Tangerang, Autos.id – VinFast Indonesia tampil beda di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025. Selain memamerkan lima lini kendaraan listrik andalan, produsen otomotif asal Vietnam ini juga memperkenalkan unit special VF6 dan VF7 edisi kolaborasi Disney, yang mencuri perhatian pengunjung sejak hari pertama pameran. Dua model yang menjadi pusat perhatian adalah VF7 Fantastic 4 Edition dan VF6 Lilo & Stitch Edition.
Meski belum dijual secara komersial, keduanya menjadi simbol dari upaya VinFast membangun brand awareness melalui pendekatan budaya pop.
Unit VF7 Fantastic Four Edition, yang hadir dalam balutan warna biru tua mengilap dengan aksen perak, menghadirkan nuansa futuristik dan kekuatan, sejalan dengan citra superhero Marvel. Logo Fantastic Four tersemat elegan di bagian pintu dan fender depan.
Filosofi dari edisi ini mencerminkan nilai-nilai keberanian, kecerdasan, solidaritas, dan inovasi—empat karakteristik utama dalam dunia superhero yang juga ingin diadopsi oleh VinFast sebagai DNA produknya yaitu tangguh di medan jalan, canggih secara teknologi, serta mampu menjawab kebutuhan mobilitas masa depan secara kolektif.
Sementara itu, VF6 Lilo & Stitch Edition tampil lebih playful. Ornamen berwarna cerah dan hiasan karakter Stitch di konsol tengah menyatu dengan desain interior bernuansa tropikal.
Mobil ini mewakili nilai keluarga, kebahagiaan, dan kehangatan, refleksi dari semangat ‘Ohana’ (keluarga) yang melekat pada karakter Lilo & Stitch. Nilai-nilai ini juga sejalan dengan filosofi VinFast yang ingin menghadirkan kendaraan yang tak hanya fungsional, tetapi juga menyenangkan dan penuh kedekatan emosional bagi penggunanya.
Menurut CEO VinFast Indonesia, Kariyanto Hardjosoemarto, kolaborasi ini merupakan bagian dari strategi global VinFast yang ingin dikenal sebagai brand yang lifestyle-oriented, trendi, dan dekat dengan generasi muda. “Kami juga akan berupaya menjadikan kolaborasi-kolaborasi lainnya. Untuk masyarakat lebih mengenal VinFast, salah satunya lewat jalur budaya, musik, film,” ujarnya saat ditemui di lokasi pameran.
Kariyanto menegaskan bahwa pendekatan ini juga bertujuan mengubah persepsi masyarakat yang selama ini mengaitkan VinFast dengan mobil taksi atau kendaraan utilitarian semata. “Segmennya kalau kita bicara VinFast itu yang stylish, fun, cocok untuk anak muda dan keluarga,” tambahnya.
Dengan menggandeng Disney, VinFast tak hanya menonjolkan sisi teknologi dan efisiensi dari mobil listrik, tapi juga mengangkat aspek emosional dan aspiratif dari sebuah kendaraan, bahwa mobil juga bisa menjadi bagian dari ekspresi gaya hidup dan identitas.
GIIAS 2025 menjadi momen penting bagi VinFast untuk memperkuat kehadirannya di Indonesia. Selain memamerkan VF7 edisi kolaborasi, mereka juga membawa model VF3, VF5, VF6, VF e34, dan VF7, yang seluruhnya dipajang di Hall 2 ICE BSD City.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.