Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Rekomendasi Ukuran Garasi Ideal untuk Berbagai Tipe Mobil

Ilustrasi garasi mobil yang ideal.
Ilustrasi garasi mobil yang ideal. (Sumber: Pixabay.com - opollophotography)

Bingung bagaimana cara menentukan ukuran garasi mobil yang ideal untuk tiper tertentu?

Autos.id – Saat akan membeli mobil, perlu dipikirkan juga tempat untuk memarkirkannya yaitu garasi.

Ukuran garasi mobil biasanya sudah melewati pertimbangan sejak awal saat membeli atau merenovasi rumah. Hal tersebut biasanya terjadi karena adanya kebutuhan akan adanya garasi sangat penting untuk menyimpan kendaraan.

Punya garasi pribadi dengan ukuran sesuai dengan mobil yang ideal sangatlah penting. Tidak hanya untuk menjaga kenyamanan berkendara bersama. Tetapi juga untuk merawat mobil agar lebih awet dan tahan lama karena terlindungi dari hujan dan panas langsung. Selain itu, garasi pribadi juga meningkatkan keamanan mobil itu sendiri.

Ukuran Garasi yang Ideal untuk 1 Mobil

Untuk memberikan kenyamanan saat memarkir mobil dan berlalu lalang di sekitarnya, ukuran garasi mobil sebaiknya disesuaikan dengan jenis mobil yang dimiliki. Umumnya, ada tiga standar ukuran garasi mobil sebagai berikut:

Ilustrasi garasi mobil yang ideal untuk 1 mobil.

Ilustrasi garasi mobil yang ideal untuk 1 mobil. (Sumber: Wuling)

1. Ukuran Garasi Mobil Minimalis

Ukuran panjang 4,3-4,9 meter, lebar 1,5-1,8 meter, dan tinggi 1,2-1,5 meter. Garasi dengan ukuran ini cocok untuk mobil jenis LCGC, hatchback, sedan, dan MPV, seperti Honda Jazz, Kia Picanto, Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, Daihatsu Xenia, dan Yaris.

2. Ukuran Garasi Mobil Sedang

Ukuran panjang 4,8-5,5 meter, lebar 1,7-1,9 meter, dan tinggi 1,4-1,8 meter. Garasi dengan ukuran ini dapat menampung mobil sedan, MPV, dan SUV berukuran medium, seperti Toyota Rush, Daihatsu Terios, dan Mitsubishi Pajero.

3. Ukuran Garasi Mobil Besar

Ukuran panjang 4,9-6 meter, lebar 1,8-2,2 meter, dan tinggi 1,5-1,8 meter. Garasi dengan ukuran ini cocok untuk memarkirkan SUV dan MPV besar, Pick Up Double Cabin seperti Nissan Grand Livina dan Kijang LGX, serta Toyota Kijang Innova.

Ukuran Garasi yang Ideal untuk 2 Mobil

Ilustrasi garasi mobil yang ideal untuk 2 mobil.

Ilustrasi garasi mobil yang ideal untuk 2 mobil. (Sumber: Toyota Astra Motor)

Jika Anda memiliki dua mobil, maka perlu memperhatikan ukuran garasi yang lebih besar daripada ukuran standar untuk satu mobil yang sudah diukur sebelumnya.

Secara sederhana, Anda dapat mengalikan ukuran standar untuk satu mobil dengan 2. Namun, ada beberapa hal lain yang perlu dipertimbangkan untuk ukuran garasi 2 mobil, antara lain:

  1. Sesuaikan desain garasi. Meskipun mobil berbeda dimensi, sebaiknya gunakan ukuran dimensi yang paling besar di antara keduanya agar memiliki panjang dan lebar yang sama.
  2. Tambahkan jarak minimal 80 cm dari dinding ke spion mobil pertama.
  3. Tambahkan jarak minimal 80 cm dari spion mobil pertama ke spion mobil kedua.
  4. Tambahkan jarak minimal 80 cm dari spion mobil kedua ke dinding di sisinya.

*Penambahan jarak minimal 80 cm ini bertujuan agar pintu mobil tidak saling bertabrakan saat mobil diparkir secara bersamaan. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, Anda dapat membuat garasi mobil 2 dengan ukuran yang sesuai untuk menampung kedua mobil Anda.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Mobil

Last updated on 19 April, 2024 Autos.id – Tidak hanya mobil bertenaga listrik, mobil bertenaga BBM pun masih terus menunjukkan eksistensinya. Berbagai merek terus...

Mobil

Last updated on 16 April, 2024 Autos.id – Ajang IIMS 2024 resmi ditutup pada 25 Februari lalu. Pameran itu berhasil menampilkan 187 exhibitor dengan...

Reviews

Timor adalah salah satu merk mobil yang hadir di Indonesia pada tahun 90an, dan produksinya dihentikan pada awal 2000an. Autos.id – Dalam dunia bisnis,...

Daftar Harga Mobil

Last updated on 24 Januari, 2024 Mobil SUV masih menjadi primadona untuk masyarakat Indonesia, entah mobil baru atau bekasnya. Autos.id – SUV adalah singkatan...

error: Content is protected !!