Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Juara F1 Empat Kali, Sebastian Vettel, Akan Pensiun pada Akhir 2022

 

Pembalap Formula 1 Sebastian Vettel baru saja mengumumkan pengunduran dirinya dari olahraga yang membesarkan namanya ini setelah akhir musim 2022.

Autos.id  –  Untuk seorang pembalap F1, Vettel adalah sosok yang sangat tertutup. Pembalap berumur 35 tahun ini menjauhkan dirinya dan keluarganya jauh dari kerlap kamera dan selalu menghindari perhatian, bahkan ketika dia sibuk memenangkan kejuaraan berturut-turut saat Ia masih sangat muda di tahun 2010-2013. Jadi sangat mengejutkan ketika, dalam beberapa tahun terakhir, dia mulai menggunakan posisinya sebagai pembalap berprestasi di F1 sebagai platform untuk berbicara tentang perubahan iklim dan terlebih lagi ketika Ia memutuskan untuk membuka akun Instagram beberapa waktu lalu.

Kemarin (28 Juli 2022), Ia menggunakan platform Instagramnya untuk mengumumkan bahwa dia akan meninggalkan F1 untuk fokus pada keluarga dan isu lingkungan.

 

Dalam sebuah video yang Sebastian Vettel sebarkan di Instagram, pembalap tersebut berkata “Dengan ini saya mengumumkan pengunduran diri saya dari Formula 1 pada akhir musim 2022,” “Mungkin saya harus mulai dengan daftar panjang orang yang menerima terima kasih saya sekarang, tetapi saya merasa lebih penting untuk menjelaskan alasan di balik keputusan saya. Saya menyukai olahraga ini. Ini telah menjadi pusat hidup saya sejak saya bisa mengingatnya. ada kehidupan di trek ini, ada kehidupan saya di luar trek juga.”

Sebastian Vettel

Dia melanjutkan, “Menjadi pembalap tidak pernah menjadi satu-satunya identitas saya. Saya sangat percaya pada identitas dengan siapa kita dan bagaimana kita memperlakukan orang lain, daripada apa yang kita lakukan … Saya toleran dan merasa kita semua memiliki kesamaan. hak untuk hidup, tidak peduli seperti apa penampilan kita, dari mana kita berasal dan siapa yang kita cintai. Saya suka berada di luar dan mencintai alam dan keajaibannya. Di samping balap, saya telah menumbuhkan sebuah keluarga dan saya senang berada di sekitar mereka. Saya telah menumbuhkan minat lain di luar Formula 1.”

Fokus ke Isu Lingkungan

Dalam video, Sebastian Vettel mengucapkan alasan lain yang mendorong waktu pensiunnya, yaitu ancaman dari perubahan iklim. “Berbicara tentang masa depan, saya merasa kita hidup di masa yang sangat menentukan dan bagaimana kita semua membentuk tahun-tahun mendatang akan menentukan hidup kita”, kata Vettel. “Passion saya memiliki aspek-aspek tertentu yang telah saya putuskan untuks saya benci. Mereka mungkin diselesaikan di masa depan tetapi keinginan untuk menerapkan perubahan itu harus tumbuh jauh, jauh lebih kuat dan harus mengarah pada tindakan hari ini. Bicara saja tidak cukup dan kami tidak bisa menunggu. Tidak ada alternatif. Perjuangan ini sudah berjalan.”

Vettel dalam beberapa kesempatan menyebut dirinya sendiri munafik karena memprotes penambangan pasir minyak Kanada sambil mengenakan logo Aramco pada beberapa balapan yang lalu. Dia selalu mengakui bahwa ada ketidakselarasan antara menjadi pembalap F1 dan menjadi seorang aktivis lingkungan.

Vettel telah membalap di F1 sejak 2007. Dia hampir mencapai 300 grand prix pada saat dia pensiun setelah Abu Dhabi. Dalam 300 balapan tersebut, Sebastian Vettel memiliki karir yang panjang dan luar biasa sukses.  Dia berhasil memenangkan empat kejuaraan dunia dengan Red Bull selama 2010 hingga 2013 berurutan. Dia adalah juara dunia termuda F1 dan salah satu dari sedikit pembalap yang berhasil mendapatkan gelar di era turbo-hybrid. Dia juga adalah salah satu dari dua pembalap yang pernah memenangkan balapan untuk AlphaTauri (saat itu Toro Rosso).

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Mobil

Rencananya selain Red Bull, tim saudarnya yaitu Alpha Tauri juga akan menggunakan pasokan mesin dari Porsche sebagai bagian dari Sister Team dari tim Red...

Balap

Max Verstappen dari Tim Red Bull memenangkan Grand Prix Prancis untuk kedua kalinya berturut-turut. Meski begitu, kemenangan ini datang di bawah penderitaan yang dialami...

Balap

Last updated on 28 Juli, 2022 Sebelum tikungan pertama Grand Prix Inggris Formula 1, mobil Zhou Guanyu, pembalap tim Alfa Romeo terjepit, terbalik dan...

Balap

Menjelang akhir pekan dimana GP Inggris akan dimulai, FIA sekali lagi harus menyelesaikan masalah rasialisme. Namun, kali ini ucapan rasis tersebut tidak datang dari...