Connect with us

Hi, what are you looking for?

Aksesoris

Fungsi Frit Band, Bingkai Hitam Pada Kaca Mobil

Frit Band Mobil

FRIT BAND YANG KEBERADAANNYA DISEPELEKAN NAMUN MEMILIKI FUNGSI PENTING UNTUK MOBIL

Jakarta, Autos – Coba amati kembali kaca mobil Anda, apakah ada garis atau titik hitam yang membentuk bingkai di sekitar kaca mobil? Perlu Anda ketahui bahwa garis atau titik hitam itu bernama frit band. Umumnya frit band berbentuk garis lurus atau kombinasi garis dan titik berwarna hitam dengan ukuran dan ketebalan yang bervariasi.

Meskipun tampak sepele, frit band memiliki sejarah dan fungsi yang cukup penting bagi ketahanan kaca mobil, lho! Artikel ini akan membahas dengan lengkap beberapa informasi tentang frit band untuk Anda.

Pengertian Frit Band

Frit band adalah pita enamel yang ditempel ke kaca pada saat pembuatan kaca mobil. Tidak sembarang ditempel, pita enamel akan dipanaskan dengan suhu tinggi hingga menyatu dengan kaca. Jadi jika Anda mencoba melepasnya, maka frit band tidak bisa lepas begitu saja. Meskipun dibuat menyatu dengan kaca, permukaan frit band akan lebih kasar dan kesat dibandingkan kaca mobil. 

Fungsi Frit Band

Frit Band

Frit band mulai dikenal dan digunakan pada kaca depan dan belakang mobil-mobil sedan Amerika pada pertengahan tahun 1970-an. Saat itu, mobil-mobil menggunakan jenis kaca yang dipasang menggunakan lem. Sehingga frit band hanya ditujukan sebagai media perekat agar kaca mobil lebih kuat. 

Fungsi Frit Band

Awalnya frit band berguna sebagai lapisan kesat agar kaca dapat menempel dengan sempurna pada bingkai kaca mobil yang cenderung licin. Selain itu, frit band juga dimaksudkan untuk menutupi noda lem pada kaca mobil. Maka dari itu frit band selalu berwarna hitam. 

Namun dengan seiring berjalannya waktu dan  berkembangnya industri otomotif mobil, frit band memiliki beberapa fungsi penting. Pertama, frit band berfungsi untuk mencegah rusaknya karet urethane penahan kaca depan mobil dari paparan sinar UV matahari. Sehingga bingkai kaca dapat tetap menempel sempurna dengan kaca mobil. Kedua, keberadaan frit band membantu proses pembuangan panas di permukaan kaca dan mengurangi cahaya yang masuk ke mobil melalui kaca sehingga pengemudi lebih nyaman saat berkendara di siang hari.

Frit Band di Kaca Mobil

Itulah penjelasan singkat dan lengkap dari frit band yang terkadang diabaikan keberadaannya. Setelah membaca artikel ini, Anda pasti jadi lebih paham bahwa seluruh perangkat yang terpasang pada mobil memiliki fungsi penting. Pastinya demi keamanan dan kenyamanan pengendara.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Aksesoris

Last updated on 25 Februari, 2022 Gasket mobil, komponen kecil namun vital ini digunakan sebagai penyekat proses pembakaran internal yang memungkinkan cairan pendingin dan...

Aksesoris

Asuka Car TV PTA-310 TV merupakan headunit terbaru dari Asuka yang memiliki fitur digital car TV sekaligus smartphone mirroring untuk mengakses menu-menu pada ponsel....

Aksesoris

Asuka A-Cast merupakan sebuah smartphone mirroring box yang bisa dikoneksikan dengan headunit bawaan mobil sehingga dapat mengakses fitur pada ponsel Anda. Jakarta, Autos.id –...

Aksesoris

Amway Atmosphere Drive merupakan alat penyaring udara untuk pengguna mobil yang terhubung secara mudah dengan colokan pemantik rokok (lighter plug) 12V. Jakarta, Autos.id –...