Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Debut Perdana di MotoGP 2022, Pembalap Gresini Racing Rebut Podium Pertama

Enea Bastianini Keluar Sebegai Pemenang Seri MotoGP Qatar 2022
Start MotoGP Qatar 2022

Kemenangan Enea Bastianini pada GP Qatar 2022 ini membuat pembalap binaan VR46 Rider Academy tersebut meriah kemenangan perdananya dikelas premier tersebut.

Autos.id – Seri perdana MotoGP musim 2022 di GP Qatar telah dilangsungkan pada Minggu malam (6/1/2022) waktu setempat di Lusail International Circuit. Pada balapan perdana dari total 21 balapan untuk musim 2022, pembalap tim Gresini Racing, Enea Bastianini yang berada dibawah motor Ducati keluar sebagai pemenang. Pembalap asal Italia ini berhasil mengalahkan Brad Binder (Red Bull KTM) dan Pol Espargararo (Repsol Honda) yang melengkapi podium.

Alex Espargaro (Aprilia Racing) dan Marc Mmarquez (Repsol Honda) melengkapi posisi 5 besar. Sedangkan nasib sial menimpa Jorge Martin (Pramac Racing) dan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) yang saling bersenggolan dan gagal finish.

MotoGP 2022 Akan Dimulai Pekan Ini: Persaingan Kembali Dimulai

Lineup Pembalap MotoGP Musim 2022

Jalannya Balapan

Jorge Martin yang start dari posisi terdepan langsung kehilangan posisinya setelah disalip Marc Marquez ditikungan pertama. Enea Bastianini yang start dari posisi kedua juga berhasil menyalip Jorge Martin. Setelah itu Pol Espargaro mulai menyalip Bastianini, Martin, serta Marquez untuk mengambil alih pimpinan balapan.

Pembalap Red Bull KTM, Brad Binder juga ikut meramaikan barisan depan. Jorge Martin sendiri mulai melorot diposisi 7 pada lap pertama lomba berakhir. Juara dunia musim lalu, Fabio Quartararo yang start dari posisi 11 mulai menunjukan perbaikan posisi. Lap kedua berakhir, Pol Espargaro menyalip Marquez dan mengambil alih pimpinan balapan dari rekan setimnya tersebut.

Memasuki lap keempat balapan sendiri berlangsung cukup ketat. Pol Espargaro masih memimpin balapan diikuti Marquez, Binder, serta Joan Mir (Suzuku Ecstar) yang menyalip Bastianini. Memasuki lap kelima, Marquez terpaksa melebar dan membuat Brad Binder berhasil mengambil alih posisi kedua balapan.

MotoGP 2022 Akan Dimulai Pekan Ini: Persaingan Kembali Dimulai

MotoGP Valencia 2021

Memasuki lap 8, Marco Bezzecchi menjadi pembalap pertama yang harus terjatuh ditkungan 16 dan gagal melanjutkan balapan. Dilap 9, performa Marquez semakin menurun sehingga ia disalip oleh Bastianini. Dilap yang sama, pembalap Ducati Lenovo, Jack Miller mengalami masalah pada motornya dan membuat pembalap Australia tersebut juga harus gagal melanjutkan balapan.

Beberapa lap setelahnya, Alex Marquez (LCR Honda) dan Miguel Oliveira (Red Bull KTM) terjatuh ditikungan yang berbeda. Insiden lainnya melibatkan peraih pole sitter, Jorge Martin yang ditabrak oleh runner up musim lalu Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) yang membuat kedua pembalap tersebut juga harus keluar dari balapan.

Memasuki lap 17, Enea Bastianini mulai memangkas jaraknya dengan Pol Espargaro. 1 lap setelahnya, akhirnya Bastianini mengambil alih jalannya balapan setelah Pol Espargaro melebar ditukngan pertama. Setelah itu Pol juga harus turun keposisi 3 setelah disalip Binder. Setelah itu Marquez juga harus turun keposisi 5 setelah disalip Aleix Eespargaro didua lap tersisa.

Hingga akhir balapan, Enea Bastianini berhasil keluar sebagai pemenang disusul Brad Binder dan Pol Espargaro yang melengkapi posisi podium. Aleix Espargaro dan Marc Marquez melengkapi posisi 5 besar. Sedangkan juara bertahan musim lalu, Fabio Quartararo tidak bisa berbuat banyak dan harus puas finish diposisi 9.

Enea Bastianini Keluar Sebegai Pemenang Seri MotoGP Qatar 2022

Peraih Podium MotoGP Qatar 2022

Kemenangan Enea Bastianini pada gelaran GP Qatar ini merupakan kemenangan pertama pembalap Italia tersebut dikelas MotoGP. Balapan selanjutnya dari musim MotoGP 2022 akan digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada gelaran GP Indonesia.

Hasil Balapan MotoGP Qatar 2022

  1. Enea Bastianini (Italia) – Gresini Ducati
  2. Brad Binder (Afrika Selatan) – Red Bull KTM
  3. Pol Espargaro (Spanyol) – Repsol Honda
  4. Aleix Espargaro (Spanyol) – Aprlia Racing
  5. Marc Marquez (Spanyol) – Repsol Honda
  6. Joan Mir (Spanyol) – Suzuki Ecstar
  7. Alex Rins (Spanyol) – Suzuki Ecstar
  8. Johann Zarco (Prancis) – Pramac Ducati
  9. Fabio Quartararo (Prancis) – Monster Energy Yamaha
  10. Takaaki Nakagami (Jepang) – LCR Honda
  11. Franco Morbidelli (Italia) – Monster Energy Yamaha
  12. Maverick Vinales (Spanyol0 – Aprilia Racing
  13. Luca Marini (Italia) – VR46 Racing Team Ducati
  14. Andrea Dovizioso (Italia) – RNF Yamaha
  15. Remy Gardner (Australia) – Tech3 KTM
  16. Darryn Binder (Afrika Selatan) – RNF Yamaha
  17. Fabio Di Giannantonio (Italia) – Gresini Ducati
  18. Raul Fernandez (Spanyol) – Tech3 KTM

Gagal Finish

  • Alex Marquez (Spanyol) – LCR Honda
  • Francesco Bagnaia (Italia) – Ducati Lenovo
  • Miguel Oliveira (Portugal) – Red Bull KTM
  • Marco Bezzecchi (Italia) – VR46 Racing Team Ducati
  • Jorge Martin (Spanyol) – Pramac Ducati
  • Jack Miller (Australia) – Ducati Lenovo

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Balap

Tim Aprilia Racing kembali memimpin dalam Klasemen Kejuaraan Tim MotoGP Belanda, Autos.id  –  Hari yang cerah bagi Aprilia Racing di Assen selama putaran kesebelas...

Balap

Dengan raihan podium keempat secara berturut-turut, memperkuat posisi Aleix Espargaro dari Tim Aprilia di posisi kedua urutan kejuaraan Autos.id – Hari ujian di Sirkuit...

Balap

Balapan MotoGP italia akhir pekan ini akan berlangsung di Sirkuit Mugello yang terkenal merupakan salah satu balapan kandang dari legenda MotoGP, Valentino Rossi. Autos.id ...

Balap

Last updated on 17 Mei, 2022 Federal Oil memberikan pujian kepada Enea Bastianini yang meraih Podium 1 di GP Prancis Jakarta, Autos.id  –  Pembalap...