Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tips Aman Meninggalkan Mobil Saat Mudik

Meninggalkan mobil saat mudik perlu perhatian khusus apalagi jika ditinggalkan dalam waktu lama. Hal ini agar mobil selalu dalam kondisi baik dan siap digunakan ketika kembali ke rumah.

Jakarta, Autos.id – Mudik dengan transportasi umum termasuk salah satu pilihan bijak untuk mengurangi kemacetan dan resiko kecelakaan di jalan raya. Meski demikian kendaraan yang ditinggalkan di rumah dalam waktu cukup lama, kadang mengganggu ketenangan pemudik.

Untuk meredam kekhawatiran tersebut, pemudik perlu melakukan beberapa hal agar mobil yang di tinggalkan tetap aman dan tidak bermasalah ketika pemudik berada di kampung halaman dan siap digunakan kembali ketika balik ke rumah.

Berikut beberapa langkah sederhana meninggalkan mobil saat mudik dalam waktu cukup lama :

Pertama
Tinggalkan mobil dalam keadaaan bersih mulai dari interior dan eksterior. Hal ini wajib dilakukan sehingga debu yang menempel pada cat bodi atau kabin, sehingga tidak menimbulkan jamur pada bodi mobil dan bau menyengat dan tidak sedap dalam kabin.

Meninggalkan Mobil Saat Mudik

Garasi Tertutup Lebih Baik

Kedua
Parkir mobil ditempat tertutup agar tidak langsung terkena sinar matahari atau hujan yang silih berganti dan membuat cat mobil menjadi kurang kinclong. Jika tidak tutup kendaraan dengan mantel atau selimut khusus mobil agar terhindar dari debu.

Ketiga
Parkir mobil dalam posisi datar atau rata, agar rem tangan tidak perlu digunakan. Penggunaan rem tangan terlalu lama akan mengurangi elastisitas rem karena kampas rem yang lengket dan kurang optimal.

Keempat
Mencabut kabel aki sebagai tindakan pencegahan pertama pada pencurian. Mencabut kabel aki, sistem listrik mobil tak akan terganggu meskipun mobil tidak dipanasi berhari-hari.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Tips

Last updated on 24 Januari, 2024 Bagi yang ingin membeli mobil bekas merk Hyundai, ada sejumlah tips yang perlu dilakukan. Autos.id – Membeli mobil...

Aksesoris

Rantai motor menjadi bagian penting untuk membuat sepeda motor beroperasi, lalu apa saja komponennya? Autos.id – Apakah Anda pemilik sekaligus pecinta sepeda motor? Jika...

Tips

Last updated on 3 Agustus, 2023 Pernah merasa bodi mobil miring ke satu sisi saja? Ternyata ada penyebabnya. Autos.id – Pernahkah Anda memperhatikan saat...

Tips

Last updated on 6 Juli, 2023 Bagi pemilik Volkswagen Beetle atau VW Kodok, salah satu modifikasi yang biasa dilakukan adalah pasang AC pada mobil...

error: Content is protected !!