Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Miguel Oliveira Raih Kemenangan Impresif di Sirkuit Basah Mandalika

Drama hadir jelang GP Indonesia pertama di MotoGP setelah 25 tahun di mana Marc Marquez mengalami  kecelakaan keras saat pemanasan  yang membuatnya keluar dari balapan dan mengalami gegar otak.

Autos.id  –  Balapan MotoGP kemudian dipersingkat dari 27 putaran menjadi 20 putaran karena kekhawatiran akan keselamatan pengemudi setelah kondisi sirkuit basah sebelum hujan lebat menyebabkan penundaan satu jam dan 15 menit sebelum dimulai kembali. Dinyatakan sebagai balapan basah, seluruh lapangan memilih ban hujan kelas menengah dari Michelin untuk bagian depan dan belakang.

Pembalap di barisan pertama kali ini, Fabio Quartararo yang berasal dari Yamaha, diijuti dengan Oliveira menempati urutan kedua di depan Jack Miller dari Ducati dan Alex Rins dari Suzuki.

Para pembalap harus bertarung di Sirkuit Mandalika yang basah akibat diguyur hujan lebat

Laju Balapan

Miller pada awalnya langsung menyalip Quartararo saat melewati garis putaran kedua ketika pebalap Yamaha itu tampaknya membuat kesalahan saat keluar dari tikungan terakhir dimana di putaran selanjutnya Quartaro juga melakukan kesalahan yang sama dan akhirnya menjatuhkannya dari podium ke urutan kelima.

Oliveira juga dengan cepat menyalip Quartararo untuk akhrinya mengejar Miller, karena duo terdepan itu segera unggul satu detik dari kawanan di belakang. Kecepatan dari pembalap KTM tersebut terbukti tidak dapat disaingi oleh Miller dimana akhirnya dia menyerahkan posisi pertama ke Oliveira di Tikungan 12 pada lap lima. Oliveira lalu terus menjauh dan membuka keunggulan lebih dari empat detik dari Miller yang mulai menurun pada putaran penutupan.

Miller juga mendapat serangan dari Johann Zarco asal pramac, Rins dan Quartararo, meskipun kesalahan dari Rins menjauhkannya dari pertarungan podium. Quartararo memanfaatkan Zarco dan Miller yang sedang berseteru untuk mengungguli pebalap Pramac di Tikungan 1 pada lap 16. Di Tikungan 12, Quartararo mengungguli Miller untuk mengambil alih posisi kedua, dengan pebalap Yamaha itu memperkecil keunggulan Oliveira menjadi 2,8 detik saat mereka melaju ke putaran terakhir.

Miguel Oliveira pembalap KTM Red Bull

Tapi Oliveira mempertahankan keunggulannya di atas dua detik untuk mengklaim kemenangan keempatnya di MotoGP. Di sisi lain, hasil urutan kedua ini adalah hasil terbaik Quartararo dalam cuaca basah di kelas utama. Zarco dari Pramac menyelesaikan podium di depan rekan setim Miller, dengan Rins menyundul rekan setimnya di Suzuki , Joan Mir  yang naik dari posisi ke-17 di grid untuk menyelamatkan akhir pekannya yang sulit di Indonesia.

Franco Morbidelli berada di urutan ketujuh dimana Ia pembalap kedua dari pabrikan Yamaha. Diikuti juga Brad Binder yang menang dalam pertempuran liar untuk posisi kedelapan dengan KTM-nya. Binder mengalahkan Aleix Espargaro dari Aprilia dan saudaranya yang mengendarai RNF Racing Yamaha, Darryn Binder, sementara Enea Bastianini mempertahankan keunggulan tipis dua poin dalam kejuaraan setelah Ia menghadapi balapan yang alot di urutan ke-11 untuk tim Gresini.

Pol Espargaro hanya bisa menempati posisi ke-12 dimana Ia adalah satu satunya tim Repsol Honda yang tersisa, disamping  Alex Marquez (LCR Honda). Pebalap VR46 Ducati Luca Marini dan pebalap Ducati Francesco Bagnaia – yang beruntung tetap berada di atas motor setelah hampir menabrak di Tikungan 1 di awal melengkapi posisi balapan di urutan ke 14 dan 15.

Podium kemenangan MotoGP Mandalika 2022

Yang Kehilangan poin adalah Maverick Vinales dengan Aprilia-nya, Raul Fernandez dengan rookie Tech 3 , lalu Fabio Di Giannantono dari Gresini, Takaaki Nakagami dari LCR, Marco Bezzecchi (VR46) dan Remy Gardner dari Tech3. Dan Jorge Martin tersingkir di Tikungan 1 pada lap delapan ketika dia menabrak genangan air, sementara Andrea Dovizioso dari RNF terpaksa keluar karena masalah mekanis.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Balap

Sirkuit Mandalika yang basah akibat diguyur hujan lebat tanpa diikuti membuat seluruh pembalap berhati-hari saat balapan Autos.id  – Pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP, Fabio...

Balap

Selain menggelar balapan kelas MotoGP, Sirkuit Mandalika di Lomdok juga akan menggelar beberapa kelas balapan lainnya seperti kelas Moto2, Moto3, dan Idemitsu Asia Talent...