Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Jelang F1 GP Sao Paolo 2021: Sprint Qualifying Hadir Kembali

Balapan GP Sao Paolo ini adalah balapan terakhir dalam rangkaian 3 balapan F1 dibenua Amerika. Pada 3 seri terakhir selanjutnya akan berlangsung di Timur Tengah, yaitu GP Qatar, GP Arab Saudi, dan GP Abu Dhabi.

Sao Paolo, Autos.id – F1 musim 2021 sudah memasuki seri ke 19 untuk musim balapan 2021 ini. Diseri ke 19 ini balapan akan berlangsung di Sirkuit Interlagos, Sao Paolo Brazil. Yang membedakan dengan tahun-tahun sebelumnya, nama balapan kali ini bukan menggunakan nama GP Brazil, melainkan GP Sao Paolo. Persaingan untuk meraih gelar juara dunia juga semakin keta tantara Max Verstappen dan Lewis Hamilton.

Setelah balapan terakhir di GP Meksiko minggu lalu, Verstappen memperlebar jaraknya dari Lewis Hamilton dengan selisih 19 poin. Sedangkan diklasmen konstruktor, persaingan juga tidak kalah sengitnya karena Mercedes sekarang hanya unggul 1 poin atas Red Bull.

Kembalinya Sprint Qualifying

Balapan GP Sao Paolo ini akan mendandai kembali hadirnya format Sprint Qualifying. Sprint Qualifying sendiri merupakan balapan singkat selama 30 menit untuk menentukan posisi start pada balapan utama yang berlangsung dihari Minggu. Sedangkan posisi start untuk Sprint Qualifying sendiri akan berdasarkan hasil kualifikasi yang akan dilangsungkan pada Jumat Sore waktu setempat atau Sabtu dini hari WIB.

Jelang F1 GP Sao Paolo 2021: Sprint Qualifying Hadir Kembali

 

Format Sprint Qualfying ini sudah dicoba sebelumnya di GP Inggris serta GP Italia. GP Sao Paolo ini merupakan balapan ketiga dimana format Sprint Qualifying ini akan digunakan sebagai persiapan format balapan terbaru yang rencana mulai akan diterapkan ditahun 2022 mendatang. Pada balapan Sprint Qualifying sendiri, pembalap tidak melakukan pit stop serta poin hanya diberikan kepada posisi 3 besar. Dimana pemenang akan mendapat 3 poin, juara 2 dengan 2 poin, serta juara 3 dengan 1 poin.

Pada 2 balapan yang terdapat format Sprint Qualifying sendiri, menghasilkan drama yang cukup menegangkan antara Lewis Hamilton dan Max Verstappen pada balapan utama dihari Minggunya. Di GP Inggris, Hamilton menabrak Verstappen yang membuat pembalap Belanda tersebut gagal finish sedangkan Hamilton memenangkan GP Inggris. DI GP Italia, kedua pembalap ini saling bersenggolan yang menyebabkan kedua pembalap tersebut gagal finish.

 

GP Sao Paolo ini merupakan balapan keempat terakhir untuk musim 2021 ini, Dimana tiga balapan selanjutnya semuanya akan berlangsung dikawasan Timur Tengah. Dan akan sangat menarik untuk disimak persaingan antara Hamilton dan Verstappen, serta persaingan antara Mercedes dan Red Bull diklasmen konstruktor. Tidak ketinggalan persaingan memperubutkan posisi ketiga konstruktor antara Ferrari dan Mclaren dimana Ferrari berhasil mengambil alih posisi ketiga klasmen konstruktor.

Jadwal F1 GP Sao Paolo (Semua Dalam Waktu WIB)

Jumat (12/11/2021)

  • Free Practice 1: 22.30 – 23.30 WIB

Sabtu (13/11/2021)

  • Qualifying: 02.00 – 03.00 WIB
  • Free Practice 2: 22.00 – 23.00 WIB

Minggu (14/11/2021)

  • Sprint Qualifying: 02.30 – 03.00 WIB

Senin (15/11/2021)

  • Race: 00.00 – 02.00 WIB

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Balap

Balapan terakhir musim 2021 di GP Abu Dhabi yang penuh dengan drama akhirnya dimenangkan oleh Max Verstappen setelah melalui pertarungan yang ketat dengan Lewis...

Balap

GP Abu Dhabi menjadi seri pamungkas dari panasnya persaingan antara Max Verstappen dan Lewis Hamilton selama musim 2021 ini. Abu Dhabi, Autos.id – F1...

Balap

Balapan GP Arab Saudi yang berlangsung untuk pertama kalinya tersebut diwarnai dengan 2 kali bendera merah serta drama antara Lewis Hamilton dan Max Verstappen...

Balap

Sirkuit jalan raya Jeddan yang juga dikenal dengan Jeddah Corniche Circuit ini akan menjadi seri penutup F1 musim 2021 ini. Ini juga GP Arab...