Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Ngulik Sejarah Suzuki Satria, Motor Anak Muda dari 2-Tak ke Satria 2025 Super Canggih!

Autos.id- Jakarta, Kalau ngomongin motor kencang bergaya mungil di Indonesia, nama Suzuki Satria pasti langsung muncul di kepala. Dari awal kemunculannya sampai sekarang, Satria udah jadi ikon kecepatan, terutama di kalangan anak muda.

Beberapa tahun lalu Suzuki Satria generasi Satria FU sempat booming sekali di Indonesia. Sampai ada jargon “Enggak Punya Satria FU, Aku Enggak Cinta Kamu” dan “Saep” alias Satria FU hehe. Yuk, kita bahas perjalanan Suzuki Satria dari generasi pertama sampai generasi terbaru yang makin modern.

1. Suzuki Satria 120 (1997–2002): Sang Legenda 2-Tak Lahir

 

Generasi pertama ini dikenal dengan nama Suzuki Satria 120. Diluncurkan sekitar tahun 1997, Satria generasi pertama yang dibangun Suzuki Indonesia. Merasakan aspal tanah air pada Oktober 1997, dibangun dari basis RG Sport 110 (tidak dijual di Indonesia).

Namun Suzuki menyematkan mesin 120 cc 2-tak. Ia diproduksi dengan platform sport underbone atau yang dikenal dengan sebutan motor bebek sport. Mesinnya berkonfigurasi tegak, berbeda dari semua jenis bebek yang beredar saat itu.

Rem sudah pakai cakram di roda depan dan belakang, padahal rekan sejawat masih menggunakan tromol. Menghasilkan tenaga 13,5 hp di 8.000 rpm dan sudah mengadopsi transmisi semi-otomatis 5 percepatan. Keunggulannya memiliki akselerasi yang bagus sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk mencapai kecepatan tertentu.

Motor ini sering disebut “Raja Bebek Balap” di masanya, sering banget nongol di ajang drag race dan jadi motor idaman anak muda 90-an. Tampilan Satria 2-tak benar-benar beda dari bebek lain, sasisnya berbentuk mirip deltabox atau rangka SCAF (Suzuki Computerized Analized Frame).

Pakai suspensi tunggal pada bagian belakang (monoshock). Pelek racing dan keren. Ia tampil beda di kelas motor bebek. Peredarannya hanya bertahan dua tahun, karena ia tak lagi diproduksi. Oh iya, saat itu dijual Rp4,6 juta saja.

2. Suzuki Satria RU 120R


Satria 120 terus melejit dengan legenda motor bebek yang memiliki kekuatan sport dengan suspensi mumpuni. Selang 1 tahun dari kelahiran 120S atau tepatnya 1998, pabrikan melakukan upgrade dengan melahirkan Satria 120R.

Ia hadir pada April 1998 dan masih mengusung mesin 2 tak jetcooled yang jadi ciri khasnya. Bedanya dia sudah pakai 6-percepatan dengan kopling manual. Sistem perpindahan transmisinya juga serupa dengan motor sport, gigi 1 diinjak ke depan sedangkan gigi 2 sampai 6 dicongkel atau diinjak ke belakang.

Dilihat dari tampilannya, ia paling menarik dibanding motor bebek lain. Pakai kombinasi two tone, ada varian pelek palang, bodi masih sama tapi rem cakram sudah depan dan belakang, serta menghilangkan starter elektrik. Peningkatan spesifikasi itu dinilai lebih responsif dan bertenaga, tenaganya naik 0,5 hp dari model sebelumnya.

Pada 2000, Suzuki melakukan penyegaran pada RU 120R. Hadir dengan livery Movistar. Banyak penggemar motor ini yang menyebutnya dengan julukan “Satria Lumba-lumba”. Inilah awal dari ikon Satria mulai dikenal masyarakat luas, khususnya yang doyan balap. Motor ini secara resmi beredar dari 1998-2005.

3. Suzuki Satria Hiu (120 LSCM)

Pada akhir 2003 Suzuki mengimpor utuh Satria 120 LSCM dari Malaysia.Menurut beberapa sumber, LSCM kepanjangan dari Lion Suzuki Corporation Malaysia yang merupakan perakit motor Suzuki di Negeri Jiran.

Di Indonesia, motor ini lebih dikenal dengan sebutan “Satria Hiu”.

