Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Bagnaia Juara di Seri Terakhir MotoGP Valencia, Rossi Finish Ke 10

Bagnaia Memenangi GP Valencia, Rossi Finish Ke 10 Dibalapan Terakhirnya

Setelah perjalanan 25 tahun karirnya didunia balap, Valentino Rossi resmi pensiun dari ajang MotoGP. Pada balapan terakhirnya di GP Valencia 2021, ia berhasil finish diurutan 10.

Valencia, Autos.id – Pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia sukses memenangkan balapan penutup MotoGP musim 2021 di GP Valencia. Pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol tersebut, pembalap Italia itu berhasil mengalahkan pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin, dan rekan setim Bagnaia, Jack Miller. Valentino Rossi yang menjalani balapan terakhirnya sebagai pembalap MotoGP finish diurutan ke 10.

Podium yang diarih oleh Bagnaia, Martin, serta Miller membuat Ducati meraih sapu bersih podium dimana semua podium diisi oleh motor dari pabrikan Italia tersebut. Hasil tersebut sekaligus membuat Ducati Lenovo menjadi juara dunia tim untuk MotoGP 2021.

Jalannya Balapan

Jorge Martin yang start dari posisi terdepan berhasil mempertahankan posisinya. Ia diikuti oleh Jack Miller dan Joan Mir yang menenmpati urutan kedua dan ketiga diawal lomba. Valentino Rossi yang start diurutan ke 10 naik 1 posisi ke urutan 9 pada balapan terakhirnya. Bagnaia yang start dari urutan kedua sempat melorot keposisi 4 pada awal lomba.

Podium MotoGP Valencia 2021

Memasuki lap ke 5, Martin masih konsisten memimpin jalannya. Hal yang menarik justru persaingan ketat terjadi memperubutkan posisi kedua. Jack Miller, Joan Mir, serta Francesco Bagnaia saling bergantian mengisi posisi kedua. Hingga akhirnya Bagnaia berhasil merebut kembali posisi 2 dan mulai mendekat ke Jorge Martin yang ada didepannya.

Valentino Rossi sendiri kembali turun ke 10 setelah disalip oleh Johann Zarco. Rossi sendiri juga terus berusaha untuk mencoba naik keposisi depan sebagai hadiah perpisahannya dengan ajang MotoGP. Memasuki lap ke 17, nasib sial dialami pembalap Suzuki, Alex Rins. Pembalap Spanyol tersebut terjatuh ditikungan keenam dan membuat dirinya tidak bisa meneruskan balapan.

Kembali kebarisan terdepan, Bagnaia semakin mendekat ke Matin dimana balapan menyisakan 12 lap tersisa. Ia terus mencoba untuk menipiskan selishnya dengan Martin dan berusaha untuk menyalip pembalap Pramac Racing tersebut. Beberapa lap kemudian, Bagnaia sukses menyalip Martin dan mengambil alih pimpinan balapan. Dan ia pun mulai menjauh dari Martin dan mempertahankan posisinya hingga finish.

 

Hingga balapan berakhir, Bagnaia berhasil keluar sebegai pemenang GP Valencia 2021. Disusul Martin dan Jack Miller yang membuat pabrikan Ducati menyapu bersih podium GP Valencia 2021. Hasil ini membuat Ducati akhirnya bisa menyapu bersih isi podium dan juga merupakan kali pertama Ducati menyapu bersih podium MotoGP.

Valentino Rossi sendiri finish diurutan ke 10 dan resmi mengakhiri karirnya sebagai pembalap MotoGP. Meskipun gagal untuk meraih podium ke 200, raihan ini tetap memberikan arti yang bermakna bagi pembalap berjuluk “The Doctor” ini setelah melalui musim yang sangat sulit ditengah usianya yang sudah tidak muda lagi. Dan penampilan para pembalap muda yang mulai menunjukan bagaimana wajah MotoGP dalam beberapa tahun kedepan.

Bagnaia Memenangi GP Valencia, Rossi Finish Ke 10 Dibalapan Terakhirnya

Valentino Rossi memberikan salam perpisahan kepada penggemarnya

Hasil Balapan

  1. Francesco Bagnaia – Ducati Lenovo (Italia)
  2. Jorge Martin – Pramac Ducati (Spanyol)
  3. Jack Miller – Ducati Lenovo (Australia)
  4. Joan Mir – Suzuki (Spanyol)
  5. Fabio Quartararo – Monster Energy Yamaha (Prancis)
  6. Johann Zarco – Pramac Ducati (Prancis)
  7. Brad Binder – Red Bull KTM (Afrika Selatan)
  8. Enea Bastianini – Avintia Ducati (Italia)
  9. Aleix Espargaro – Aprilia Gresini (Spanyol)
  10. Valentino Rossi – Petronas Yamaha (Italia)
  11. Franco Morbidelli – Monster Energy Yamaha (Italia)
  12. Andrea Dovizioso – Petronas Yamaha (Italia)
  13. Alex Marquez – LCR Honda (Spanyol)
  14. Miguel Oliveira – Red Bull KTM (Portugal)
  15. Iker Lecuona – Tech 3 KTM (Spanyol)
  16. Maverick Vinales – Aprilia Gresini (Spanyol)
  17. Luca Marini – Avintia Ducati (Spanyol)
  18. Danilo Petrucci – Tech 3 KTM (Italia)
  19. Alex Rins – Suzuki (Spanyol) – gagal finish
  20. Takaaki Nakagami – LCR Honda (Jepang) – gagal finish

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Otomotif

BMW M Award merupakan penghargaan tahunan kerjasama BMW M dengan MotoGP sebagai apresiasi pembalap dengan raihan terbaik selama sesi kualifikasi setiap tahunnya. Penghargaan BMW...

Balap

MotoGP Valencia 2021 merupakan seri terakhir untuk musim 2021 ini. Valencia, Autos.id – Pembalap tim Pramac Racing, Jorege Martin berhasil meraih Pole Position untuk...

Balap

MotoGP Valencia merupakan seri pamungkas dari kejuaraan dunia MotoGP setiap tahunnya. Pada balapan GP Valencia tahun ini akan menjadi balapan terakhir bagi sang legenda...

Balap

Last updated on 11 November, 2021 Balapan GP Emila Romangna sendiri merupakan seri 16 dari rencana 18 seri untuk gelaran MotoGP tahun 2021 ini....