Balap

Ini Dia Xpander Balap Racikan Rifat Sungkar, Apa Kehebatannya?

Berawal dari hanya sekedar konsep yang dipamerkan di IIMS 2019 lalu, Mitsubishi Xpander balap kini sudah siap diterjunkan di arena balap AP4

Tangerang, Autos.id  –  Pereli Indonesia Rifat Sungkar akhirya berhasil mewujudkan mobil keluarga Mitsubishi Xpander yang disulapnya menjadi tampilan balap yang siap diterjunkan di arena balap AP4. Model ini merupakan inovasi terbaru dalam dunia reli yang ada di kawasan Asia Pasifik.

Rifat Sungkar juga bekerjasama dengan PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) secara resmi meluncurkan tim balap reli yang diberi nama XPANDER Rally Team (XRT) pada pameran otomotif GIIAS 2019 yang digelar di ICE BSD, Tangerang, baru-baru ini.

Menurut Rifat, keistimewaan dari balapan AP4 yaitu memperbolehkan jenis kendaraan terbaru yang juga digunakan dalam kebutuhan sehar-hari untuk dimodifikasi sesuai regulasi FIA sehingga kompetisi reli dunia saat ini menjadi lebih modern dibandingkan generasi sebelumnya.

Pergeseran tren

“Trennya sudah bergeser dari yang sebelumnya menggunakan mobil keluaran pabrik 2000 cc turbo 4WD, saat ini menjadi mesin baru 1600 cc dengan teknologi yang lebih canggih, suspensi advance, travel suspensi yang 2 kali lipat lebih panjang, serta keuntungan teknologi aerodinamika yang diaplikasikan,” imbuhnya.

Pereli nasional ini juga melihat kelebihan sasis dari Xpander yaitu Rifat mengadopsi konstruksi dari Mitsubishi Lancer Evo X yang menjamin handling mobil ini akan sangat baik ketika digunakan. Handling yang baik ini bukan tanpa alasan, karena XPANDER AP4 memiliki cross weight yang hampir setara di bagian depan dengan belakang.

“Cross weight yang hampir setara akan membuat titik berat XPANDER menjadi sempurna. Ini adalah salah satu ramuan utama dari sebuah mobil kompetisi, khususnya reli,” tukas Rifat. 

Dengan peresmian Xpander Rally Team, MMKSI bersama Rifat memiliki misi untuk mengembalikan kejayaan reli Indonesia dengan menghadirkan generasi mobil terbaru yang menggunakan teknologi tercanggih. Rifat akan didampingi oleh navigator M. Redwan yang memang dikenal sebagai mitra kepercayaan Rifat di balik kemudi.

Selain itu, XPANDER Rally Team diharapkan juga bisa menjadi ajang pembuktian bahwa Mitsubishi XPANDER bukan sekadar mobil keluarga biasa, melainkan bisa menjadi mobil yang atraktif untuk digunakan dalam setiap situasi dan kondisi.

Spesifikasi XPANDER AP4

Engine                 Mitsubishi 4B11 destroked and sleeved (1600cc)

Horse Power       350 HP

Torque                 410 ft/lbs

Wheels                15 x 7 Speedline

Tire                      Dellium RG4

Weight Distribution  55/45

Sementara itu, Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI menjelaskan, Xpander AP4 mengombinasikan performa di atas kenyamanan untuk memacu adrenalin. “Tidak hanya itu, keikutsertaan Xpander dalam ajang AP4 menjadi bukti bahwa kendaraan penumpang Mitsubishi Motors dibuat sesuai dengan tujuan utamanya untuk memdukung keinginan dan ambisi penggunanya,” pungkas Nakamura.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top