Lagi-lagi Suzuki memberikan desain yang berbeda di kalangan bebek saat itu. Banyak bagian bodi yang meruncing dan secara keseluruhan desainnya agresif, persis seperti hiu menerkam mangsa.

Sayangnya varian ini hanya beredar sebentar, karena terganjal peraturan pemerintah saat itu yang mengatur keberadaan mesin 2-tak. Mesin itu dinilai tidak memenuhi standar emisi.

Model ini jadi penanda berakhirnya era Satria berasap. Dan kini Satria Hiu menjadi salah satu Satria Series yang paling diburu oleh para kolektor.

4. Suzuki Satria FU150 CBU (import)

Akibat regulasi pemerintah soal emisi, Suzuki akhirnya berinovasi dengan produk unggulannya itu. Maka pada 2004 lahirlah Suzuki Satria FU150.

Inilah awal era Satria bermesin 4-tak. Mulanya ia diimpor langsung dari Thailand dengan sedikit ubahan yang disesuaikan dengan kondisi jalanan Indonesia.

Mengusung tagline “Hyper Underbone”, menggunakan mesin DOHC, 4-katup, pendingin cairan, berkonfigurasi tegak dan berkapasitas 150 cc dengan transmisi 6 percepatan.

Meski masih mengandalkan karburator, tenaganya bisa mencapai 16 hp di 9.500 rpm dan torsi 12,7 Nm di 8.500 rpm. Basis mesinnya sama dengan Raider 150 (Thailand).

5. Suzuki Satria FU150 (CKD)

Karena banyak penggila kecepatan yang jatuh cinta kepada FU150, Suzuki Indonesia merakitnya secara CKD pada 2006.

Perbedaan versi CBU dengan CKD ada di bagian electric starter.  Selain itu, karena dibuat secara lokal maka harganya lebih murah. Saat statusnya masih dikirim dari Negeri Gajah Putih, harganya Rp16 juta. Pada 2007 Suzuki memberikan facelift pada Satria.

Headlamp disegarkan dengan mengadopsi desain dari moge Suzuki GSX-R series. Ada tambahan fitur Suzuki Drive Mode Switch (S-DMS). Teknologinya mirip shift light, yang mengingatkan pengendara untuk pindah gigi.

Bisa diatur kapan harus menyala, ada mode Eco dan Power. Kalau mau irit pilih mode Eco, dia bakal menyala di 4.500-5.500 rpm, atau mau kencang pilih mode Pwr, lampu menyala di 8.500 rpm.

Di masanya, ia punya rival dari Honda, CS-1. Tapi produk Honda itu tumbang tak mampu menyaingi Sang Legenda. Satria FU150 punyai masa bakti yang paling lama, hingga 5 tahun. Dalam periode itu, tidak ada perubahan yang signifikan karena hanya ganti striping saja.

6. New Suzuki Satria F150

November 2013, barulah Satria F150 mendapat ubahan secara menyeluruh.

Meski masih nampak mirip, tapi tampilannya lebih stylish dan ramping. Ditunjukkan dengan desain garis-garis tajam, terlihat di bagian headlamp dan buritan.

Sedang rangka, mesin dan fitur-fitur lainnya masih sama. Awalnya digosipkan bakal menggunakan teknologi injeksi, tapi petinggi Suzuki dari Jepang masih yakin dengan karburator.

Tahun yang sama, Suzuki mencatatkan penjualan Satria F150 sebanyak 1 juta unit. Prestasi itu dituangkan dengan membuat edisi khusus yang diberi nama Suzuki Satria Fighter. Bedanya ada di pelek dan blok mesin dikelir emas (gold). Spesifikasi masih sama.

7. New Suzuki Satria F150 (Euro3)

Juni 2015, New Suzuki Satria punya status baru, lulus uji emisi Euro3.

Itu berkat pembaruan di sektor gas buang, ada ubahan pada desain knalpot dan CDI. Sisanya semua masih sama dengan model sebelumnya.

8. All-new Suzuki Satria F150 FI

Februari 2016, Suzuki akhirnya mengubah Satria menjadi semakin modern. Perubahan paling signifikan ada di sistem pembakaran. Sebab, sudah mengadopsi teknologi injeksi dan namanya menjadi All-new Suzuki Satria F150 FI.

