Balap

Rossi Ingin Yamaha Tiru Usaha Ducati dan Honda

Meski MotoGP 2019 masih belum dimulai, namun sudah banyak yang memprediksi kalau Ducati dan Honda akan kembali bersaing ketat untuk menjadi juara dunia. Nama Yamaha seolah terlupakan dalam persaingan perburuan gelar juara karena tim ini dianggap sedang mengalami penurunan performa. Demi bisa kembali bersaing, Rossi pun ingin Yamaha untuk meniru usaha Ducati dan Honda.

Autos.id – Yamaha sudah mulai mengalami penurunan performa sejak pertengahan musim 2017. Karena sejak saat itu, Yamaha sama sekali tidak pernah memenangi balap. Yamaha baru berhasil memenangi balap lagi saat balapan di Australia pada 26 Oktober 2018 lalu.

Jika mengacu kepada hitungan kalender, maka Yamaha membutuhkan waktu selama 16 bulan untuk kembali meraih kemenangan. Tapi jika dihitung dari seri balapan, tim asal Jepang ini sudah melewati 25 balapan tanpa satupun kemenangan. Hal tersebut kini menjadi catatan terburuk yang dimiliki Yamaha dalam pentas MotoGP.

Merosotnya performa Yamaha tentu saja menjadi sorotan pembalapnya, Valentino Rossi. Menurut Rossi, penyebab tertinggalnya Yamaha dalam dua musim terakhir adalah karena tim ini tidak menginvestasikan jumlah sumber daya yang sama dalam hal jumlah personel di lapangan saat balapan.

Rossi ingin Yamaha dapat kembali menjadi pesaing kuat Ducati dan Honda

“Dalam beberapa waktu terakhir, terutama dalam satu setengah tahun terakhir, situasi teknis di MotoGP telah banyak berubah. Ducati adalah tim pertama yang mengambil langkah perubahan dengan jumlah orang dan mekanik yang bekerja. Honda pun mengikutinya dan saya telah membicarakan hal ini,” kata Valentino Rossi, yang dilansir dari laman Motorsport.

Masih menurut Valentino Rossi, untuk bisa memenangi balap, Yamaha harus berusaha dengan meningkatkan jumlah dan kualitas pendukung tim. Rossi dan Vinales punya pendapat berbeda seusai menjalani tes akhir pasca musim di Sirkuit Jerez.

Vinales menyatakan bahwa kecepatan motor M1 membuktikan kalau Yamaha sekarang cukup kuat untuk memperjuangkan gelar lagi. Adapun Rossi menilai bahwa motor tersebut tidak mengalami perbaikan yang dia butuhkan dan motor masih memiliki kelemahan serupa dari motor musim lalu.

“Kalau mereka membawa hal-hal baru untuk Vinales, saya akan senang karena saya bakal mencobanya juga. Kami punya pendapat sama dan kami hampir selalu sepakat tentang pengembangan motor. Jika Yamaha ingin membawa semua yang dia minta, bagi saya itu sangat bagus karena setidaknya mereka membawa sesuatu,” tutup Valentino Rossi.

Baca juga: Valentino Rossi Tidak Mau Ngotot Kejar Gelar Juara Dunia ke-10

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top