Connect with us

Hi, what are you looking for?

Aksesoris

Velg Fortis dan Avantech Asli Karawang Kualitas Eropa

velg Fortis dan Avantech

Siapa sangka velg Fortis dan Avantech yang berasal dari Karawang mampu menembus pasar Eropa dan digunakans ebagai velg OEM untuk beberapa kendaraan di Indonesia.

Jakarta, Autos.id – Anggapan produk anak bangsa tak mampu bersaing di pasar Eropa dipatahkan Davy Kurnia, Marketing Division Head PT Pakoakuina. Ia bersama timnya telah membawa brand velg Fortis dan Avantech menembus pasar Eropa dan Jepang.

Dibawah PT Pakoakuina dua brand velg ini, yakni Fortis yang membangun velg alloy berbahan alimunium dan Avantech yang datang sebagai jenis velg steel atau velg kaleng telah dipercaya sebagai suplayer Original Equipment Manufacturer (OEM) untuk mobil-mobil pabrikan Jepang sekelas Toyota, Daihatsu, Honda, Nissan bahkan velg mobil mewah Lexus turut menggunakan karya mereka.

“Kita telah membuat velg-velg dengan desain dan kualitas internasional sehingga pabrikan mobil seperti Toyota, Daihatsu sampai Lexus menggunakan velg kita. Mobil seperti Ayla, Sienta, Avanza dan Xenia menggunakan velg asli Karawang ini,” kata Davy Kurnia saat berbincang dengan Autos.id di Jakarta.

“Dibawah PT Pakoakuina dua brand velg ini, yakni Fortis yang membangun velg alloy berbahan alimunium dan Avantech yang datang sebagai jenis velg steel atau velg kaleng telah dipercaya sebagai suplayer Original Equipment Manufacturer (OEM)”

Randy Pilar Pamungkas, Chief Disigner PT Pakoakuina menyambung produk aftermarket yang mereka kembangkan dilakukan sejak 2014 setelah Group perusahaan tempatnya bernaung ingin mengekpansi pasar aftermarket yang terus menunjukan peningkatan.

“Karena kita lama suplay ke APM (Agen Pemegang Merek) maka ada keinginan untuk masuk ke aftermarket. Kita mulai riset pasarnya dan mencari tahu apa yang diinginkan kostumer dan akhirnya kita mulai desain sampai mengaplikasikannya ke 3D, melakukan test dengan software, membangun prototype wheel, kita test lagi di lab hingga tes menggunakan beban untuk uji kekuatannya,” jelas Randy.

velg Fortis dan Avantech

Produksi di Sunter dan Karawang

Randy menuturkan kelebihan dari velg aftermarket yang mereka bangun adalah kualitasnya yang tidak kalah dari standar OEM yang memiliki standar premium meski untuk barang aftermarket yang biasa dijual adalah style-nya. Untuk model velg steel diproduksi di Sunter, dan untuk velg Fortis diproduksi di Karawang.

“Kita sudah terbiasa dengan pemenuhan standar SNI, JWS Jepang atau standar VIE Eropa karena di Pako sehari-hari kita bukan hanya kirim ke pasar domestik tapi kita juga ekspor ke Jepang, Eropa seperti Hungaria dan negara Eropa lainnya. Velg Lexus juga kita yang buat. Jadi meski di aftermarket yang dijual stylenya kita tidak meninggalkan kualitasnya yang berstandar OEM,” tuturnya.

velg Fortis dan Avantech

Sudah Jadi Velg OEM

Sampai saat ini untuk penjualan velg aftermarket steel dan alloy di domestik masih dilakukan melalui distributor dibeberapa wilayah Jakarta. Pako Group menjual beberapa ukuran velg diantaranya velg steel berukuran 15 dan 16 inci, sementara velg alloy berukuran 15, 16, 17 dan 18 inci Melihat pasar aftermarket yang terus tumbuh Pako Group berharap ke depan produk mereka lebih dikenal masyarakat Indonesia dan masyarakat bisa bangga dengan produk yang dihasilkan anak bangsa.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Aksesoris

Last updated on 25 Februari, 2022 Gasket mobil, komponen kecil namun vital ini digunakan sebagai penyekat proses pembakaran internal yang memungkinkan cairan pendingin dan...

Aksesoris

FRIT BAND YANG KEBERADAANNYA DISEPELEKAN NAMUN MEMILIKI FUNGSI PENTING UNTUK MOBIL Jakarta, Autos – Coba amati kembali kaca mobil Anda, apakah ada garis atau...

Aksesoris

Speedline Corse SL7 Gladiatore tersedia dalam ukuran 18 inci dan 20 inci. Sementara speknya 9,5 x 20 untuk depan dan 11,5 x 20 untuk...

Aksesoris

Asuka Car TV PTA-310 TV merupakan headunit terbaru dari Asuka yang memiliki fitur digital car TV sekaligus smartphone mirroring untuk mengakses menu-menu pada ponsel....