KTM sudah berhasil memenangkan 18 dari 20 Reloi Dakar sehingga menjadi bukti jika merek ini merupakan yang paling tangguh.
Autos.id – Untuk itulah, akan menjadi tantangan dalam membangun sepedar motor ADV yan sudah memiliki performa baik ini. Ada Gregor Halenda dari Saku Motor yang sudah berhasil melakukanya, yang di mana KT Adevnture 890 R dilakukan modifikasi dan dilengkapi dengan serat karbon serta ada komponen off-road-nya.
Gregor Halenda memulainya dengan membongkar KTM Adventure 890 R dengan semuanya, seperti melepas mesin dari rangka, dan melapisi struktur dengan nikel dalam gaya Kereta Luncur Penton Desert vintage yang juga ada dalam koleksinya.
Kemudian, desainnya yang digunakan terinpirasi dari Dakan dan ada manara navigasi yang unik dengan kaca depan yang sudah teritegrasi serta ada sebuah tablet GPS Tripltek. KTM Adventure 890 R ditambahka kursi Renanzo, rak bagasi belakang, dua pelindung tangan Highway Dirt Bikes, dan pelat selip khusus yang dipotong laser.
Selain itu, sepeda motor ADV ini juga menggunakan sepesang velg Takasago Excel dengan dilenngkapi ban Takasago Excel. gigi suspensi motor tidak dirubah yang dimana tetap dengan sistem suspensi WP XPLOR Pro. Adapun untuk bodywork serta karbon yang tampil terbuka di seluruh KTM 890 Adeventure R karena dilakukan modifikasi sehingga menjadikannya fitur yang paling menarik.
Pasalnya, dibangun dengan campuran panel kelas komersila serta kompenen khusus dengan dipasang menggunakan pengencang DZUS. Kemudian, ada bodywork baru yang teridir dari fairing serat karbon full-length, penutup tangki serat karbon, panel seperempat, pelindung garpu, spatbor, selubung radiator, dan adanya dukungan serat karbon untuk menara navigasi.
Untuk mesinnya tidak dilakukan perubahan karena telah menghasilkan 1000 tenaga kuda sehingga menjadi yang paling kuat untuk segmennya. Dengan demikian, sistem pembuangan titanium SC Project yang mewah lebih dari cukup untuk memberi mesin sedikit lebih banyak karakter.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.