Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Dani Pedrosa Umumkan Pensiun Dari Ajang MotoGP

Dani Pedrosa usai balapan

Last updated on 22 Maret, 2022

Setelah musim 2018 dan kontraknya dengan Honda berakhir, Dani Pedrosa bakal pensiun dari balapan MotoGP

Spanyol, Autos.id – Pembalap Honda MotoGP, Dani Pedrosa, telah mengumumkan ia akan pensiun dari dunia balap motorsport yang telah membesarkan namanya pada akhir 2018.

Pedrosa, yang akan berusia 33 tahun pada bulan September, menjadi berita hangat dalam konferensi pers menjelang Grand Prix Jerman akhir pekan ini di Sachsenring.

Pembalap Catalan itu telah menjadi bagian dari Repsol Honda sejak tahun 2006, tetapi tidak memiliki tim untuk tahun depan ketika Honda menandatangani Jorge Lorenzo sebagai penggantinya mulai 2019.

Sementara tidak ada opsi pabrik yang tersisa pada saat itu, hal itu membuat nama Pedrosa jadi target tertinggi untuk tim operasi satelit baru Yamaha, SIC Racing Team Sirkuit Sepang.

Namun, Pedrosa kini menegaskan bahwa ia akan mengakhiri tugasnya di MotoGP setelah berkompetisi dengan Honda sejak debutnya di dunia balap grand prix pada tahun 2001.

“Ini (pensiun) adalah keputusan yang sudah lama saya pikirkan, ini keputusan yang sangat sulit karena ini adalah olahraga yang saya sukai,” – Dani Pedrosa.

Dani Pedrosa

Baca juga: Valentino Rossi: “Pedrosa Seharusnya Dapat Gelar MotoGP”

“Tapi meskipun memiliki peluang bagus untuk terus berlomba, saya merasa seperti saya tidak hidup dengan intensitas seperti sebelumnya dan saya sekarang memiliki prioritas yang berbeda dalam hidup saya.”

Pedrosa memenangkan gelar 125cc pada tahun 2003 dan gelar beruntun kelas 250cc dalam dua musim berikutnya. Ia telah menjadi pembalap yang konsisten di MotoGP meskipun sering cedera, beberapa di antaranya sempat mengancam karirnya berakhir lebih awal.

Dia sejauh ini mengumpulkan 31 kemenangan dan 112 podium di kelas utama, tetapi kehilangan gelar MotoGP dan menyelesaikan posisi runner-up pada tiga kesempatan.

Peluang terbaru untuk memenangkan gelar juara datang pada 2013, tetapi ia kehilangan keunggulan kejuaraan setelah mengalami patah tulang selangka di balapan Jerman dan berakhir di posisi ketiga secara keseluruhan, dimana Marc Marquez meraih gelar juara.

Musim ini telah menandai awal terburuk Pedrosa untuk menjalani musim MotoGP. Setelah delapan balapan, ia terdampak di posisi ke-12 klasemen dan belum mencetak podium.

Sementara ia tampaknya akan meninggalkan olahraga ini tanpa gelar kelas utama. Pedrosa telah membantu Honda meraih tujuh kejuaraan pabrikan MotoGP dan telah berkontribusi terhadap enam tim untuk pabrikan yang didukung Repsol.

“Saya ingin mengungkapkan betapa beruntungnya saya merasa memiliki pengalaman ini, kesempatan ini dalam hidup saya,” lanjut Pedrosa. “Ini adalah hal luar biasa untuk bisa berlomba bersama tim yang begitu penting dan di depan semua penggemar.

“Saya dapat mengatakan bahwa saya mencapai lebih dari yang saya harapkan dan saya sangat bangga dengan semua yang telah saya lakukan dalam olahraga ini.”

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Balap

Menjelang GP Inggris, Andrea Dovizioso akan pensiun dari MotoGP setelah mengikuti Grand Prix San Marino bulan depan. Autos.id  –  Pemenang  Grand Prix 24 kali, Juara...

Daftar Harga Mobil

Mobil Honda masih menjadi salah satu dambaan masyarakat Indonesia. Jakarta, Autos.id  –  Bahkan, di bulan lalu, laporan menunjukkan bahwa penjualan mobil Honda mencapai kenaikan...

Komparasi

Last updated on 4 Agustus, 2022 Honda ADV 160 yang masih baru diluncurkan akan menjadi pesaing langsung Yamaha Aerox 155. Autos.id – Honda ADV...

Motor

Honda CBR150R Repsol Edition baru telah resmi diluncurkan di Malaysia dengan harga $3,024 atau kisaran Rp 45,5 juta. Autos.id – Tentunya seluruh Asia diharapkan bisa...