Mitsubishi

Kupas Tuntas Mesin Mitsubishi Xpander AP4

Dengan gelar juara ini, Xpander AP4 membuktikan bukan hanya favorit sebagai mobil keluarga, tetapi juga mumpuni terjun di dunia balap

Banten, Autos.id  –  Mitsubishi Xpander AP4 kembali membuktikan kehebatannya di arena rally nasional dengan menjadi juara Fortuna Nusantara Tropical Sprint Rally 2021 yang berlangsung di Sirkuit Badak, Tanjung Lesung, Banten, akhir pekan lalu. Mitsubishi Xpander AP4 yang ditunggangi oleh pereli nasional, Rifat Sungkar membuktikan performanya seperti yang telah digembar gemborkan performanya saat peluncuran perdana Xpander AP4 tahun 2019 silam.

Rifat yang tergabung dalam Xpander Rally Team menggunakan basic mobil Xpander Cross. “Pada dasarnya memang itu Xpander Cross, dan memang ini totally race car, semuanya beda, tapi sasisnya tetap Xpander, karena regulasi menyuruhnya seperti itu,” ungkap Rifat beberapa waktu lalu.

Rifat Sungkar

Dapur pacu Xpander AP4 mengadopsi mesin 4B11 2.000 cc milik Lancer EVO X menggantikan mesin standar Xpander Cross MIVEC 4A91 1.500 yang diturunkan menjadi 1.600 cc  turbo. Dengan mesin ini mampu menyemburkan tenaga hingga  mampu memproduksi tenaga 340 hp dengan torsi 555 Nm. “Regulasi AP4 memperbolehkan sebuah kendaraan menggunakan engine series yang mereka punya, dijadikan 1.600 turbo atau 1.800 turbo,” katanya.

Semburan tenaga ini dikawinkan pada transmisi sequential 6-percepatan, yang disalurkan pada ke semua roda. Adapun guna mengatur profil tenaga maupun kelistrikan, Rifat mengandalkan Electronic Control Unit (ECU) lansiran Motec.

Untuk bobot, secara keseluruhan Xpander AP4 mengalami penurunan beban sebanyak 500 kg, yang kini hanya memiliki berat sekitar 1.350 kg. Ini dikarenakan tak ada lagi komponen kosmetika yang dibenamkan. Jangan heran bila tidak ada dashboard, door trim, jok tengah dan belakang, panel lainnya, sampai pencopotan sistem pendingin kabin. Sementara guna menunjang keselamatan, ada jok bucket seat besutan OMP, safety belt 6 titik, roll bar yang memanjang hingga belakang, dan pemadam elektronik.

Xpander AP4 ini secara keseluruhan dari bodinya sudah mencirikan mobil reli pada umumnya. Punya bodi melebar serta body kit supaya memiliki aerodinamika dan menghasilkan stabilitas yang baik. “Lebar totalnya 1.820 mm, lebih lebar 10 sampai 20 mm dari basis standar Xpander Cross,” papar Rifat.

Rifat Sungkar

Dengan keberhasilannya menjuarai juara Fortuna Nusantara Tropical Sprint Rally 2021, Naoya Nakamura, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI) menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya untuk Rifat Sungkar dan Xpander Rally Team. Ini kembali membuktikan beragam keunggulan Mitsubishi Xpander, yang tidak hanya dapat menjawab kebutuhan dan keinginan masyarakat Indonesia sebagai mobil keluarga favorit, namun juara di kompetisi motor sport,” pungkasnya.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top