 1.073 HP. Tujuan utama dari penggarapan mobil konsep oleh STI ini adalah memecahkan time attack Sirkuit Nurburgring. Dimana rekor saat ini mobil tercepat bisa melaju 1 putaran sirkuit Nurburgring adalah 400 detik dan rencana time attack untuk mobil ini akan dilaksanakan tahun depan.

 

Dalam rilis resmi mereka beberapa hari lalu, pihak Subaru Tecnica  International menyebutkan bahwa mereka telah memanfaatkan pengetahuan tentang kekuatan Subaru seputar “All Wheel Technology” agar bisa mengontrol mobil dengan output tenaga maksimalnya. Dengan teknologi vector torsi torsi 4-motor 4-roda eksklusif yang sedang digarap, STI yakin mobil ini bisa memecahkan rekor time attack di Nurburgring.

Dan untuk membantu mewujudkan itu semua, mereka membutuhkan kerjasama dengan Yamaha dalam pembuatan motor listriknya, yang rencananya STI E-RA ini akan mengusung motor listrik dengan tipe High-Tourque High-Revolution yang diklaim memiliki teknologi yang cukup tinggi.

STI juga menyebutkan bawha motor listrik yang dipadukan kedalam mobil ini akan memiliki sostem vector torsi yang unik. Dengan begitu teknologi yang menngtamakan keseimbangan hingga batas cengkaraman setiap roda dengan kontrol didalam mobil akan memberikan performa berkendara yang luar biasa. Selain itu juga ditopang dengan level grip maksimal yang membuat bodi mobil jadi lebih stabil lagi.

Kemudian dari sisi Yamaha, berdasarkan laman resminya, pabrikan dengan logo Garpu Tala ini menyebutnya sebagai “Emotional Electric Engines”,  dimana Yamaha sendiri memanfaatkan teknologi ini dengan hati dan rasa serta menjadi core Yamaha dalam pengembangan teknologi motor listrik untuk STI E-RA tersebut.

 

Lebih lanjut Yamaha menyebutkan bahwa teknologi pada motor listrik yang akan terpasang di Subaru STI E-RA ini mengadopsi konduktor segmen yang memiliki efisiensi serta ramah lingkungan yang luar biasa. Dalam proyek ini, unit motor listrik ini bisa menciptakan output tenaga yang tinggi tetapi dengan penggunaan komponen yang lebih ringkas serta ramah lingkungan.

Mobil konsep Subaru STI E-RA ini sendiri diperkenalkan pada diajang Tokyo Auto Salon 2022 yang berlangsung pada 14 hingga 16 Januari 2022 kemarin. Dimana dipameran tersebut mobil yang masih dalam tahap konsep dan pengembangan ini diperkenalkan pertama kali ke publik.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Motor

Yamaha Tenere 900 diklaim memiliki proporsi yang lebih besar dibandingkan Tenere 700. Autos.id – Saat Yamaha merekasyasa pembangkit listrik yang populer membuatnya tidak takut dalam...

Aksesoris

Akrapovic hadirkan knalpot slip-on baru untuk merek Yamaha MT-03, yang dikhususkan bagi mereka yang ingin menjaga sepeda motor dengan lebih banyak karakter melalui catatan...

Motor

Tahun ini, perusahaan Yamaha telah merilis skuter Fluo 125 2023 di Brasil yang dasar modelnya sama seperti FreeGo, komuter populer di Indonesia. Autos.id  –...

Motor

Yamaha resmi meluncurkan model MT-15 di India pada 2022 dengan teknologi terbaru yang menggabungkan integrasi HP bluetooth melalui aplikasi seluler Yamaha Y-Connect Autos.id  –...