Balap

Melangkah ke MotoGP, Joan Mir Tandatangani Pra-Kontrak Dengan Honda

Pembalap asal Spanyol, Joan Mir, dikabarkan telah menandatangani pra-kontrak dengan Honda untuk berkarir di motoGP.

Spanyol, autos.id Joan Mir telah menandatangani pra-kontrak dengan Honda yang akan mempromosikannya ke MotoGP melalui marque Jepang tersebut, seperti yang dikabarkan Motorsport.com.

Menjadi juara Moto3 dan kini menjadi pembalap Marc VDS di ajang Moto2 saat ini, dia akan menggantikan Dani Pedrosa bersama Marc Marquez dalam skuad pabrikan untuk 2019 jika Honda mengambil pilihan alternatif.

Honda mengumumkan kontrak dua tahun baru untuk Marquez sebelum awal musim, tetapi masih ragu untuk memperbarui kesepakatan dengan Pedrosa dan lebih memilih menunggu untuk melihat bagaimana pasar pembalap akan berkembang.

Pembalap Tech 3 Yamaha, Johann Zarco, pada satu tahap menjadi salah satu kandidat untuk menjadi rekan setim Marquez pada 2019 sebelum ia bergabung dengan KTM, meninggalkan Mir sebagai satu-satunya alternatif yang realistis untuk menggeser posisi Pedrosa.

Pihak tim Honda pun masih belum membuka negosiasi dengan Pedrosa untuk 2019, menunjukkan masih ada keraguan apakah akan mempertahankan mantan juara kelas 250cc tersebut atau mengambil spekulasi pada pembalap muda seperti Mir.

Di Le Mans akhir pekan lalu, pimpinan HRC Alberto Puig mengungkapkan bahwa keputusan akhir akan dibuat tidak lebih dari bGP Barcelona di pertengahan Juni.

Namun, pra-kontrak Honda dengan Mir akan berakhir bulan ini, setelah itu pria 20 tahun itu akan bebas untuk memulai pembicaraan dengan Suzuki dan Ducati, yang juga telah menyatakan minat padanya.

“Situasinya agak rumit, kami harus mengevaluasi beberapa rincian untuk memastikan siapa yang mendampingi Marquez musim depan, dan (Joan) Mir memiliki kesepakatan awal,” kata Alberto Puig.

Joan Mir

Pembalap muda Spanyol itupun diyakini sebagai pilihan kedua Suzuki untuk mendampingi Alex Rins yang baru-baru ini memperpanjang kontrak, dalam situasi Jorge Lorenzo tetap bersama Ducati.

Demikian juga, Ducati menilai bagaimana hal itu bisa mengarah pada Mir untuk 2019 jika Lorenzo memutuskan pergi, seperti yang telah dikabarkan oleh Danilo Petrucci.

Mir mencetak podium pertama Moto2 akhir pekan lalu di Le Mans, dan menyatakan sebelum musim ini bahwa pilihannya adalah pindah ke MotoGP sesegera mungkin.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top