Balap

Legenda MotoGP: “Jorge Lorenzo Tak Punya Alasan Kalah Dari Marc Marquez”

Jorge Lorenzo “tidak punya alasan” untuk kalah dari Marc Marquez di Honda MotoGP musim depan, menurut Mick Doohan.

Spanyol, autos.id Setelah dua musim pasang-surut bersama Ducati, Lorenzo yang merupakan juara dunia MotoGP tiga kali memutuskan beralih ke Honda mulai musim 2019, memulai awal yang menjanjikan dalam uji coba pasca musim di Valencia dan Jerez.

Dia menyelesaikan uji coba terakhir hanya 0,039 detik di belakang Marquez, dan meskipun Lorenzo tidak dapat berkomentar secara terbuka tentang kemajuannya di RC213V sampai tahun depan, Marquez melaporkan bahwa umpan balik awal dari pendatang baru itu mirip dengan yang dimilikinya.

Dalam wawancara untuk MotoGP.com, Doohan (juara lima kali kelas 500cc) mengatakan bahwa Lorenzo tidak akan punya tempat untuk bersembunyi jika dia lebih lambat dari Marquez, tetapi ini adalah sebagian situasi yang bisa meyakinkannya untuk bergerak.

Dia juga meramalkan bahwa Honda akan jauh lebih akomodatif terhadap kebutuhan Lorenzo daripada Ducati.

“Saya pikir Lorenzo berada dalam situasi yang rumit karena dia mendapat banyak tekanan, tetapi di sisi lain, itu bisa menjadi positif karena satu-satunya hal yang dapat dia lakukan adalah mengalahkan Marc dengan senjata yang sama.

“Ini seperti ketika Eddie Lawson pergi ke Honda dan mengatakan bahwa jika Wayne Gardner menggunakan motor yang sama, dia tidak akan berada pada levelnya. Dan Gardner tiba dan memenangkan kejuaraan (pada 1987).

“Saya cenderung berpikir ini adalah salah satu alasan mengapa Jorge telah mengambil tantangan untuk berpacu di sebelah Marc, untuk mengetahui apakah dia mampu menang melawannya. Jorge tidak akan memiliki alasan apapun karena dia akan memiliki sumber daya yang sama seperti Marc” – Mick Doohan.

Baca Juga: Jorge Lorenzo “Nyaris” Pensiun Sebelum Gabung ke Honda

“Masih harus dilihat bagaimana dia beradaptasi dengan metode kerja Honda, karena Marc sudah ada lebih lama dan tahu segalanya dengan sempurna. Namun, Jorge memiliki banyak pengalaman dan saya pikir dia akan terbiasa dengan cepat. Kami tidak akan mendengar lagi ‘Jika saya punya …’”

Doohan juga mengharapkan kehadiran Lorenzo – yang menggantikan Dani Pedrosa – di sisi lain garasi Repsol Honda bisa memacu Marquez untuk mencapai motivasi yang lebih tinggi.

“Yang jelas adalah kedatangan Lorenzo akan sangat memotivasi Marc,” tambah Doohan. “Tanpa titik karir saya, saya khawatir tentang siapa rekan setim saya, dan dengan Marc di situasinya sama.

“Jika Lorenzo lebih cepat darinya, tidak akan ada perbedaan antara itu atau Pedrosa, atau pembalap lain dengan motor yang berbeda.

“Pertumbuhan akan datang dari sisi Honda, yang akan mengandalkan dua pembalap hebat yang memiliki mental super kuat, dan mereka memiliki gaya berkendara yang sangat berbeda. Itu akan membuat mereka merancang dan membangun motor yang lebih kompetitif.

“Jorge akan membantu Honda untuk menaikkan motor ke tingkat lain dan akan mengungkapkan para pembalap yang mengeluh.”

Baca Juga: Honda Belum Bisa Pastikan Jangka Waktu Adaptasi Jorge Lorenzo

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top