Balap

Aprilia Akui Pencapaian Poin di Musim 2017 Jadi ‘Tekanan’

Pimpinan Aprilia MotoGP merasa tidak puas dan tertekan dengan hasil di musim 2017.

Italia, autos.id Pimpinan Aprilia MotoGP, Romano Albesiano, mengakui angka poin rata-rata musim 2017 bagi tim berbasis Itala itu membuatnya merasa ‘tertekan’.

Aprilia menjalani awal musim yang cukup baik di MotoGP, dengan Aleix Espargaro – yang bergabung dari Suzuki – membawa motor RS-GP yang telah direvisi dengan sangat baik ke posisi 6 di balapan Qatar.

Itu sama dengan hasil kelas terbaik tim yang pernah dicetak oleh Colin Edwards di Grand Prix Jepang pada 2003 silam.

Namun, banyak kecelakaan dan masalah mekanis menggagalkan upaya Espargaro untuk mendapat hasil maksimal, sementara rekan setimnya (Sam Lowes) kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan MotoGP dan hanya mampu mencetak angka dalam dua kesempatan sepanjang musim.

Aprilia mengakhiri kampanye terakhir di klasemen konstruktor dengan 64 poin, kurang 37 poin dari yang diraih pada 2016 dan bahkan disingkirkan oleh KTM di tempat kelima, sementara Espargaro mencetak 15 poin untuk klasemen pembalap.

Albesiano mengakui bahwa timnya membuat terlalu banyak kesalahan pada tahun 2017, namun merasa masalah paling buruk untuk Aprilia adalah tidak membuktikan mampu kecepatan di lintasan.

“Pasti musim ini merupakan musim positif dari sudut pandang kinerja,” katanya pada Motorsport (22/120217). “Kami mencapai tingkat yang tidak kami duga sebelumnya.

“Kami adalah salah satu tim yang memiliki garasi sangat kuat, di satu sisi kami tidak sesuai harapan. Kami tampil fantastis tahun ini berkat Aleix, tapi kami sama sekali tidak mendapatkan apapun dari Sam.

“Dari sudut pandang pengembangan motor, kami sangat senang. Kami menunjukkan dengan jelas bahwa motor ini mampu bertarung dengan motor papan atas.

“Kami lebih kuat di babak kedua balapan musim ini, tapi kami berjuang di bagian pertama balapan. Kami belajar bagaimana membuatnya bekerja juga di awal.

“Kami merasa kami sudah siap dari sudut pandang teknis. Kami harus lebih konsisten, kami harus meminimalisir kesalahan, dari pihak tim teknis dan juga pembalap harus lebih konsisten.

“Jika Anda melihat poin yang dimiliki, kami merasa tertekan. Tapi jika Anda melihat di sisi lain, kami bisa sangat bahagia.

Tim Aprilia MotoGP 2017

“Inilah yang kami rasakan: sangat bahagia dan sangat positif untuk musim depan.”

Espargaro akan tetap bersama Aprilia pada 2018 dan akan bergabung dengan Scott Redding, sementara Lowes akan kembali ke Moto2 setelah kontraknya dengan pabrik berbasis Noale itu dihentikan pada pertengahan musim.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top