Reviews

All New Audi A8, Big Luxury Sedan yang Istimewa

Mobil-mobil buatan Audi terkenal dengan kecanggihan teknologinya. Hal ini pastinya tidak menjadi pengecualian untuk All New A8.

Jakarta, Autos.id – Meski di Indonesia popularitasnya tidak setinggi BMW 7 Series dan Mercedes-Benz S-Class, namun bukan berarti kalau Audi A8 adalah sebuah mobil yang tidak kompetitif di kelasnya.

Kenyataannya justru sebaliknya. Audi A8 adalah sebuah Big Luxury Sedan yang memiliki sederet fitur canggih yang bahkan beberapa di antaranya tidak dimiliki oleh para pesaingnya.

Pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, Agustus lalu, generasi keempat Audi A8 akhirnya tiba di Indonesia.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, All New Audi A8 hadir dengan membawa beragam kecanggihan. Tapi sebelum membahas lebih jauh soal itu, tak ada salahnya untuk sedikit membahas desainnya.

Jika dilihat dari depan, Audi A8 ini terlihat sangar dan sporti berkat model grilnya yang besar dan lebar. Tidak hanya karena model grilnya, kesan sporti pada wajah All New Audi A8 juga tercipta dari bentuk headlamp-nya yang tajam.

Bodi samping All New Audi A8

Beralih ke bagian samping. Terus terang saja, tampilan bodi samping All New Audi A8 ini sekilas masih tampak mirip dengan model sebelumnya. Tapi, ia terlihat proporsional berkat pemakaian pelek palang lima berukuran 19 inci.

Pindah ke bagian buritan, model lampu belakangnya kini lebih pipih dari sebelumnya. Meski sebenarnya tampilan belakangnya tidak seagresif model sebelumnya, namun ia justru malah tampak lebih elegan.

Masuk ke kabinnya, interior All New A8 terlihat minimalis dan elegan karena desain dasbornya terbilang minim garis yang tajam. Bahkan, area dasbor All New Audi A8 juga terbilang minim tombol.

Pasalnya, pengaturan AC pada All New A8 tidak lagi menggunakan tombol fisik, dan dibanti dengan panel layar sentuh yang posisinya persis di bawah head unit. Menariknya, jika mobil dalam keadaan mati, maka dasbor All New Audi A8 akan memberikan kesan full black yang menawan.

Bagaimana dengan kualitas material interiornya? Sebagian besar material yang ada di kabin All New Audi A8 adalah berbahan kulit yang berkualitas tinggi. Detailnya pun juga dibuat dengan sangat rapi dan elok.

Tampilan interior All New Audi A8

Audi sangat sadar kalau pembeli All New A8 akan lebih sering duduk di belakang. Maka itu, mobil memiliki akomodasi kabin belakang yang nyaris sempurna.

Selain karena leg room-nya sangat lega, tingkat kerebahan bangku belakangnya pun juga pas, sehingga membuat yang duduk di situ bisa merasa nyaman dan rileks.

Jika kerebahannya terasa kurang, penumpang belakang All New A8 bisa mengaturnya secara elektris. Bahkan kalau mau bangku depan diposisikan lebih maju lagi, mereka juga dapat memajukannya dari belakang dengan tombol pengaturan elektris.

Sedikit informasi soal bangku belakang All New Audi A8. Meski tombol pengaturan bangku dan AC belakang terdapat di bagian tengahnya, namun jika dilipat, bangku baris belakang All New Audi A8 bisa memuat hingga maksimal tiga orang penumpang.

Siapapun yang mengendarai All New Audi A8 juga dipastikan bakal merasa betah. Karena seperti umumnya mobil Audi masa kini, All New A8 juga sudah dibekali dengan virtual cockpit.

Fitur ini yang tidak hanya bisa berfungsi untuk menampilkan kecepatan dan putaran mesin, tapi juga dapat menampilkan peta, dan lain-lain. Jangan lupakan juga kalau Head-up display sudah jadi fitur standar di All New Audi A8.

Audi Virtual Cockpit

Rasa berkendara All New Audi A8 tampaknya terbilang menyenangkan. Sebab meski dimensinya bongsor, namun mobil ini dipersenjatai dengan mesin V6  berkapasitas 3.0L yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 340 dk dan torsi 500 Nm.

Tenaga yang dihasilkan oleh All New Audi A8 bisa dibilang istimewa karena merupakan yang terbesar di kelasnya. Sementara untuk torsinya, angkanya sama persis dengan Mercedes-Benz S 450 L.

Mesin All New Audi A8 dikombinasikan dengan transmisi otomatis delapan percepatan, dan menggunakan penggerak semua roda, yang biasa mereka sebut dengan quattro.

Satu lagi kelebihan mesin All New Audi A8 yaitu adanya teknologi mild hybrid, yang mampu membuat konsumsi BBM jadi lebih irit, dan pastinya ramah lingkungan.

Tidak peduli apakah Anda menjadi supir atau penumpang All New Audi A8, Anda pasti akan merasa sangat senang dan terhibur saat berada di dalamnya. Mengapa begitu? Karena di sektor hiburan, Audi sudah memasang 19 buah speaker bermerek Bang & Olufsen di kabin All New A8.

Dengan segala kelebihannya, All New Audi A8 dijual dengan harga Rp 2,95 miliar on the road. Sedan termewah Audi ini masih didatangkan langsung dari negara asalnya, Jerman.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top