Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

MotoGP Akan Pensiunkan Nomor Balap Milik Nicky Hayden

Last updated on 29 Januari, 2019

MotoGP akan secara resmi pensiunkan nomor #69 milik Nicky Hayden dari penggunaan kompetisi sebagai penghargaan kepada juara dunia 2006 tersebut.

AS, autos.id Sebuah acara akan berlangsung di Grand Prix Amerika di Austin pada bulan April untuk menandai kesempatan tersebut.

Hayden meninggal dunia karena cedera kepala yang diderita dalam kecelakaan lalu lintas di tahun 2017.

Carmelo Ezpeleta yang merupakan CEO promotor MotoGP Dorna Sports, mengatakan: “Nicky Hayden adalah salah satu aset terbesar bagi paddock ini dan contoh yang fantastis sebagai pembalap baik di trek maupun di luarnya.

“Ini memberi saya kesenangan besar untuk menghormati warisannya sekali lagi dan memastikan #69 tetap identik dengan legenda dan seorang juara.”

Baca Juga: Dunlop Masukkan Nama Nicky Hayden ke “Legends Program”

Hayden menggunakan #69 sepanjang karir MotoGP-nya.

Dia tiba dengan beberapa karya tim Honda sebagai juara AMA American Superbike yang berkuasa pada tahun 2003, dan memenangkan gelar dalam pertarungan dramatis dengan Valentino Rossi di musim keempatnya.

Meskipun Hayden tidak memenangkan perlombaan MotoGP lain setelah tahun itu, ia tetap menjadi yang terdepan dengan Honda dan kemudian tim pabrik Ducati sampai pindah ke tim satelit Aspar pada tahun 2014.

Dia beralih ke World Superbikes, di mana dia menjadi pemenang lomba, untuk 2016 tetapi membuat dua penampilan MotoGP lebih lanjut berikut cedera berdiri akhir tahun itu.

Ayahnya, Earl, menyebut keputusan MotoGP untuk pensiunkan nomor Hayden adalah “suatu kehormatan besar” dan senang bahwa itu akan ditandai di Austin.

“Sangat tepat bahwa itu akan dilakukan pada balapan AS karena balapan ini sangat berarti bagi Nicky dan dia sangat menantikan mereka setiap tahun,” kata Earl Hayden.

“Bagi saya khususnya, ini akan menjadi acara yang sangat istimewa karena #69 adalah nomor saya ketika saya membalap dan saya sangat bangga melihat Nicky menjalankan #69 dengan motornya selama karirnya.

“Atas nama seluruh keluarga saya, saya ingin mengucapkan terima kasih khusus kepada Dorna karena telah menghormati Nicky dengan cara khusus ini bersama dengan banyak gerakan lain yang telah mereka lakukan untuk mendukung kami melalui masa-masa sulit.”

Nomor balap Hayden adalah yang keenam yang secara resmi pensiun dari penggunaan MotoGP.

Shoya Tomizawa #48, Marco Simoncelli #58 dan Daijiro Kato #74 ditarik setelah kematian mereka, sementara Kevin Schwantz #34 dan Loris Capirossi #65 pensiun karena penghargaan atas prestasi mereka.

Baca Juga: Marc Marquez Tanggapi Pergantian Nomor Balap Vinales

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Reviews

Perjalanan yang menempuh sekitar 600 km, cukup puas untuk menguji kecanggihan teknologi Honda Sensing yang tertanam di All New BR-V. Semarang, Autos.id  –  Selama...

Reviews

Kedua SUV tangguh dari Toyota ini melakukan penyegaran di berbagai segmen Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Kamis, 13/1) PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengawali tahun...

Komparasi

Dalam persaingan jenis MPV murah tentunya kembali menjadi perbincangan yang sangat menarik. Ada MPV yang baru saja diperkenalkan oleh Gaikindo Indonesia Internatioanl Auto Show...

Reviews

Jeep Compass terbaru hadir dengan perubahan besar pada fitur dan konten yang paling disukai oleh konsumen di Indonesia : “style, technology and functionality.” Jakarta,...