Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Menang di GP Qatar, Lewis Hamilton Pertipis Jarak Poin Dengan Max Verstappen

Lewis Hamilton Berhasil Memenangi Balapan Perdana GP Qatar

GP Qatar 2021 merupakan balapan pengganti untuk GP Australia yang batal akibat pandemi Covid-19. GP Qatar selanjutnya akan berlangsung ditahun 2023 karena tahun depan Qatar akan berfokus ke penyelenggaraan Piala Dunia.

Losail, Autos.id – Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton sukses memenangi balapan perdana GP Qatar. Pada balapan yang berlangsung di Losail International Circuit, ia tampil dominan dan berhasil memenangi balapan perdana disrkuit tersebut. Pesaing terdekatnya, Max Verstappen finish dirutan kedua dan membuat jarak poin diklasmen antara keduanya semakin tipis.

Sedangkan podium ketiga dihuni oleh juara dunia 2 kali, Fernando Alonso. Hasil ini merupakan podium pertama bagi pembalap Alpine setelah terakhir kali berada dipodium yaitu ditahun 2014.

 

Jalannya Balapan

Max Verstappen yang sedianya start diurutan kedua harus mendapat penalty turun 5 grid keposisi 7 setelah melanggar bendera kuning ganda disesi kualifikasi. Valterri Bottas juga harus menerima hukuman penalty turun 3 grid setelah melanggar bendera kuning tunggal disesi kualifikasi. Praktis pembalap Alpha Tauri, Pierre Gasly start diurutan kedua disamping Hamilton.

Lewis Hamilton Berhasil Memenangi Balapan Perdana GP Qatar

Selepas start, Lewis masih mempertahankan posisinya, Verstappen yang start diurutan 7 perlahan mulai merangsek kedepan. DIakhir lap 3, pembalap Red Bull ini berada diurutan ketiga dan mencoba menyalip Gasly yang berada didepannya. Bottas yang start dari urutan keenam justru melorot hingga keposisi 11 selepas start setelah melakukan start yang kurang bagus.

Verstappen sudah berada diurutan kedua pada lap kedelapan. Ia mencoba untuk mendekati Hamilton diposisi terdepan tetapi ia mengalami kesulitan dengan kecepatan mobil Red Bull yang kurang baik di Losail. Hamilton sendiri juga terus konsisten menjaga kecepatan mobilnya dan mempertahankan posisinya hingga finish.

Rekan setim Hamilton, Valterri Bottas mengalami insiden dilap ke 35 setelah ban depannya mengalami pecah ban dan membuatnya harus masuk pit dilap ke 35. Lalu dilap ke 48, akibat efek pecah ban yang mempengaruhi beberapa bagian dari mobilnya membuat Bottas tidak bisa melanjutkan balapannya. Insinden pecah ban juga dialami pembalap Williams, Nicholas Latifi dan membuatnya juga harus keluar dari balapan.

Fernando Alonso yang tampil konsisten juga sukses naik ke podium untuk pertama kalinya sejak tahun 2014 silam. Juara dunia 2 kali ini finish diurutan ketiga tepat dibelakang 2 pembalap yang sedang bersaing menjadi juara dunua, Lewis Hamilton yang menjadi pemenang dan Max Verstappen yang finish kedua. Hamilton sendiri menjadi pembalap pertama yang bisa meraih kemenangan di GP Qatar.

 

 

Lewis Hamilton Berhasil Memenangi Balapan Perdana GP Qatar

Dan juga dengan kemenangan ini membuat selisih poinnya dengan Verstappen kini hanya menyisakan 8 poin saja. Balapan selanjutnya akan berlansgung divenue baru, Sirkuit Jalan Raya di Jeddah, Arab Saudi pada 3 hingga 5 Desember mendatang. Setelah GP Arab Saudi, balapan akan dilanjutkan ke GP Abu Dhabi yang merupakan seri penutup sekaligus penentu siapa juara dunia musim ini.

Hasil Balapan GP Qatar

  1. Lewis Hamilton – Mercedes (Inggris)
  2. Max Verstappen – Red Bull (Belanda)
  3. Fernando Alonso – Alpine (Spanyol)
  4. Sergio Perez – Red Bull (Meksiko)
  5. Esteban Ocon – Alpine (Prancis)
  6. Lance Stroll – Aston Martin (Kanada)
  7. Carlos Sainz – Ferrari (Spanyol)
  8. Charles Leclerc – Ferrari (Monako)
  9. Lando Norris – Mclaren (Inggris)
  10. Sebastian Vettel – Aston Martin (Jerman)
  11. Pierre Gasly – Alpha Tauri (Prancis)
  12. Daniel Ricciardo – Mclaren (Australia)
  13. Yuki Tsunoda – Alpga Tauri (Jepang)
  14. Kimi Raikkonen – Alfa Romeo (Finlandia)
  15. Antonio Giovinazzi – Alfa Romeo (Italia)
  16. Mick Schumacher – Haas (Jerman)
  17. George Russell – Williams (Inggris)
  18. Nikita Mazepin – Haas (Rusia)
  19. Nicholas Latifi – Williams (Kanada) – gagal finish
  20. Valterri Bottas – Mercedes (Finlandia) – gagal finish

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Balap

Balapan GP Arab Saudi yang berlangsung untuk pertama kalinya tersebut diwarnai dengan 2 kali bendera merah serta drama antara Lewis Hamilton dan Max Verstappen...

Balap

Sirkuit jalan raya Jeddan yang juga dikenal dengan Jeddah Corniche Circuit ini akan menjadi seri penutup F1 musim 2021 ini. Ini juga GP Arab...

Balap

Balapan F1 musim 2021 akan berlanjut ke GP Qatar. Dimana ini merupakan 3 balapan terakhir menjelang akhir musim 2021. Setelah GP Qatar, akan berlanjut...

Balap

Pada balapan yang berlangsung Senin diri hari WIB, GP Sao Paolo ini menyuguhkan balapan yang meneganggkan dan sengit. Dimana Lewis Hamilton leuar sebagai pemenang...