Performa mesin Injeksi diklaim jauh lebih baik ketimbang versi karburator. Makanya Satria baru ini mengusung tagline “The Real DOHC” yang diklaim sebagai paling powerfull di kelasnya.

Dari dulu terkenal karena bodi yang ramping, tidak seperti kebanyakan sepeda motor 150 cc yang bertubuh besar. Hal itu karena selaras dengan konsep yang diusung, ayam jago (ayago).

Desain yang kecil, memberikan kedinamisan dan kemudahan berkendara setiap saat. Bagian ekornya tampak seksi dengan lapisan ganda meruncing. Dan struktur tubuh dirancang untuk postur tubuh orang Indonesia.

9. Satria F150 Pro (2025) Modern, Ringan, dan Tetap Gahar

Generasi terbaru ini disebut juga Satria F150 Pro. Suzuki kasih update halus biar tetap relevan di pasar bebek sport. Suzuki Satria F150 Pro hadir sebagai generasi terbaru dari lini motor underbone legendaris Suzuki.

Motor ini masih mempertahankan DNA performa tinggi khas Satria, tapi kini dikemas dengan teknologi dan fitur yang jauh lebih modern. Di balik bodinya yang ramping, Satria Pro mengandalkan mesin 1 silinder DOHC 4-tak berpendingin cairan dengan kapasitas 147 cc.

Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga maksimum 13,5 kW atau sekitar 18 horsepower pada 10.000 rpm, dengan torsi puncak mencapai 13,8 Nm di 8.500 rpm. Tenaga itu disalurkan lewat transmisi manual 6 percepatan yang terkenal responsif, menjadikannya salah satu motor underbone tercepat di kelasnya.

Secara dimensi, Satria Pro punya panjang 1.955 mm, lebar 675 mm, dan tinggi 980 mm, dengan jarak sumbu roda 1.280 mm serta ground clearance 150 mm.bobot totalnya hanya 115 kg, membuat motor ini sangat ringan dan lincah untuk dipakai di jalan perkotaan maupun trek lurus.

Kapasitas tangki bahan bakarnya 4 liter, sementara tinggi jok di angka 765 mm yang cukup bersahabat untuk pengendara berbagai postur.Sistem pengeremannya sudah memakai cakram depan dan belakang model “petal” untuk pendinginan lebih optimal, dan pada varian Pro sudah dilengkapi sistem rem ABS satu kanal.

Ban depan berukuran 70/90-17 dan belakang 80/90-17, memberikan grip cukup baik untuk kecepatan tinggi.

Dari sisi fitur, Suzuki menyematkan teknologi baru seperti sistem keyless (start tanpa kunci) yang menambah keamanan dan kepraktisan, serta konektivitas Suzuki Ride Connect yang memungkinkan pengendara menghubungkan motor ke smartphone untuk memantau notifikasi pesan, lokasi parkir terakhir, dan pengingat servis.

Fitur modern lain yang ikut hadir adalah Assist & Slipper Clutch (SCAS) untuk perpindahan gigi lebih halus, port USB charger, dan kompartemen penyimpanan kecil sekitar 961 ml di bawah jok.

Dengan kombinasi tenaga besar, bobot ringan, serta fitur-fitur canggih ini, Suzuki Satria F150 Pro bukan cuma sekadar pembaruan, tapi bukti bahwa Suzuki masih serius mempertahankan status Satria sebagai motor underbone paling kencang di kelasnya.

 

 

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.

Baca Juga

Berita Otomotif

Touring SMART atau Suzuki Satria Makassar Team mengelilingi Pulau Sulawesi dilakukan dengan semangat menyebar virus Safety Riding. Makassar, Autos.id – Jelang akhir tahun para...

Komunitas

Last updated on 15 Agustus, 2023 Jamnas Satria ke-15 dibanjiri ribuan member dari 200 klub Satria seluruh Indonesia. Kegiatan berlangsung lancar dalam suasana meriah...

Berita Otomotif

Last updated on 17 November, 2021 Suzuki Satria merupakan jagoan dari Suzuki di kelas bebek sport. Bahkan sempat memiliki julukan sebagai “The Fastest Underbone”....

Suzuki

Jakarta, Autos.id – Selain jualan mobil, PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga ingin terus memperhatikan kualitas layanan purna jual. Untuk itu Suzuki mengikuti program...